Tentang si Hasad dan si Dengki

Radinal Ridwan
Karya Radinal Ridwan Kategori Catatan Harian
dipublikasikan 08 September 2016
Tentang si Hasad dan si Dengki

Ehem ,berhubung hari ini sangat senang karena dapat semangat baru maka saya akan menceritakan sedikit tentang si Hasad dan si Dengki. Mungkin kata ini sangat melekat bagi setiap orang tapi tunggu dulu ! karena dari 100% penduduk bumi mereka pasti akan kena penyakit ini tergantung bagaimana dia menanggapi output apa yang dia berikan pada hal itu, baik itu mengarah kebaikan yang menentramkan hati atau bisa juga keburukan yang menghitam kelam kan hati, ngeri kan ? yah karena itulah ada perintah menuntu ilmu agar kita tahu mana yang baik dan mana yang buruk sebagai pembeda terhadap orang-orang kafir.

Berikut kisah tarbiyah saya dan teman-teman saya menuju barat mencari kitab suci menuntut ilmu agama (bukan sun go kong yah) ,tapi agak dibuat cerita melankolis kata-katanya dan hiperbolic sangat agar mudah dicerna remaja jaman sekarang. Taraaaa Ce ki dot !

Si hari Rabu telah tiba, entah mengapa hari ini sangat aneh entahlah mungkin hanya karena terbawa perasaan galau tingkat berat, tapi jujur hari ini sangat berat ! selain sakit kepala dan lemas saya juga harus dihadapkan kenyataan untuk ujian final labotarium jaringan komputer yang memusingkan, dan yang paling inti dari yang terinti dari kehidupan hari ini adalah ? dengan hormat saya mengatakan bahwa saya dengan kerendahan hati semalam tidak mempersiapkan diri untuk ujian intinya TIDAK BELAJAR karena lagi sakit kepala semalam penuh tapi keajaiban terjadi Alhamdulillah ujiannya lancar , bahkan saya mengajar teman di kelas, benar-benar sangat bersyukur ya Allah

Setelah itu dalam keadaan setengah sadar dan lunglai saya pergi menuju perpustakaan kampus untuk merehatkan badan sejenak dari segala kepenatan dunia dikarenakan efek distorsi dalam kepalaku masih sakit , maka jalan keluarnya adalah menjadikan perpustakaan sebagai media refreshing dan media peremajaan pikiran yang penat  tapi eits tunggu dulu ! bukan dengan tujuan belajar , tetapi teet jawaban yang tepat sekali sebagai media nonton,main games,online,dsb layaknya ABG labil !

Ehem sekali lagi dengan segala kerendahan hati saya tidak menemukan ketentraman setalah melakukan itu semua, malahan kepala makin berat dan ingin istirahat. Setelah sholat ashar badan seperti ingin meminta ijin rehat dan pulang ke rumah istirahat, tetapi eh ternyata pemirsa teman seperjuangan ku di proyek akhir minta tolong diantar pulang, terjadilah percakapan singkat diantara kami.

ismail     : nal, mau kemana ?

Saya       : pulang , kenapa ? (dengan muka polos plus mulut menganga menahan ngantuk)

Ismail    :  minta tolong ijin nebeng pulang yah ?

Saya       : oke deh , tapi tarbiyah dulu (tiba-tiba ingin tarbiyah )

Ismail    : bah oke mi cika nanti saya tunggu


saya       : oke (dengan berlinang air mata karena dapat hidayah ingin tarbiyah dari aura ikhwa ismail)

Akhirnya menujulah kami dua buronan tersangka menuju TKP terbiyah di klinik LC (bukan klinik tong fang yah ) alhasil dengan bahagia saya bisa tarbiyah dengan tenang dan damai disini, melihat kak nas sangat menyejukkan mata para pencari ilmu. Beliau sosok yang sangat saya kagumi mulai dari muka , gaya berpakaian, gaya kacamata ,cara bicara, dan yang paling menarik sikap nya yang dinamis melankolis plus lucu abis. Sekian pengenalannya oiya beliau juga hoby koleksi buku kelas berat dan ternyata oh ternyata pemirsa beliau juga sangat suka film kartun dan main game tapi udah gak terlalu sekarang cuman intermezzo guyonan lelucon  kalau cerita. beliau memiliki warna hijau, warna yang menenangkan kalau dipandang, sikapnya terlihat alami tanpa dibuat-buat, tetapi sangat keras bila mengenai agama, tutur katanya lembut dan ketika mengguyon pasti sangat lucu.

Nah, setelah kita-kita pada ngumpul maka dimulai ritual sakral hari ini “tarbiyah”, pada ritual kali ini hanya saya dan andre yang hadir , ikhie agak terlambat datang dikarenakan harus mengerjakan tugas kampus yang mengerikan , yakni proposal judul proyek akhir. Akhirnya masa yang ditunggu-tunggu telah tiba kak naz memulai membuka podium dengan salam , salawat , dan bacaan Alquran.

Kak nas : dek ingatkah antum semua dengan surah al falaq ? artinya Allah pelindung dari segala    kejahatan. 1. Katakanlah “aku berlindung kepda Tuhan yang menguasai shubuh 2. Dari kejahatan makhluknya 3. Dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita 4. Dan dari kejahatan wanita wanita tukang sihir yang mengembus pda buhul-buhul  5. Dan dari kejahatan orang yang dengki apabila ia dengki.

