Inspirasi dari Pembuat Pokemon Go

Rezky Fathi
Karya Rezky Fathi Kategori Inspiratif
dipublikasikan 13 Juli 2016
Inspirasi dari Pembuat Pokemon Go

 

John Hanke, adalah seorang dibalik suksesnya game Pokemon Go. Game ini memecahkan semua rekor dengan lebih dari 10 juta kali di download dalam minggu pertama, dengan rata-rata pengguna aktif harian melebihi twitter dan facebook. John membutuhkan waktu selama 20 tahun untuk membuat dan mengembangkan game ini.

Berikut adalah kisah sang Founder dalam perjalanannya menciptakan Game Fenomenal Pokemon Go:

  1. Tahun 1996 ketika masih menjadi mahasiswa, John menciptakan MMO (massively multiplayer online game) yaitu “Meridian 59”, dia menjual game tersebut kepada 3DO dan kemudian dia mencoba hal yang lebih besar, yaitu pemetaan dunia.
  2. Tahun 2000, John meluncurkan ‘Keyhole’ untuk menghubungkan pemetaan online dengan teknik fotografi udara serta 3D GPS pertama di dunia.
  3. Tahun 2004, Google membeli ‘Keyhole’ dan sekarang kita mengenalnya dengan ‘Google Earth’, sejak saat itu John fokus pada game berbasis GPS.
  4. John bersama timnya menciptakan ‘Google Maps’ dan ‘Google Street View’ pada tahun 2004 – 2010, pada masa tersebut John mengumpulkan timnya dan sekarang menjadi rekannya dalam menciptakan Pokemon Go.
  5. Tahun 2010, John meluncurkan 'Niantic Labs', sebagai Start Up yang didanai oleh Google, untuk menciptakan game yang berbasis pada pemetaan /GPS. Niantic adalah nama sebuah kapal penengkap ikan paus.
  6. Tahun 2012, John menciptakan 'Niantic MMO' berbasis Geo GPS pertama kali. John terinspirasi dari perjalanannya sehari-hari ketika keluar rumah dan menuju kantornya dengan menggunakan maps. Dia membayangkan mengintegrasikan data Geo dan gadget yang dia miliki, dan membuatnya lebih keren dengan membuat game petualangan berbasis data Geo yang bisa diaplikasikan di dunia nyata.
  7. Tahun 2014, Google dan Pokemon Company bekerja sama membuat perayaan april mop, yang memungkinkan pengguna 'Google Maps' menemukan pokemon pada aplikasi 'Google maps', dan hal tersebut menjadi viral. Dari situ, John berfikir ini bisa menjadi sebuah game.
  8. Selanjutnya, John memutuskan untuk membangun Pokemon Go. Tempat-tempat yang paling populer dan sering dikunjungi pengguna pada dunia nyata, menjadi sebuah “pokestops” dan “gym” di permainan Pokemon Go. “Pokestops di submit oleh pengguna, jadi jelas, semua berdasarkan tempat-tempat di mana banyak orang sering mengunjunginya. Kami melakukan survey selama 2,5 tahun, orang pergi ke semua tempat di mana mereka pikir mereka harus bisa bermain, sehingga beberapa tempat yang cukup terpencil,” ujar John.
  9. Mulai dari Desember 2015 sampai Februari 2016, Jhon membentuk 40 tim lebih untuk mulai membangun Pokemon Go. Jhon juga mendapat bantuan dana 25 juta dolar dari Google, Nintendo, Perusahaan Pokemon dan investor lainnya.
  10. John dan timnya meluncurkan Pokemon Go pada 6 juli 2016 di Amerika Serikat, Australia dan Selandia Baru. Sejak diluncurkan, harga saham Nintendo telah meningkat 7,5 milyar dolar dan dalam pembelian aplikasi yang sudah menghasilkan lebih dari 2 juta dolar per hari.

 

Sepanjang 20 tahun ini, ia memiliki visi yang besar dari semua permainan di seluruh dunia. Di setiap langkah, dia hanya fokus untuk menempati posisi paling atas. Pada setiap posisi yang baru, ia memilki kekuatan baru, anggota tim baru dan item baru dalam persediaannya.

 

Apakah anda seperti John, yang setiap menjalankan kewirausahaan akan besar seperti MMO?

 

"Jauhkan hasil akhir dalam pikiran anda, tetapi harus fokus untuk terus naik dalam posisi yang lebih tinggi. Dan ketahuilah, membutuhkan banyak tingkatan untuk memenangkan permainan." ~Eddie Cantor~

 

Sumber: klik di sini.


  • Simfoni Negeri
    Simfoni Negeri
    1 tahun yang lalu.
    aku nemu ini di Line. sudah viral. tapi poinnya bukan di sini.
    perjuangan dan penghargaan atas proseslah yang sangat patut untuk diapresiasi dan dicontoh. nice

  • Kartini F. Astuti
    Kartini F. Astuti
    1 tahun yang lalu.
    Cool banget.

  • Eny Wulandari
    Eny Wulandari
    1 tahun yang lalu.
    Tetep aku nggak paham kenapa game ini populer secara aku nggak suka nge-game, .. Gimana pun aku ikut seneng tiap kali ada yang heboh kayak beginian..

  • Muthmainnah Rati
    Muthmainnah Rati
    1 tahun yang lalu.
    Bener-bener bisa menjadi sumber inspirasi, terutama bagi saya yang bergelut si jagad entrepreneurship.

    Terima kasih atas Ulasannya, bermanfaat sekali! (y)

  • Fahd Pahdepie
    Fahd Pahdepie
    1 tahun yang lalu.
    Mantap Rezky!