Jangan Sakit Kelamaan, Ribet. Yuk, Jaga Kesehatan Dengan 5 Tips Ini!

Jangan Sakit Kelamaan, Ribet. Yuk, Jaga Kesehatan Dengan 5 Tips Ini!

Talita Zahrah
Karya Talita Zahrah Kategori Kesehatan
dipublikasikan 10 Agustus 2018
Jangan Sakit Kelamaan, Ribet. Yuk, Jaga Kesehatan Dengan 5 Tips Ini!

Generasi muda yang produktif dituntut untuk selalu dalam keadaan fit, bugar dan sehat. Tidak ada alasan untuk merasa sakit ataupun mengalami keadaan tubuh yang kurang aktif. Namun, cuaca yang tidak menentu seringkali menjadi awal dari berbagai keadaan tidak menyenangkan. Cuaca yang cerah, berubah seketika menjadi hujan. Lalu, tiba-tiba matahari bersinar dengan terik dan tidak lama kemudian angin kencang berhembus. Pertahanan tubuh pun sudah mulai goyah. Belum lagi ditambah dengan berbagai polusi yang ada di sekitar dan konsumsi makanan yang kurang bergizi, tubuh sudah pasti tumbang dan menjadi sakit.

Biasanya nih, dalam keadaan musim pancaroba akan banyak yang jatuh sakit, berupa demam, influenza, pusing berlebihan, vertigo, migraine, tifus, demam berdarah dan penyakit lainnya yang membutuhkan daya tahan tubuh maksimal. Kalaupun sudah sembuh, tidak jarang akan sakit lagi dalam masa waktu yang dekat. Seringkali, sakit jadi berulang ataupun berlangsung terlalu lama. Padahal, sakit kelamaan itu gak enak lho, ribet. Akan ada banyak waktu yang terbuang, aktifitas pastinya akan terhambat dan pastinya banyak peluang baik yang hilang percuma. Makanya, yuk jaga kesehatan!

Penting sekali untuk menjaga kesehatan agar aktifitas tetap berjalan dengan lancar. Tetapi, bagaimana jika sudah terlanjur sakit? Fokus untuk segera sembuh, sehat kembali dan pastinya berusaha untuk tidak mudah tumbang lagi, dong. Setuju?

Nah, gimana sih supaya kesehatan tetap terjaga dalam berkegiatan dengan aktif dan produktif? Ikuti 5 tips ini saja. Hidup aktif, produktif, sehat dan gak kelamaan sakit. Asik!

Perbanyak Minum Air Putih

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Rutinkan diri untuk meminum air putih sesuai dengan kebutuhan tubuh. Jika memang tubuh kamu membutuhkan 2,5 liter per hari, pastikan asupan air yang masuk sudah sesuai. Mudahnya sih, saat bangun tidur pastikan untuk minum air dan jangan tunda untuk minum air setiap merasa haus. Pastikan agar tubuh tidak dehidrasi. Semakin banyak aktifitas yang dilakukan, perbanyak minum air untuk tubuh sehat kamu.

Menjaga Asupan Makanan

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Aktifitas padat boleh, asalkan tidak lupa untuk makan. Namun, bukan asal makan juga, perhatikan makanan yang masuk ke dalam tubuh kamu. Ingat lho kalau energi tubuh yang kamu gunakan untuk beraktifitas itu berasal dari makanan yang dikonsumsi. Makanan yang tidak memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh pun tidak akan mampu memberikan energi yang optimal juga. Aktifitas tidak akan berjalan dengan maksimal deh. Mau?

Rutin Olahraga

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Boleh sibuk, asalkan dikombinasikan dengan jadwal olahraga yang teratur. Agar tetap bersemangat untuk rutin olahraga, ajak teman untuk olahraga bersama. Berkumpul dengan komunitas olahraga juga bisa jadi pilihan yang oke. Olahraga bersama dengan seru, tubuh semakin sehat dan bertemu dengan teman baru. Siapa tahu ketemu jodoh juga. Asik!

Miliki Waktu Tidur Yang Cukup

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Jika seorang dewasa membutuhkan waktu tidur yang cukup sebanyak 6-8 jam sehari, maka sudah sebaiknya jika kamu memenuhi kebutuhan tubuh itu. Ibarat mesin yang ada di kendaraan yang semakin lama dan sering dipakai akan panas, sama halnya dengan tubuh yang lelah dengan berbagai aktifitas yang dilakukan. Berikan tubuh kamu istirahat yang dibutuhkan agar dapat menjalani aktifitas dengan baik. Istirahat yang cukup, tidur yang baik, maka kesehatan pun akan terjaga. Bye, sakit!

Konsumsi Multivitamin dan Mineral

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Dukung fokus kamu untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh dengan konsumsi multivitamin juga mineral. Banyak jenis suplemen multivitamin dan mineral yang bisa kamu konsumsi, misalnya yang mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, vitamin K, juga mineral essential seperti zinc dan magnesium. Selain itu, jenis multivitamin dan mineral ini juga mampu mempercepat proses penyembuhan jika kamu baru saja menjalani operasi, lho.

Yuk, mulai fokus ke kesehatan kamu. Harta dan warisan yang paling berharga untuk diri kamu sendiri adalah kesehatan. Kerja keras yang dilakukan akan terbuang percuma, saat tubuh tidak berada dalam kondisi yang sehat. Seperti pendapat dari Thera, seorang yang aktif, produktif, kuat, sehat juga lincah, menurutnya kesehatan itu sangatlah penting dan dia mendukung penuh lingkungan sekitarnya untuk selalu sehat. Thera berusaha menjadi sosok motivator yang mengajak untuk hidup sehat dan menjaga pola hidup yang sehat. “Jangan sakit kelamaan. Sicksucks! Sakit itu ribet, gak enak. Kamu gak akan kuat. Sehat terus aja, yuk!” ajak Thera.

  • view 25