TIPS MENGHADAPI SBMPTN UJIAN MASUK PERGURUAN TINGGI

Siti  Haifa
Karya Siti  Haifa Kategori Motivasi
dipublikasikan 16 Februari 2016
TIPS MENGHADAPI SBMPTN UJIAN MASUK PERGURUAN TINGGI

Bismillah..

Mungkin Sebelumnya udah pernah dishare tentang perjuangan ikut Ujian Saringan Masuk PTN.. kalau sekarang mungkin istilahnya SBMPTN ya,,?

Tapi sekarang lagi masa-masanya siswa SMA hectic menyiapkan ujian ini, udah beres UN, langsung siap2 belajar lagi buat SNMPTN, jadi...

saya mau coba rangkum lagi dan kasih tips singkat buat temen2 sekalian, base on my experience..

semoga bermanfaat..

?

awalnya saya berpikir, apa bisa ya, masuk ITB lewat SNMPTN? saya kan gak pinter2 amat, boro-boro masuk 10 besar di kelas, masuk 3 besar aja nggak, hehe,, #kebalik, ya intinya saya orang yg standar-standar aja nilainya.. Tapi yaudahlah, waktu itu saya mikir lagi, dicoba aja dulu, ada kesempatan, meskipun buanyak banget yang ikut SNMPTN, tapi kan belum tentu semuanya mau masuk PTN yang sama kayak gue,, meski mungkin yg mau masuk ITB banyak juga, tapi yaudah, lanjut aja.. Bismillah Daftar lah SNMPTN,

?

waktu itu pilihannya cuma 2, saya ambil yang IPA

1. Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan ITB

2. Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati ITB

?

apapun jurusannya, yang penting ITB, hehe,,

?

persiapan yang dilakukan sebelum SNMPTN cuma 3, menurut saya

1. Persiapan Administrasi

2. Persiapan Otak alias Belajar

3. Persiapan Mental

?

1. Persiapan administrasi ni disiapin aja dari jauh-jauh hari, cem2, foto, print formulir, dll dsb, dan jangan sampe lupa dibawa pas hari-H

?

2. Persiapan Belajar..

?

Dulu, saya sekitar H-sebulan sebelum SNMPTN baru mulai belajar serius, karena setelah UN, istirahat dulu alias santai2, hehe, tapi H-30 hari ini bener2 dimanfaatkan.. pertama, buku-buku SMA semua dikumpulin lagi,,! termasuk buku2 (buku paket, selembaran soal2, buku catetan, diktat bimbel, dll) yg saya pinjem dari kakak kelas, sodara2, semuanya pokoknya, terus saya tumpuk di meja belajar khusus..

?

di meja belajar itu cuma ada hal-hal yang berhubungan sana SNMPTN aja, yang gak penting disingkirkan, biar fokus, ditambah saya tempel tuh logo ITB pemberian temen saya di Meja, biar termotivasi.. hehe

?

Setelah semua buku dikumpulkan dan ditumpuk, agak setress juga karena bukunya banyak, ternyata buku sebanyak ini yang harus dibantai selama 1 bulan, fiuhh,, jadi tanpa menunda, bukunya satu2 saya habisin, biar gak menumpuk, buku yang udah dibaca, saya pisahin jauh-jauh dari meja.. hha..

?

Buat saya, kenapa harus membantai buku sebanyak2nya? karena dari buku kita bisa baca lagi teori2 yang ada, dan kalau ada soalnya dikerjain aja langsung disitu, jadi sekalian latihan soal juga,, jadi ya cukup untuk belajar, kalaupun ada soal yang udah diisi, ya jawabannya ditutup aja, nanti baru deh dicocokin, walaupun banyak soal yang sama dikerjain berkali-kali, ya tetep aja kerjain, namanya juga latihan.. diulang-ulang

?

Dulu saya gak ikut bimbel apapun, karena menurut saya, itu tergantung orang masing-masing, bimbel mahal karena waktu itu lagi seret uang, hehe, jadi belajar aja sendiri..

Nah, selama abis UN itu kan gabut ya, libur sekolah, jadi saya di rumah aja belajar dari pagi sampe malem, dibawa fun aja, sesekali diselingin sambil makan atau denger lagu yang bikin semangat, sesekali jeda istirahat gapapa, sering-sering juga gpp,, yang penting waktu belajarnya dari pagi-malem.. pokoknya dibuat senyaman mungkin yang bikin nyenengin hati belajarnya,,

?

itu sih kalo buat persiapan belajar, yang rajin aja,, :D

?

3. Persiapan mental ini yang jauh lebih penting..

?

Mental untuk yakin dan terus lanjut berjuang, dengan usaha terbaik supaya bisa lolos masuk ke PTN tujuan..

?

Kalau kita udah berusaha belajar semampu kita, melakukan usaha terbaik yang bisa kita lakukan, ga usah minder, tapi jangan jadi sombong juga, ah gue kan udah membantai habis buku segunung, pasti gue lolos, gak gitu juga bree, kita gak boleh sombong, karena boleh jadi, ada siswa2 lain diluar sana yg usahanya lebih, mungkin bergunung-gunung buku udah dia babat habis..

