Dipecat kerja dengan alasan sepele

vera aldo alfaro
Karya vera aldo alfaro Kategori Renungan
dipublikasikan 09 Juni 2017
Dipecat kerja dengan alasan sepele

Gua akan sharing cerita tentang pengalaman kerja gua di salah satu onlineshop hijab A* R*** yang katanya sih terkemuka tapi gua kurang tau juga karna gua bukan orang yang update tentang hijab.

Saat gua tau ada lowongan graphic desainer gua coba-coba aja ngelamar, tp  iklan lokernya  tertulis jika gaji ditanyaan saat interview, ya gua posthink aja palingan gajinya UMR tp krn skill yang gua punya lebih diatas yang di inginkan gua minta gaji diatas sedikit di atas UMR kaga salah dong ya..  walaupun gajinya dibawah UMR nntnya tak apalah buat iseng aja sama nyari pengalaman, dr pd posisi admin dgn gaji UMR dll tp kan gua kaga dpt pengalaman dl bidang graphic designer.

Eh pas sampai sana bukan interview tp dikasih kertas dan contoh penulisannya buat nulis nama, alamat dll, sm gaji yg diinginkan. krn di contohnya itu ditulis gaji yg diinginkan gaji UMR ya gua pikir apasalahnya kl gua pengen gaji diatas UMR toh nnt juga ada tawar menawar.

Udah gua isi lengkap tuh kertasnya dan gua kumpulin, beberapa saat kemudian si bossnya tlpn, gua udh sopan banget tuh jwbnya, eh si bossnya ngomong udh kaya lg marahin orang nadanya "Mbak disini kaga ada gaji diatas UMR, gaji UMR aja kaga ada, kayaknya kamu kaga cocok kerja disini". dr omongannya udh kaga enak tuh, gua mah sabar aja nanggepinnya cuma gua mikir aja kok bosnya aneh deh masa tiba-tiba ngomongnya nada kaga enak gutu, emangnya gua salah apa deh, kan juga di iklan lokernya bilang gaji ditanyakan saat interview ckckckck.... krn gua kaga begitu peduli dengan gajinya yg penting pengalaman yg gua akan dpt disini jd gua bilang aja "maaf bu, utk gaji nnt bisa dibicarakan, dibawah UMR sedikit juga gpp kok". "Trus ibunya jwb "yaudah km nunggu saya pulang, krn saya blm ketemu kamu dan blm bisa tentukan gajinya mbak". nah disini gua udh merasa aneh.

Setelah gua ketemu sama sibosnya itu dia ngomong panjang lebar deh dan intinya gua di hargai sehari 40rb, lo bayangin aja deh 40rb buat beli bakso aja udh habis tuh duit,  kecewalah gua, udh kudu pulang gua, rasanya udh kaya kaga dihargai sbg graphic designer., tp gua mah masih sabar dan ikhlas ajalah karena masih seperti rencana awal gua yaitu cari pengalaman. setelah negoissasi gaji endingnya digaji 50rb perhari dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore. gua sih awalnya terima aja dan senin gua mulai kerja.

Awal kerja kan dikasih tau peraturan ini itu, dan ternyata banyak aturan, dan aturan yang kaga gua suka adalah kl telat dari jam 8.00 misal 8.01 udah dianggap telat dan didenda 5rb, buset dah gaji kaga seberapa malahan didenda, nasip nasip.... dan gua sempet bercanda sama temen kerja gua yg admin, gua bilang "kalo telat didenda 5rb, berarti mendingan telat sampe jam 9 dong kan sama-sama didenda 5rb ahahahaha"

Hari pertama rasanya berat banget, kerjaannya ternyata banyak banget, ya krn dgn gaji segitu gua kira bisa kerja santai ya, dan pulan juga tepat waktu eh ternyata kudu diselesaikan dihari itu juga sampe gua pulang jam 5 lebih dan itu kaga dihitung lembur loh.

