Kupas Tuntas Kulit, SITH BIOLOGI ITB

Siti  Haifa
Karya Siti  Haifa Kategori Catatan Harian
dipublikasikan 14 Februari 2016
Kupas Tuntas Kulit, SITH BIOLOGI ITB

Bismillah,,

Berhubungan sama namanya, kupas tuntas kulit, Insya Allah saya mau sedikit share tentang luarnya SITH BIOLOGI ITB nih, kenapa cuman luarnya? ya kalo mau dalemnya, kamu harus masuk langsung jadi mahasiswa disana,,?

sedikit cerita dulu mungkin nih, dulu saya masuk ITB, lewat SNMPTN, waktu itu cuman ada 2 pilihan, dan saya pilih dua2nya ITB, saking maunya masuk ITB,

pilihan pertama Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan ITB -> sebenernya saya gamau masuk teknik begitu, karena saya pikir cowoknya pasti lebih banyak, dan mikirnya pasti eksak banget, gak kuat deh mikir serumit itu, tapi apa daya, disuruh papah , yaudah coba aja,,

pilihan 2 Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati -> ini juga sebenernya karena dulu waktu SMP saya sempet berprestasi di bidang Biologi, daripada matematika sama fisika, tapi sebenernya saya dulu mau banget masuk Sekolah Arsitektur dan Perencanaan Kota, karena dulu sukaaaa banget liatin denah2 rumah, dulu tuh seneng aja ngumpulin brosur2 perumahan, terus suka saya amati gitu denahnya,?dan maunya jadi arsitek,?tapi mau gimana, ga dibolehin sama orang tua masuk SAPPK, katanya kalo jd arsitek lapangan kerja dalam negerinya susah kalo buat cewek, ya sudahlah nurut aja,,

dan tak disangka aja, ternyata saya lolos masuk SITH, alhamdulillah lolosnya di SITH bukan di FTTM, hehe, yang penting udah masuk ITB itu udah alhamdulillah bangeeet,, :D

Awal pertama masuk kuliah, saya sempet shock, kenapa? karena pas daftar ulang aja itu bener2 semua diurus sendiri, masuk ke sabuga buat daftar ulang, ngantri itu bener2 sendiri, org tua gaboleh masuk samasekali, waktu itu saya berkaca2 (tapi gak sampe nangis bombay sih, malu lah,,) ya Allah biasanya kemana2 ditemenin, dan sekarang harus sendiri? T_T .. So, sebetulnya ketika kita udah berstatus mahasiswa, harus siap mental, ?harus mandiri, ya itulah yg saya rasain saat pertama kali masuk sabuga ITB pas mau daftar ulang..

Terus awalnya saya gak tau dulu tentang TPB (Tahap Persiapan Bersama), dulu pas lulus SMA saya udah seneng banget padahal, nyangka kalo udah kuliah gak akan lagi belajar MTK, FISIKA, KIMIA, mungkin yg bakal dipelajari ya Biologi aja gitu,, eh ternyata enggak, harus ada 1 tahun yg wajib dilulusin dulu, yang isinya itu belajar pelajaran kalkulus, fisika dan kimia tingkat lanjut,, aigooo,, yaudah lah, mau gimana lagi, udah kepalang masuk, sempet kecewa juga sih, kenapa gak langsung penjurusan aja, hehe

nah, ini, kalau mau tau kurikulum yang ada di SITH BIOLOGI ITB, ya,,

?

kira2 belajarnya ini,, Total SKS lulus 144, sama ya kayak yg lain..

?

?

Nah, kalo yg ini saya gak tau apakah di Univ lain juga berlaku, jadi kalo di ITB ada yg namanya mata kuliah pilihan, kita wajib ikut juga, ada jatahnya, boleh ambil mata kuliah pilihan dari dalam prodi atau luar prodi, kalo yg di bawah ini contoh matkul dalam prodi yg bisa diambil, bebas mau ikut yg mana, tergantung minat, nah enaknya lagi, misal saya minat untuk belajar ttg arsitektur atau bisnis, jadi kita bisa ambil mata kuliah pilihan di jurusan arsitektur atau bisnis juga lhoo,, so, tujuannya sih katanya supaya skill kita bisa terintegrasi.. asik juga sih..

Oh iya, di ITB juga biasanya ada tuh matakuliah paket A, maksudnya mata kuliah pilihan yg pasti bakal dapet A, haha, biasanya mahasiswa yg mau ninggiin IPK ngambil matkul pilihan yg paket A ajaa,, termasuk saya juga kayak gitu,, itu salah satu strategi juga sih,, untuk mendongkrak IPK di akhir, hehe

?

udah cukup tergambarkan?

oh iya, satu lagi, waktu angkatan saya, yaitu 2010, SITH masih cuman punya 2 jurusan, yaitu mikrobiologi dan Biologi, tapi mulai tahun 2011, ada jurusan baru tuh, namanya Rekayasa Hayati.. kampusnya yang di jatinangor deket UNPAD itu lhoo,, nah katanya sih kalo yg Rekayasa Hayati atau nama kerennya itu Bioengineering ini belajarnya lebih teknik banget, mungkin hitung2annya lebih banyak, huaaa,, kalo saya sih gak minat dan gak sanggup ngitung2an logika kyk gitu,, hehe,, ya tergantung minat aja, plus ada jurusan baru juga yaitu teknik pertanian dan teknik kehutanan kalo gak salah, itu kampusnya ada di jatinangor juga,,

nah, biar menggambarkan lagi,,

ini ada beberapa foto sudut kampus ITB,,

yg di bawah ini foto labtek biru, nah prodi biologi sama mikro adanya disini,, labnya disini,, segedung sama teknik kimia, oseanografi, dan meteorologi,, gampang sih klo ke ITB, tanya aja labtek biru, populernya itu, hehe emang satu2nya gedung yg warnanya biru..

?

?

Nah kalo ini koridor yg ada di labtek biru, semacam penghubung gitu sih, kan gedungnya ada dua, gedung SITH sama gedung Teknik kimia, nah disini tuh ada kaca gede, bisa ngaca kalo lagi jalan, haha,, sebelah kiri gedung SITH, sebelah kanannya Teknik Kimia,, dan diantara gedung ini ada tangga namanya double helix, sama ada himpunan-himpunan mahasiswa.. himpunan mahasiswa biologi, teknik mesin, oseanografi, meterorologi dan teknik kimia..

?

?

nah kalo ini sih udah pada tau ya, kalo lewat depan ITB, ini dia depannya,,?yang biasanya pada foto2 kalo main ke ITB..

?

?

dan ini salah satu penampakan suasana kelas kalo lagi ujian, aaah, ujian ga ujian sama aja bro, sama-sama serius, sumpah, seriuuuuus banget, bikin ngantuk jadinya,, dosennya serius, mahasiswanya serius, jadi bosen gitu lah, bikin ngantuk, hehe,, tapi ya itulah namanya juga belajar di ITB, harus serius,,

?

mungkin itu dulu aja ya, yg mau saya kupas tentang kulitnya SITH BIOLOGI ITB, hmm,, kalo mau tau ke dalam2nya, silakan masuk jadi mahasiswanya, biar lebih kerasa, hehe

?

oke sip,, mudah2an menginspirasi yaa,,

  • view 285