Perdebatan “Film Sebagai Sastra” di FB grup Apresiasi Sastra (Part 3)

Satrio Arismunandar
Karya Satrio Arismunandar Kategori Kesusastraan
dipublikasikan 08 November 2017
Perdebatan “Film Sebagai Sastra” di FB grup Apresiasi Sastra (Part 3)

Wahyu Bethot Zaenudin

Devide et impera!

Denny JA

Di ruang publik, gagasan diadu. Dari gagasan yang beradu, lahir gagasan yg lebih kuat. Bro harus melihatnya lebih positif

Wahyu Bethot Zaenudin

Silakan mengadu gagasan. Tak perlu menyeret nama orang lain, seolah-olah orang itu sepenuhnya menyetujui gagasan Anda. Seolah-olah Anda tidak percaya pada gagasan Anda sendiri sehingga harus minta dukungan orang lain.

Denny JA

Wahyu Bethot Zaenudin anda harus banyak baca soal apa itu beradu gagasan. Setelah membaca pengantar buku teksnya saja, mungkin anda akan mengedit komen anda sendiri????????????

Wahyu Bethot Zaenudin

Baiklah. Silakan edukasi saya. Apa yang perlu saya edit dari komentar saya?

Wahyu Bethot Zaenudin

Saya kira Anda yang justru gagal memahami komentar saya di atas. Saya mesti mengakui bahwa Anda terlalu piawai untuk berpura-pura menjadi orang naif, gaya khas politikus.

=====================

Itov Sakha

mohon Bung Malkan Junaidi tidak keluar dari grup, ini persoalan apresiasi pemula seperti saya dan mungkin lainnya bagi warna dan kebermanfaatan informasi!

Dimas Nur

Anda melabeli sempit pikir utk seseorang yg tidak sepakat dgn anda. Anda sdh merasa luas hingga melabeli orang lain diktator karena tidak mau setuju dgn anda. anda tidak pernah membangun detil2 argumen2 dan terus melabeli orang lain sebagai anti demokrasi. anda tidak pernah menjawab sendiri dan terus menyodorkan nama2 utk berlindung. anda sedang bingung pak denny ja.

Denny JA

Betul bro saya sedang bingung dengan argumen anda????????

Dimas Nur

saya tak sedang beragumen pak. itu jika anda paham argumen itu apa.

Denny JA

Dimas Nur oh berarti yg anda tulis di atas itu hanya kumur kumur (bukan argumen). Tambah bingung lagi saya????????

Dimas Nur

hahaha ndak usah dipaksakan pak, pelan-pelan saja.

===========================

Na Cinta Papi

Licik dan cerdik memang 2 kutu jembut yg berbeda... ????

Itov Sakha

2 kutu jembut.....? siapakah dia?

Na Cinta Papi

Ini yg aku susah wawancaranya... ????

Itov Sakha

duh

Faiz Ahsoul

Deni JA, Anda kan tau baik film, sastra, pertunjukan, fotografi, seni rupa maupun disiplin ilmu seni lainnya itu ada jurusan dan fakuktasnya. Dan para akademisi tidak main gebyah uyah maupun menggenalisisr disiplin2 ilmu tersebut karena memang ada 'kandangnya' masing2 sesuai disiplin ilmunya. Lha kok Anda asal gebyah uyah film itu sama dengan sastra maksudnya apa?

Maulidan Rahman Siregar

Ss dulu, biar nanti gak ilang-ilang.

Maulidan Rahman Siregar

Sial. Salah upload

Itov Sakha

Itov Sakha bahaya juga kalo tuhan terbawa dan dianggap tokoh sastra ama generasi jaman entah...alamaaak

Itov Sakha

Dewi Indra Puspitasari, sini juga mampir....

Dewi Indra Puspitasari

Nah Quran bisa dikategorikan sastra, termasuk bible...untunglah aku pagan...jadi gak punya kitab suci yang dituliskan berdasarkan versi..kitab suciku semesta ????

==============

Itov Sakha

Itov Sakha ini tentang pelem, gimana komentarmu....apakah sewangi jembut2 di pelem yang layak sensor?

Dewi Indra Puspitasari

salah komen gw...

Itov Sakha

aku gak setuju Bung Malkan Junaidi keluar karena protes ama salah seorang admin, terkait posting Denny JA yang mereview pelem

Dewi Indra Puspitasari

Itov Sakha oh..tapi kan dah dijelasin klo filmnya dibuat berdasarkan novel..seharusnya yg direview novelnya, bukan filmnya..jato cinta itu bikin goblog ????

Itov Sakha

nah, begitulah si raja minyak!

Dewi Indra Puspitasari

Itov Sakha raja minyak jato cinta jugak? ????

Itov Sakha

cinta pada ambisinya tha dan pengakuan itu mahal seperti minyak yang disengketakan....apalagi kalo gak seperti raja minyak yang bisa berbuat sesukanya dengan berasaskan UANG?

Dewi Indra Puspitasari

Itov Sakha gw belum baca postingan asli..yang gw baca cuma komen2 doang..ntar gw baca rootnya dulu

Itov Sakha

guuk, semangat mengenaskan..eh, met baca ajalah

Itov Sakha

fufufu

==================================

  • view 32