Dihari-hari berikutnya gua udh mulai jenuh dan capek, apalagi lagi puasa. ada salah satu temen kerja yang bagian admin gt nyuruh gua buat ngetik, trs gua mikir, ini gua kan kerjanya graphic designer kok rasanya kaya kerja serabutan ya. Gua ngetik tabel yang isinya duit-duit gitu, ya krn gua anaknya kepo kan wajar ya kalo kepo ya gua nanya ajalah ini buat apa, knp bisa dapet segini-segini ini kaya gimana dll, menurut gua wajar sih ya gua nanya tp gua malhan dimarahin sam adminnya bilang "udah kerjain aja! ini bukan bagianmu ngapain kamu nanya-nanya". trs dlm hati gua bilang lah kl bukan bagian gua kenapa gua disuruh ngetik beginian ??

Hari berikutnya gua telat, yaemang gua sengaja telat sih soalnya gua kesiangan wkwkwkwk, ya gua pikir gpplah telat, nnt bayar 5rb kaga masalah.. gua telat 15 menitan sampe sana, terus ditegur sama sibosnya "kamu telat ya de? udh bayar belum?" trs gua jwb aja udah, kan emang udh bayar.

Gua sebagai orang baru disana rasanya kaya lagi masa orientasi gt deh, rasanya kerjaan dilimpahkan ke gua semua dah, udah gt si A bilang ini aku kasih jobdesk permanen buat kamu, buat kamu kerjain tiap hari dan nnt kirim keaku biar langsung aku ceklist, dan utamakan jobdeks permanenmu dulu seblm ngerjain yang lain. siB bilang ini bikin banner untuk Custummer (ada lebih dr 5 banner) duluin dulu yang buat custummer, dan si bos juga ngasih jobdeks bikin desain cover, iklan majalah dan map ya hari ini. Nah loh gua kan bingung kudu ngeduluin yang mana???? gua udah mulai pusing tuh.

Setiap hari kaya gitu dan gua udh mulai kaga betah pdhal baru beberapa hari, ya gimana? benefit yang didapatkan kaga sebanding dgn hasil kerjanya. apalagi yang paling bikin gua kaga suka itu si A kaya ngatur-ngatur gt, nanyain "kamu bikin apa ini ? kok bikin itu? kan udh aku kasih jobdeks permanen,  bikin yang jobdeksmu dulu" endingnya gua skip kerjaan gua trs gua ngerjain jobdeks permanen gua, eh beberapa menit kemudian admin bilang "kerjain design banner, sama pin dulu yang buat acara besok, mau gua cetak soalnya". duh gua udh bingung tuh, endingnya gua ngerjain apa yang disuruh admin soalnya kan utk acara hari sabtu.

Malamnya gua di WA sama si A, si A nanyain td gua bikin apa kok kaga laporan sama dia, gua kan bingung ya, dia itu sebenernya bagian apaan dah? bukannya posisi gua sama dia sama ya, kok kaya dia terlalu gimana gitu, ya gua jwb aja kl ngerjain ini ini dan ini, trs dia bilang lg kl gua kudu ngeduluin jobdeks permanen gua, lah logikanya kan gua ngerjain desain yang buat akara besok itu lebih penting makannya gua duluin dah, apa gua salah ?

Hari berikutnya yaitu hari ke-6, hari ini lebih berat banget, gimana kaga berat coba? gua kudu gantiin posisi graphic designer lainnya dan jobdeksnya gua yang pegang kan gua udah kaya kerja 2x, nah krn gua mau fokus ya gua block aja dulu si A biar kalo dia mau tlpn atau apa bisa lewat grup atau tlpn hp kantor krn gua mau fokus ngerjain jobdeks temen gua dulu. gua niatnya sih block pas waktu kerja aja tp krn gua lupa jd blocknya 2hr dah dan gua baru sadar waktu sibos WA gua, nanya kenapa si A gua block, krn gua juga lg dijln gua kira kan kaga gua block ya gua jd bingung deh, sesampe dirumah gua baru cek ternyata gua lupa unblock. sibos WA lg nanya "Kamu kayaknya udah kaga betah ya kerja disini?" gua jwb aja "nggak juga kok" Aslinya emang udah kaga betah sih tp ya gimanalagi masa gua tiba-tiba berhenti gt aja. eh malahan tau-tau sibos bls gini "Besok kamu ambil gaji ya" wah gua langsung senengnya kaga karuan hahaha, kan tandanya gua dipecat jdnya gua kaga usah susah payah buat keluar dah wkwkwkwk

