Buat Kamu yang Selalu Bertanya "Kak, masuk ITB susah gak sih?"

Siti  Haifa
Karya Siti  Haifa Kategori Motivasi
dipublikasikan 14 Februari 2016
Buat Kamu yang Selalu Bertanya

Bismillah..

Buat kamu brosis, khususnya adik2 yg masih SMA dan punya mimpi buat masuk ITB..

Akhir2 ini saya suka dapet chat dr adik2 yg gak saya kenal, dan nanya2 tentang ITB,, mereka tau nomer saya dari postingan blog saya sebelumnya tentang ITB.. padahal saya bukan brand ambassadornya ITB,, dan ga dibayar sama ITB buat promosiin ITB, meskipun ga pernah promosiin, tapi tetep weh yg minat masuk ITB buanyak bejibun (yaiyalah),, yang saya lakukan cuman share pengalaman aja rasanya berjuang untuk jadi anak ITB,, dan ternyata itu cukup berguna buat adik2 SMA yang pengen kepo tentang ITB..

?

kenapa saya share ? karena dulu,, jaman saya masih SMA juga, saya rasanya susah gitu ya, kepo tentang ITB dari blog anak ITB,, mungkin juga karena mahasiswa2 ITB pada jarang ngeblog,, jadinya saya suka share aja buat bantu para siswa SMA untuk tahu gambaran tentang anak ITB..

?

Kebanyakan dari siswa2 SMA yang ngchat saya, nanyanya begini "kak, susah gak sih masuk ITB?"

"Kak, aku minder nih, aku pengen masuk ITB tapi ga pernah rangking", "kak, yang masuk ITB tuh orang2 pilihan ya?", "kak, jurusan yang paling susah di ITB apa sih",, dll dsb.. rata2 pertanyaannya sama, seputar itu2 aja.. tapi banyak dari mereka yang bilang kalo dia minder..

?

So, saya mau cerita.. dulu, saya waktu SMA bukan siswa yang pinter2 banget,, masuk 10 besar aja saya gak pernah, percaya? NEM UN saya juga dulu pas2an banget,, suer dah,, ngepas buat lulus, percaya? tapi walaupun nilainya ngepas,, itu hasil dari belajar sendiri karena gak dapet contekan apapun..

?

Buat dapat sesuatu yang terbaik, kita emang harus keluarin usaha yang lebih, makanya susah,, tapi jangan sampai hal itu membuat kita minder,, ga perlu lah,, karena kita punya peluang yang sama, meski keberhasilannya ditentukan sama usaha kita..

?

Tips praktis buat kamu yg pengen berhasil tembus ITB..

1. Niatkan dari awal, bahwa hanya ITB yang kamu mau..

?

Kamu ga usah peduli kata orang, dulu saya pernah diremehin tuh kalau saya gak mampu,, tapi buktiin aja untuk bisa membantah sangkaan dia terhadap kita.. fokusin diri untuk mempersiapkan yang terbaik, cari informasi sebanyak2nya tentang ITB termasuk cari info tentang sistem seleksinya, apakah dia buka undangan atau hanya SBMPN, kapan waktu tesnya dll. dan bikin strategi belajar yang baik..

?

Kalau ada temen kamu yang ikut berbagai macam tes masuk PTN, simak UI dia ikut, ujian mandiri Unpad dia ikut, PMDK IPB dia ikut, pokoknya semua tes masuk ptn dia ikutin, kamu jangan terpengaruh! itu artinya dia gak punya tujuan kalo dia mencoba semuanya.. fokus aja buat persiapan tes masuk ITB, udah.. karena kalau kamu gak fokus, bisa jadi ga ada salah 1 pun yg kamu dapat, karena energinya terbagi2 ke banyak hal.. tapi kalo kita fokus ke 1 hal,, energi kita juga hanya untuk itu, Insya Allah bisa diraih..

?

