Inspirasi untuk kamu biar ketagihan berbuat baik (khusus pelajar/mahasiswa)

Siti  Haifa
Karya Siti  Haifa Kategori Motivasi
dipublikasikan 10 Maret 2016
Inspirasi untuk kamu biar ketagihan berbuat baik (khusus pelajar/mahasiswa)

Bismillah..

Hai, ?kali ini ijinkan saya untuk berbagi,, tentang pengalaman, maupun hasil observasi dari diri saya sendiri dan juga orang lain.. semoga bermanfaat ya,,?

Tanpa kita sadar,, ada beberapa hal kecil bin sepele dalam keseharian kita yang kadang kurang kita manfaatkan,, padahal hal sepele tersebut bisa menjadi salah satu ladang amal kebaikan yang Insya Allah bisa mengalirkan banyak pahala,, mau tau apa aja? sesuai dengan judulnya,, inspirasi ini saya tulis untuk pembaca para siswa/mahasiswa,, karena idenya saya dapat ketika saya masih sekolah,, dan tentunya masih byk inspirasi lain di dunia luar sekolah yang bisa dijadikan inspirasi untuk berbuat baik.. so, cekidot..?

1. Pertama yang bisa kita lakukan ketika masih sekolah adalah,, datanglah ke sekolah sepagi mungkin! kalau bisa kamu yang pertama kali datang di kelas bahkan di sekolah.. ya, memang kadang suka sedikit horor sih,, pagi2 buta udah sampe sekolah dan masuk kelas sendirian,, tapi ini kesempatan emas bray! untuk kita berbuat baik disaat situasi sedang sepi ga ada orang,, apa yang bisa kita lakukan??

- kalau sekolah kamu terbiasa menyimpan bangku di atas meja ketika pulang sekolah supaya mudah disapu,, maka ketika kamu datang,, itu bangku semuanya masih pada di atas meja,, so, sebagai orang yang pertama kali datang,, turunkanlah itu bangku semuanya,, minimal bangku teman2 sekelas kamu semua,, ya gak mungkin juga semua kelas kamu turunin bangkunya kan,,?

dan lihatlah reaksi teman2 kamu ketika mereka datang.. "wah, asik euy bangkunya udah diturunin" sambil nyimpen tas terus dia pergi ke kelas sebelah, dan kamu pura2 gatau siapa yg nurunin bangku ketika mereka nanya,, tapi hal itu ga penting,,?

kadangkala ada sebagian teman yang males nurunin bangku sampai bel masuk udah bunyi,, itu bangku masih aja di atas meja,, dan ngeliat bangkunya udah diturunin itu bisa membuat mereka bahagia,, apa nanti bisa bikin temen2mu malas? ya gak,, cukup lakukan itu seminggu sekali atau ketika kamu sedang rajin2nya datang ke sekolah pagi2 buta..?

?

- kalau kamu datang lebih awal,, cobalah untuk bikin kulpantus alias kuliah papan tulis,,?

walaupun kamu cuma nulis kalimat "Bismillah" di atas papan tulis,, itu baik,, sepele tapi dampaknya bisa jadi besar,, apalagi kalau ditambah kulpantus yang isinya quotes atau hadist atau ayat Al-Quran yang bikin jadi semangat.. singkat aja,, misal.. "senyum itu sedekah" pake emot2 senyum atau "Barangsiapa yg berjalan untuk menuntut ilmu, maka akan dimudahkan jalan menuju surga" ditulis di bagian pinggir papan tulis.. mudah kan? sepele? tapi berdampak besar..

meskipun kadang, di tengah2 pelajaran,, guru suka seenaknya menghapus itu tulisan,, meskipun ada juga sih guru yang ijin dulu "ini boleh dihapus?" tapi percayalah,, akan ada yang bilang "jangan bu/pak" itu artinya tulisan tsb berarti buat temen2 kita kan,, meskipun akhirnya dihapus, percayalah bahwa hampir semua temen2 sekelasmu udah baca kulpantus yang kamu tulis dan terinspirasi untuk melakukan kebaikan yang kamu tulis. kamu dapet pahala? Insya Allah, kalau kita mengajak kepada kebaikan,, kita akan dapat pahalanya juga tanpa mengurangi pahala orang yang melakukan seruan kita itu.. setidaknya mereka jg ingat tentang tulisan yang kamu tulis,, tapi sekali lagi,, kamu gak perlu secara terang2an bilang kalau itu kamu yang nulis,, pura2 aja gak tau.. heheee.. meskipun mereka sadar kalau itu kamu,,?

kalau kamu mahasiswa,, mungkin bangkunya udah ga diangkat2 ke atas meja,, kamu bisa tulis kulpantus di pinggir papan tulis,, sedikit aja ambil spacenya, khawatir ada nonis di kelas kamu? ga perlu khawatir,, toh yang kita tulis itu kebaikan yang universal, berlaku buat semua orang bukan?

