Berdoa Adalah Langkah Awal

Berdoa Adalah Langkah Awal

Tomy Hardiansyah
Karya Tomy Hardiansyah Kategori Inspiratif
dipublikasikan 04 Agustus 2018
Berdoa Adalah Langkah Awal

Berdoa Adalah Langkah Awal

Berdoa adalah langkah awal - Pernahkah kita sebagai manusia sering kali lupa mengawali langkah kita dengan Doa? Mungkin banyak juga yang mengawali langkahnya dengan Doa, banya saja diri ini acap kali lupa pada langkah ini. Dimana doa adalah modal awal dari sebuah usaha yang akan kita lakukan.

Ya, manusia kadang lupa dengan kodratnya sebagai hamba, kita selalu sudah menyiapkan segalanya dengan baik, kita sudah memantaskan pakaian kita saat ingin bertemu dengan orang yang sekiranya dapat membantu dan mempermudah langkahnya. Memang tidak salah mempersiapkannya dari awal, tapi kita seakan-akan dengan melakukan itu semua, urusan kita akan mudah. Padahal belum tentu juga akan jadi mudah.

Coba deh jajal awali langkah kita dengan Doa. Pasti rasanya beda banget. Misal, kita pengen ketemu sama dosen yang membimbing kita saat skripsi. Tapi asal ketemu sama dosen, ada aja tulisan skripsi kita yang dicore-coret, ada aja judul yang tidak pas dengan tema yang diangkat, ada saja perhitungan yang kita gunakan salah. Padahal semuanya sudah disiapkan dari awal kan? hehehhe. Yang salah dimana? persiapannya kah atau awal langkah kita, yaitu doa yang belum kita lakukan?

Mau contoh keseharian yang lain? Yuk kita lihat. Pas jaman kuliah temen-temen ngerasa nanti setelah lulus kuliah bakalan mudah dapet kerjaan yang sesuai jurusan yang kita ambil saat kuliah, banyak perusahaan yang bakal nerima anda karena fresh graduate, karena nilai ipk anda bagus, karena anda aktif di kegiatan sosial sewaktu di kampus. Tapi nyatanya masih buannyak banget lulusan sarjana baru yang lama belum dapet pekerjaan setelah mereka lulus. Yang salah dimana? Nilai ipk nya atau awal langkah kita, yaitu doa yang belum kita lakukan?



Giliran udah mentok tuh baru deh doanya kenceng banget, doanya saban hari. Emang begitu salah? Yaa enggak sih, cuman rada ga pantes aja kita yang sebagai hamba kelakuannya kaya gitu. hehehe. Allah didatengin pas udah kepepet aja. Allah didatengin pas keadaan sulit aja. Belum pernah kita dateng dalam keadaan bersyukur, ketika kita dimudahkan urusannya. Coba pas jaman kuliah udah rajin berdoa, udah rajin solat jamaah, udah rajin ngelakuin ibadah sunnah. Belum juga lulus, ada aja ntr usaha yang ditunjukin oleh Allah, ada aja perusahaan yang nyari mahasiswa untuk magang dan berakhir menjadi karyawan setelah lulus kuliah.

Nah contoh diatas kan hanya sedikit masalah yang kita hadapi jika kita tidak mengawali langkah dengan doa. Mungkin temen-temen bisa membayangkan sendiri dengan kondisi masing-masing ketika tidak menjadikan berdoa adalah langkah awal kita. Ga ada kata telat, yang udah lewat dijadiin buat pelajaran kita. Agar kedepannya kita lebih meletakan doa sebagai langkah awal. Supaya pertolongan Allah datangnya tidak terlambat untuk kita.

  • view 52