[Cerpen] ADA APA DENGAN BLACKHOLE

Mochamad Syahrizal
Karya Mochamad Syahrizal Kategori Cerpen/Novel
dipublikasikan 02 Agustus 2016
[Cerpen] ADA APA DENGAN BLACKHOLE

Di suatu malam yang sunyi namun ramai di kampung sebelah karena ada konser Metallica, terdapat daerah terpencil yang jauh dari kota. Di daerah tersebut ada sebuah rumah yang dihuni oleh seorang pemuda pengangguran yang kaya raya bersama peliharaannya, seekor ikan julung-julung yang sangat cerdas dan dapat berbicara secara lihai layaknya para pemimpin dalam negeri (pasti ngertilah).


Pemuda pengangguran yang kaya raya itu bernama Blekotek, sedangkan ikan julung-julung itu bernama pari-pari, (loh gimana sih? Ah sudah abaikan saja). Pemuda pengangguran yang kaya raya itu sebenarnya ingin menjadi miskin karena terinspirasi film Captain America (Sudah dipastikan penulis rada stress).


Blekotek bingung bagaimana cara menghabiskan uang-nya yang tak kunjung habis setelah beberapa musim liga champion Inggris. Berbagai cara telah ia lakukan agar uangnya habis, mulai dari mengsedekahkannya ke Bill Gates, membuang-buang uangnya di tempat aerobik, sampai memakan uangnya secara langsung di tambah kecap asin. Namun uangnya tetap tak habis-habis.


Akhirnya Blekotek memanggil ikan peliharaanya ..


"Arwana ..."

"Nama gua Pari-pari dongo!"

"Tapi lu kan ikan julung-julung?! Kok namanya pari-pari?"

"Lah terserah gue, gue yang bikin KTP namanya Pari-pari kenape lu yang sewot?"

"Lu punya KTP??"

"Punyelah, gue kan ikan yang bijak dan taat pada Negara!"

"Kok gue ga punya?!"

"Lah elu punya ketua RT ga?"

"Punya namanya Pak Dahal ..."

"STOOPPP!!!" Tiba-tiba penulis (gue) berteriak. Blekotek dan Pari-pari tertegun dengan mulut menganga. Yap gue bingung kenapa ceritanya kemana-mana, gue pun menyuruh mereka untuk kembali ke benang merah (jalan cerita).


Blekotek pun bertanya pada Pari-pari, "Bagaimana cara menghabiskan uang ini wahai pari-pari?".

"Iyah gue juga bingung nih, kadang galau juga".

"Iya nih sama .. kok gini ya? Salah aku apa sih?".

"Blekotek! Kenapa kita jadi cucok gini?!!" Teriak Pari-pari sambil menjewer telinga Blekotek, padahal ikan gak punya tangan buat menjewer.

"Oh iya maafkan .. Saya kurang gizi".

"Gue udah tahu".


Penulis (gue) memelototi mereka. Mereka pun saling memandang dan mengangguk.


"Menurut gue, uang lu harus lu kasih ke tukang moccacendol" Saran Pari-pari.

"Moccacendol? Apa itu?"

"Menurut wikipedia, Moccacendol adalah sejenis minuman perpaduan antar kopi mocca dan buah durian serta kuning telur .."

"Cendol nya dari manaaa??!" Blekotek kesal lalu memakan sendal jepitnya.

Tiba-tiba terdengar suara mendesing yang sangat keras dari langit, Blekotek terkaget lalu bangun dan berteriak, "JKT48?!!!".

"JKT48 mata lu!" Teriak Pari-pari sambil mencolok mata Blekotek dengan payung. Mereka pun keluar rumah gubuknya, dan melihat keadaan sekitar. Seketika tampak sebuah benda yang melayang-layang mirip wadah lalu jatuh tepat di hadapan mereka.


Setelah mereka mendekati, mereka salah dugaan. Ternyata benda itu adalah sebuah ember terbang, "Ah kirain apaan!!" Cakap Blekotek sambil menendang ember terbang itu, lalu kembali ke gubuk dan menyeduh teh pahit.


Mereka belum menemukan jawaban tentang cara menghabiskan uang sampai saat ini. Karena merasa kesal dan sangat bingung, mereka pun menancapkan modem pada laptop lalu membuka internet dan bertanya pada Google.


Namun sayang, setelah mereka mengetikkan "Bagaimana cara mengabiskan uang dengan mudah", sang Google malah menjawab "Emang gue Bapak loe?! Cari Tahu sendiri". Sungguh malang nasib mereka, tidak ada yang menjawab pertanyaan mereka satu orang pun.


Mereka pun tetap berusaha menemukan jalan keluarnya, mereka tetap memikirkan solusi yang tepat sambil bermain Playstation 9. Namun tiba-tiba ada suara motor yang sangat keras dari luar. Blekotek dan Pari-pari langsung berlari (padahalkan ikan) ke halaman depan gubuknya.


Setelah diteliti, ternyata itu Darth Vader sedang menaiki motor bekjul sambil mengirimkan majalah Bobo ke tetangga komplek. Harapan mereka lagi-lagi punah, akan tetapi tanpa di duga si Darth Vader berhenti di hadapan mereka sambil menyodorkan sesuatu, dengan gaya SPG Professional si Darth Vader bilang, "Lelah hidup sejahtera? Lelah hidup kaya raya? Mau miskin? Kalau gitu pake ini!".


Si Darth Vader memberikan sebuah benda kepada Blekotek dan Pari-pari, ternyata itu adalah sebuah celana dalam. Mereka tertegun dan terhentak, mereka menangis karena untuk pertama kalinya melihat celana dalam dengan gambar pemandangan.


"Apakah ini jawabannya?" Ucap Blekotek lalu memandang tajam kepada pari-pari.

"Yah .. Ini jawabannya .." Pari-pari sambil mengangguk.


Blekotek langsung memakai celana dalam itu dikepalanya, lalu seketika itu pula Blekotek berubah menjadi Ultraman yang sangat gagah perkasa. Blekotek menyampaikan salam perpisahan kepada Pari-pari. Pari-pari pun hanya bisa membalasnya dengan lambaian tangan.


Blekotek lalu terbang tinggi menuju angkasa, tanpa memperdulikan alien yang disekitar yang mencemoohnya karena ia terbang dengan motor vespa. Namun dengan hati yang teguh, Blekotek yakin bahwa suatu saat ia bisa menjadi pemiliki Facebook setelah Mark Zuckerberg, itulah impiannya. Tanpa sadar Blekotek masuk ke dalam lubang hitam alias blackhole. Saya sebagai penulis tidak dapat memastikan keadaan setelah itu, karena setiap penulis BBM dia, Blekotek hanya meng-read-nya saja.

 

PESAN PENULIS : Pernahkah kalian merasa tertahan pada satu posisi ketika membuat suatu karya? Yap ini itulah yang saya alami ketika membuat cerpen ini. Begitu banyak hal yang saya pikirkan, begitu banyak hal yang berlalu lalang dalam otak saya sehingga pikiran saya tidak fokus. Dan setelah itu saya bereksperimen dengan membuat suatu karya yang berbeda dari sebelumnya. Saya pikir kalian yang membaca ini cukup tahu bahwa tergambar suatu kegilaan dalam cerpen tersebut, namun anggap saja itu merupakan sebuah hiburan semata oke? :D Mohon maaf apabila ada kata yang kurang berkenan.