- sekolah kamu masih nerapin sistem piket? kalau masih,, kamu ga perlu hitung2an soal siapa yang nyapu, siapa yang buang sampah, dll.. justru itu peluang buat kamu untuk dapat pahala yang banyak! berinisiatiflah.. ! gimana nggak? kalau kamu bersihin semuanya sendiri, kamu udah membuat kelas jadi nyaman untuk belajar,, dan bikin semua teman2 pada senang,, pahala? Insya Allah,, lagi2 kamu ga perlu lakuin itu setiap hari,, untuk membuat teman2 kamu ikutan rajin piket dan berlomba dalam kebaikan,, kamu bisa juga ajak mereka lewat kulpantus,, mudah? ga usah malu, toh kamu melakukannya disaat kelas masih ga ada orang kan? itulah pentingnya kenapa kita harus sering datang pagi buta,, karena berdasarkan observasi saya,, justru banyak orang yg malu atau gak enakan untuk berbuat baik, atau untuk ngingetin,, jadi datang pagi lah salah satu strategi supaya gak malu,, okey? hehee

itu baru yang pertama,, masih banyak nih,, mau lanjut? yuk!

2. kamu pernah bosen di kelas? hmm,, dulu waktu saya jaman sekolah,, emang sih ga boleh makan, tapi kalau ngantuk gimana? pasti pengennya makan permen kan? salah satu cara ngusir ngantuk ya biasanya ngemut permen,, hehe,, kalau kamu punya modal uang 10ribu,, kamu bisa beli permen bungkusan sebanyak 2 bungkus,, setelah itu kamu bikin permen tausiyah,, caranya,, kamu bikin notes kecil yang isinya quotes/hadist ringan, dan tempel di permen,, abis itu permennya kamu bagi2in ke temen2 sekelas,, Insya Allah mereka akan baca kok notesnya, dan makan permennya,, pahala? Insya Allah,, mulai dari ngasih permennya, ngasih tausiyahnya. Kalau kamu punya modal cukup, ini bisa km lakukan sesering mungkin, tapi permennya jangan itu2 aja,, bisa sesekali permen coklat / kopi,, takut bikin temen kamu diabetes? duh,, jangan dong,, ga setiap pelajaran juga kan kita bagi2 permen tausiyahnya (mentaus),, hehe,, atau kalau mau diselingnya sama roti,, khusus untuk sarapan,, jadinya roti tausiyah (Rosi),, hehe,, sekali lagi, kalau ada temen kamu yang nonis,, kamu ga usah piih2,, kasih juga mentausnya ke mereka, toh isi tausiyahnya kan kebaikan yang sifatnya universal,, hanya untuk mengingatkan mereka akan kebaikan,, bukan yang ekstrem2 ya,, kita pinter2 pilih konten tausiyahnya juga.. ? ??

udah cukup terinspirasi? mungkin ada juga beberapa yang udah tau hal ini, Alhamdulillah kalau gitu,, semoga bisa jadi reminder,, sebenarnya sangat banyak peluang kebaikan yang bisa kita lakukan disaat kita sekolah, ga harus di sekolah, tapi dimana2 kita berada,, ya walau kadang kita juga suka males ngelakuinnya, tapi itulah tugas kita sebagai sesama muslim untuk saling mengingatkan bukan? ingatkan saya juga ketika saya malas,, ada lagi 1 hal yang bisa dilakukan atau lebih tepatnya yang biasa saya lihat dari temen2 saya ketika saya sekolah / kuliah adalah,, ini yang ketiga dan yang terakhir dari postingan saya ini, meskipun yang terakhir blm tentu menjadi akhir, karena saking banyaknya potensi kebaikan di sekitar kita,,

3. kalau kamu suka solat di musola sekolah, pasti pernah ngeluh kalau mukena/sajadah musolanya bau, iya gak? kalau nggak, alhamdulillah berarti DKMnya baguuuuus (y), tapi kalau belum,, itu kesempatan emas! sekali lagi, lakukan kebaikan ketika ga ada orang,, karena saya yakin kebanyakan pasti pada malu klo ada orang yg liat,, dan hati2 terjebak riya, kalau kamu udah niat untuk melalakukan kebaikan,, tapi kemudian ternyata ada orang yang liat, cuek aja, anggap orang itu ga ada dan kamu pura2 gak tau kalau dia liat kamu, setuju??

lanjut, jadi kalo kamu merasa mukena di musola sekolah kamu itu bau, bawa itu mukena ke rumah! dan cuci,, ga usah semua, 1 atau 2 pasang aja cukup,, tapi yaa,, kalau kamu mau nyuciin semuanya, itu bagus,, caranya kamu bisa gabung di DKM / Rohis sekolah kamu, dan masuk ke divisi rumah tangga / kesekretariatan,, disitu pasti ada tugas untuk menjaga kebersihan musola, salah satunya nyuciin mukena! haha,, dan kalau ada kesempatan itu, kamu ambil..! sepakat??

okedeh, kayaknya segitu dulu sharenya ya,, semua yang saya tulis di atas itu hasil dari pengamatan dan pemikiran saya, silakan dikembangkan sesuai dengan kreatifitas masing2,, kalau ada yang terinspirasi ya Alhamdulillah,, kalau udah ada yang tau soal ini juga ya gpp,, semoga bisa jadi reminder,, itu aja,, oke deh semoga bermanfaat :)

Tararengkyu udah mau baca..?

?

?

?

?

?

?

?

?

?

?

?

  • view 167