?

jadi intinya, setelah kita belajar, jangan terlalu minder dan jangan sombong, tengah-tengah aja,

caranya memperkuat mental ini dengan banyak-banyak berdoa, setiap abis solat wajib minimal, minta aja sama Allah, ya Allah mudah2an saya lolos masuk ITB, doa aja terus, diiringi usaha dengan membantai buku2, mulai berdoanya juga dari awal jangan pas akhir2 waktu mau ujian..

Itu juga kenapa gakboleh sombong, karena yang membuat kita lolos PTN itu bukan hasil dari belajar kita tok! #pintukeles, ya maksudnya kita bisa lolos PTN karena pertolongan dari Allah..

?

kalau liat banyaknya peserta yang daftar, ditambah standar PTN target yang tinggi, ditambah latarbelakang nilai yang pas-pasan, itu membuat saya sedikit ciut, bisa gak yaa, ? bisa gak ya,?

?

tapi ya berdoa aja, kalau rejekinya masuk sana pasti masuk, kalau Allah udah menghendaki kita untuk masuk PTN itu pasti masuk, pasti masuk..

?

?

HARI H

Pas hari H ujian, saya usahakan untuk gak telat solat subuh + tahajud, karena saya pikir, ini detik2 akhir perjuangan yang ga boleh lewat dari meminta pertolongan sama Allah, karena meski udah belajar, tapi bisa aja kan tiba-tiba ngeblank, berangkat pagi dan jangan sampe telat masuk, kalau telat bikin jadi ga konsen, siapin lagi segala administrasi2 yang dibutuhkan, saya gak bawa buku sama sekali, cuman bawa alat tulis dan perlengkapan administrasi, itu aja.. karena detik2 terakhir sebelum ujian tu buat nenanging diri, kan belajarnya udah dari dulu2, jadi ya santai aja, waktunya buat rileks.. hehe..

?

Tes SNMPTN berlangsung selama 2 hari, dan Alhamdulillah lancar.. waktu itu sistemnya masih ada minus 1 kalo jawaban salah, kalo bener +4.. saya sih strateginya kalo sama sekali gak ada bayangan, ya ga usah diisi, jadi waktu itu juga lembar jawaban saya gak full diisi semua, karena ada beberapa soal yang saya samasekali gak tau dan gak yakin jawabnya..

?

Tapi ya udah, tes sudah terlewati, sekarang tinggal nunggu hasil..

?

Setelah Hari H, pengumuman kan lama ya, sebulan setelahnya gitu kalo gak salah, yaudah saya gak coba lagi ungkit2 soal2 SNMPTN, sama kayak setelah UN, soal2nya langsung saya lempar ke entah berantah di tumpukan2 buku yang udah dibabat, dan saya gak buka2 lagi, daripada bikin setress hehe..

?

Doa setelah solat wajib tetep diteruskan sampai pengumuman menjelang, jangan berhenti..

?

Selama masa penantian pengumuman itu, saya banyak mendengar cerita2 dari temen2 yang udah duluan dapet pengumuman, dulu tuh pengumumannya beda2, tergantung masing2 PTN, saya denger cerita dari temen2 yang masuk UI, bagaimana takutnya dia membuka mata melihat hasil di web, huaaa,,, mau log in aja udah deg2an, huks.. pas udah log in, matanya masih merem gak berani liat, tapi setelah diliat ternyata dia LOLOS..! ?langsung deh sujud syukur jingkrak2,, huaaa,, denger cerita dia rasanya saya mau kayak gitu juga,

?

tibalah hari pengumuman itu, malem2, meski di jadwal baru besoknya, tapi katanya malam itu udah ada hasilnya, huaaa,, tadinya mau besok aja, tapi karena penasaran, malam itu saya liat pengumuman, setelah solat isya saya langsung buka laptop, huhu,, tanya ke temen2 yg lain, hasilnya diterima, diterima, tidak diterima, diterima, huaaa, berbagai macam hasil..

?

sempet drop, sebelum buka webnya, saya nyiapin mental kalau2 saya gak diterima ini gimana? saya tanya temen2, ada gak PTS yang masih buka pendaftaran setelah ini? tapi temen saya bilang, jangan pesimis dulu, liat aja dulu hasilnya, insya Allah diterima.. huks..

Bismillah, dengan penuh harap saya liat hasilnya,,

daaaaaaaaaaaaan,, yup! DITERIMA di Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati ITB, huaaaaaaa,, alhamdulillah, sujud syukur langsung, langsung kabarin orang tua, sama temen2, huaaa, alhamdulillah,,

?

jadi itu aja temen2, ga usah minder dgn nilai pas2an, dicoba dulu, usahakan yang terbaik, tapi sejatinya perjuangan itu baru akan dimulai lagi ketika masuk PTN, so, jangan lelah untuk berjuang,, semangat!

?

mudah2an sukses ya! usahakan yg terbaik dan jujur, utamakan Ridho Allah, siapkan mental untuk menghadapi berbagai kemungkinan dan hasilnya,, :)

semoga bermanfaat ya,,

?

?

  • view 285