Bertiga  : iye kak (ngangguk polos dengan sopan)

Kak nas : nah , tahukan arti ayat ke 4 ? jaman sekarang apapun bisa terjadi, seorang suami bisa bertengkar dengan istrinya bahkan sampai membuat keharmonisan rumah tangga retak karena seorang penyihir dek. Jadi hati-hati sekarang ! bahkan seuntai rambut, sebuah foto, dan sepotong kuku bisa menjadi media untuk mengaktifan sihir dari jauh. Dan inti yang akan kita bahas saat ini adalah ayat ke 5, apa yang salah dangan ayat ke 5 ? dengki , ulama berkata setiap manusia pasti merasakan dengki, kecuali Nabi dan Rasul. Nah dari sini tergantung manusianya apakah ia bisa mengelola bisikan dalam hatinya menjadi kebaikan ataulah malah justru menjatuhkan amalannya seperti kayu yang dibakar habis menjadi abu. Demikian juga dengan amalan kita , akan habis dilahap api dengki dan hasad kenapa hal ini bisa terjadi ? ini dikarenakan orang yang dengki ialah orang yang tidak senang bila orang lain bahagia dan secara tidak lansung orang yang dengki berpikir untuk tidak senang akan rencana Allah , karena hal inilah yang menyebabkan amalan bisa terbakar habis menjadi abu. Apakah anda ingin menentang rencana Allah ? tidak kan. Allah maha Adil , ingin membuat semua ciptaannya bahagia, jadi mengapa anda ingin menentang rencana Allah ? saat teman anda bahagia kenapa hati anda jadi cengingisan sibuk untuk memikirkan kenapa ? dan kenapa bisa ? hasad itu sangat halus berbisik untuk keburukan mengantarkan anda pada habisnya amalan antum semua.

Bertiga  : ha ? habis kak ? jadi semua amalan sia-sia donk ? gmana cara nyelamatin hati dari dengki kak ?

Kak nas : gini dek , biasanya hasad dan dengki itu lahir dari ketidakpuasan manusia terhadap sesuatu dan biasanya terjadi pada 2 teman baik, misalanya nih pada sebuah ada 2 toko parfum yang bersahabat, tetapi si A mendapat banyak pembeli dari si B akibatnya si B cerorosan dalam hati “ ih , kok dia laku yah ? pasti pake ilmu hitam tuh biar cepat laku” nah inilah contohnya hanya karena temannya lebih baik dan mendapat rezki lebih dari dia , maka si B sampai berkata demikian dalam hatinya ! akibatnya amalannya bisa saja hangus satu-persatu hanya karena perkataan kecil seperti itu dalam hatinya. Bahkan lebih parah lagi sampai menfitnah saudaranya seperti itu bahkan yang sangat parah sampai ingin berharap terjadi sesuatu pada si A agar celaka dan jualannya laku keras. Ckckckck seperti inilah manusia. Bagi antum semua mulai sekarang perbanyak lah istigfar mengingat Allah, mengisi hati dengan banyak hal yang positif dan jaga hati agar selalu peka terhadap teman atau sahabat yang membutuhkan bantuan, mungkin selama ini teman anda, rekan anda, sahabat anda yang antum kita partner sejati yang sangat baik bisa jadi mempunyai dengki pada diri kita tanpa kita ketahui , kita mengira dia teman padahal di balik layar hatinya ia sangat ingin menjatuhkan kita. Hati hati dengan sahabat ! dan pekalah terhadap mereka , bantulah mereka bila ingin bantuan , meski terkadang mereka hanya meminta samar-samar. Agar tidak terjadi kesalah pahaman dan dengki pada diri masing masing , karena kebanyakan dengki itu lahir dari sahabat, keluarga, dan tetangga !

Andre   : iya kak , tetangganya beli mobil dia yang yang sakit kemudian naik mobil ambulans. Tetangganya beli kulkas dia yang kedinginan dan bahkan yang lebih parah tetangganya yang beli kipas angin malah dia yang kepalanya terputar karena pusing. Ckckck

Sontak kami berempat  tertawa saat itu ,andre emang pintar memecah suasana. Kemudian kak nas lanjut memberi materi.

Kak nas : dek ingatkah kalian kisah ulama ? yang pada saat kaya banyak temannya yang datang tetapi ketika miskin teman temannya bagai hilang ditelan bumi kabar bahkan batang hidungya lenyap tanpa bekas. Sampai-sampai istrinya heran dan berkata “akang kenapa dulu temanmu sangat rajin kerumah sekarang saat kita begini mereka malag hilang” ? kemudian sang suami menjawa apa ? ikhie coba jawab ?

Ikhie      : hm aneh kak , masa datang hanya saat senang saja

Andre   : munafik tuh kak !

Saya       : hehe mungkin mereka lagi sibuk kak

Kak nas : hehehe jawaban dynal paling simpel dan positif, begini dek apa kata ulama itu ? “ istriku saya ingin berfikit positif dan tidak dengki pada mereka, mungkin mereka tidak datang karena tahu kondisi kita lagi miskin dan merasa tidak enak menganggu kita” masya Allah sungguh jawaban yang  mulia.

Hari ini tarbyah nya sampai sini , tp membekas dan dapat pelajaran tentang dengki harus lebih peka lagi nih kendalikan hati hehehe jangan sampai amalan kita semua habis , sekian ceritanya

Salam kisah , Wassalam

 

  • view 402