2. Belajar dan Berdoa

Buat kamu yang udah masuk semester 2 kelas XII,, masih cukup banyak waktu untuk persiapan..

saya gak tau, sistem penerimaan tahun ini akan seperti apa, entah ada undangan atau gak, atau hanya SBMPTN aja, kalau memang ada sistem undangan, dan ternyata nilai rapot kamu kurang, gausah sedih,, masih ada 1 semester lagi kan? buat bagusin nilai rapornya,,

?

dan kalau ternyata seleksinya cuma lewat SBMPTN,, maka itu bagus! artinya semua orang punya kesempatan yang sama, tanpa harus liat nilai raport dan NEM.. sama kayak jaman saya dulu waktu tahun 2010.. berdoa aja supaya seleksinya bisa seperti itu lagi,, hehe..

?

Cara belajar yang efektif menurut saya, dan itu saya lakukan dulu menjelang SNMPTN tulis..

dulu saya gak ikut bimbel sama sekali, ya paling ikut bimbel wajib dari sekolah aja.. tapi waktu itu saya hubungi sodara2, temen2, tetangga2 yang udah pada lulus SMA, dan ikut bimbel di luar,, saya mintain semua buku2 SMAnya, termasuk buku2 bimbelnya,, dan catetannya kalo perlu..

?

Abis itu saya kumpulin di meja, dan saya baca satu2 dari awal sampe akhir,, habisin deh semuanya..

apa manfaatnya? kita jadi sering mengulang2 teori dan latihan soal2nya,, jadi banyak tau tipe2 soal dan tau trik2nya,, karena pada dasarnya buku2 itu isinya sama, cuman beda cover sama penulisannya aja,, setiap ada soal yg belum diisi, kerjain, bahkan contoh soal juga dikerjain,, tapi jawabannya ditutup dulu,, setelah itu baru deh dicocokin sama hasil jawaban kita, kalau ternyata hasilnya sama, itu bahagia banget, artinya gue bisa! coba lagi dan coba lagi,, kalau ternyata salah, cari tau salahnya dimana,, dan coba lagi di soal berikutnya yang tipenya sejenis..

?

Buat jeda selama kamu belajar, misal setiap 1 jam, istirahat 5-10 menit, entah itu buat makan, nonton, mandi, dll, ini harus kongkret dilakukan biar kita gak penat belajar terus2an..

Lakukan hal itu setiap hari, belajar setiap hari, kalau lagi libur sekolah, jangan main2 dulu,, nanti mainnya kalo kamu udah berhasil tembus ITB,, buat refresehing,, atau ketika sudah lewat waktu tes SBMPTN..

?

Berdoa setiap hari setiap habis solat, entah itu solat wajib atau sunnah,, berdoanya yang yakin aja, gausah pake rasa minder, percaya kalau ITB itu sudah ditakdirkan buat kita pasti kita dapat, sesuatu yg udah ditakdirkan untuk kita, ga akan ada yg bisa menghalangi atau menggantikannya..

?

Apa yang saya tulis disini bukan klise, ini kongkret dari pengalaman saya pribadi, semua orang punya kesempatan yang sama kok, tinggal kitanya aja yang mau berusaha lebih atau nggak, karena yang berhasil pasti usahanya yang terbaik juga, kalo udah melakukan tips di atas, jangan lupa untuk tawakkal, kalo ternyata kita belum berhasil, bukan berarti kita gagal, tapi percayalah kalau hasil yang kita dapat pasti sesuai sama usaha dan doa yang udah kita lakukan,, usaha dan doa adalah pasangan yang gak bisa dipisahkan,, jadi, lakukan kedua2nya secara beriringan,,

?

sipdeh,, semoga tulisan ini bermanfaat dan bisa memberikan semangat buat kamu yang punya cita2 masuk ITB, semoga berhasil, dan lebih berhasil dari saya,, aamiin,, :D

?

?

?

Dilihat 4 K