Nah ini hari terakhir gua, gua dateng ke tempat kerja tujuannya cuma ambil gaji aja, nunggu si bos lama banget hampir 2 jam pdhal gaji juga kaga seberapa pake lama udh gt di ceramahin ini itu dan gua rada aneh juga dgn ungkapan-ungkapannya siBos bilang "kamu kerjanya itu LELET, semua yang ada disini kaga suka sama kamu, kalo saya suruh si A aja bisa 1 jam jadi tapi kamu lama banget, terus kamu juga ngapain pas ngetik yang punya admin kamu nanya-nanya kepo kenapa? kan itu bukan urusan kamu dan bukan bagianmu, dan kenapa kamu block si A, si A ngasih jobdeks itu kan juga dari saya dan disampaikan ke kamu! dan saya kaga suka juga kamu bilang sama si C masalah telat yang bayar 5rb itu kamu bilang kalo gitu aku mau berangkat jam 9 aja kan sama-sama didenda 5rb juga. saya dari awal sudah kaga suka sama kamu karena pertama kamu udah nanya gaji, kamu tau saya punya banyak teman yang punya perusahaan branding, dan kalo kamu dilingkungan kerja kaya gini kamu kaga akan bisa diterima perusahaan mana aja"

Gua cuma bisa pasrah dan menahan tawa aja hahaha, ya habis gimana dong orang gua seneng banget kl dipecat, krn gua udah emang pengen keluar. tp kok setelah gua diomongin kaya gitu gua merasa aneh deh, pertama gua kerjanya lelet, lah gua aja baru kerja seminggu loh masa dia langsung bisa nyimpulin kaya gt. yang kedua katanya semua orang yang kerja disana kaga suka sama gua, lah gua aja kaga pernah ngomong sama mereka semua, gua kan seringnya cuma ketemu sama 4 orang doang masa semuanya kaga suka sama gua kan aneh banget ya, gua juga kaga pernah ngapa-ngapain dah, kerja juga gua semaksimal mungkin menurut gua sih ya. yang ketiga gua nanya-nanya apa yang gua ketik yang titipannya admin, kan wajarlah ya gua kepo, masa kepo kaga boleh anehlah ya, namanya juga manusia punya sifat penasaran juga. yang kekempat gua ngblock si A, menurut gua itu kaga usah dipermasalahkan dah, tp ya gimana palingan si A ngadu ke bos, kan dia kaya pegawai kesayangannya bos tuh, lah kalo misalkan gua ngeblock krn masalah pribadi gitu kan aneh juga ya, lagian kan yang penting itu profesional kerja bukan masalah yang lain dimasalahkan. dan yang ini paling kaga relevan, jelas-jelas gua ngomong yang masalah telat jam 9 tetep bayar 5rb kan itu cuma bercanda doang loh ya. dan yang anehnya juga wajar banget banget dan banget kalo pertama saat kita mau kerja atau interview kerja kita nanya gaji, kl kita kaga nanya gaji itu rugi di kitanyalah, emang mau kl tiba-tiba digaji sebulan 100rb kasarnya kan gt, heran ajalah dikira orang kerja kaga butuh duit? butuh nunggu dikasih seadanya gitu ? dikira kita pengemis nunggu dikasih seadanya hahahaha gua mah jd pengen ketawa terus gara-gara ungkapan-ungkapan yang dilontarkan apalagi yang bilang kalo dia punya banyak temen yang punya perusahaan branding wkwkwkwk, sorry aja deh, keluarga gua juga punya perusahaan branding, lagi pula gua bukan orang yang butuh banget kerjaan tp cuma mencoba hal baru aja.

Tapi satu hal yang gua sayangkan kalau aja yang ada diposisi gua adalah orang yang emang butuh kerja banget dan butuh duit, gua rasa kasihan banget deh dengan kesalahan-kesalahan sepele yang dibuat-buat tanpa ada teguran terlebih dahulu tapi langsung diberhentikan itu kasihan banget.

Utk kalian yang mau ngelamar kerja atau cari pengalaman kerja, jangan takut kaga diterima kerja ataupun takut dipecat karna segala sesuatu sudah ditakdirkan oleh yang maha kuasa. kehilangan satu pekerjaan kuncinya itu ikhlas, percaya karna Tuhan kaga tidur, Tuhan akan adil dan akan memberikan 1000 kali gantinya untuk pekerjaan yang lebih baik.

  • view 229