Mitos-Mitos dan "Penjelasan" Logisnya

Mitos-Mitos dan Mitos-Mitos dan

"Hiih, nyapu-nya kagak bersih. Ntar jodohmu brewokan, loh."

Pernah gak sih, suatu momen di hidup kalian, kalian dengerin kalimat macem gitu? Bagi kalian yang pernah hidup dan tinggal di Jawa, mungkin udah gak asing lagi sama beberapa mitos atau pamali ini. Beberapa mitos ini ada yang emang udah terkenal banget, dan mungkin udah jadi mitos berskala nasional. Huahaha.

Nah, gak semua mitos itu gak logis kok. Karena aku mendalami ilmu Math, mari kita bahas mitos-mitos berikut dengan logis dan rasional. :3

  1. Nyapu ga bersih, jodohnya brewokan.

Seperti yang udah aku bahas sebelumnya, mungkin ini mitos paling terkenal.

Aku sebenernya sih gatau apa korelasi nyapu dengan brewok, sih. Mungkin biar nyapunya bersih kali ya. Tapi, kali aja kan kalo nyapu-nya masih kotor, dia ga orang yg bersih. Trus jodoh kan konon cerminan diri kita, nah dia bakal dapet jodoh yg ga bersih juga. Tapi kan, brewok itu bukan pertanda lelaki ga merawat diri. Ah, sabodo teuing. -_-

 

Kalo cowok brewokannya kayak gitu sih, kayaknya mending nyapunya gak bersih sekalian, ya. Nah, untung mitos ini konon cuma buat perempuan. Coba kalo buat laki juga. Trus jodohmu nanti brewokan. Hiii!

  1. Memberi saputangan pada pacar bisa bikin perpisahan tanpa sebab.

Huayoloh, yang pacaran, yang pacaran. Mitos ini pasti bagaikan petir yang menyambar di siang hari buat kalian yang sok ngusapin air mata pacar kalian yang berjatuhan. Yah walaupun sebenernya aku gak tau apa sih hubungannya, haha. Mungkin bikin pasangan baper kali, trus berprasangka.

“Kok kamu ngasih saputangan?”

“Biar kamu bisa mengusap sendiri air matamu ketika aku kelak pergi.”

Hmm, coba deh, usap air matanya pake duit. Pasti dia luluh sama kamu.

#aihsadap #JombloWINS

  1. Duduk di depan pintu bikin susah jodoh.

Yaiyalah, secara duduk di depan pintu bikin orang ogah bertamu. Lah, jalan masuk rumah lu haling-halangin. Padahal siapa tahu kan tamunya itu ternyata jodohmu. Belum lagi kalo lu duduknya pake rok, terus keliatan. Ehem. Mana ada yang mau, ye kan.

  1. Bersin tanpa ada sebab tanda ada yang kangen.

Ini gak ada penjelasan rasionalnya. Cuma mau ngabarin, pantes akhir-akhir ini sering tiba-tiba bersin tanpa sebab.

  1. Memotong kuku di malem hari bikin umur pendek.

Memotong kuku di malem hari, tentu gak bakal seterang di siang hari. Apalagi kalo lu kena pemadaman karena udah nunggak cicilan listrik berbulan-bulan. Niat mau motong kuku eh kepotong yang lain. Hayoloh.

Bahkan udah jadi film aja ya.

  1. Membuang sisa makanan bikin keluarga kelak gak harmonis.

Kalo udah dimasakin istri, ya dimakan sampe habis. Kalopun itu beli di luar, itu kan dari duit suami. Ya bayangin aja, udah usaha, trus makanannya ga diabisin, malah dibuang. Marah ga?

  1. Bangun tidur kesiangan bikin rezeki ilang.

Secara nanti bakal telat masuk kerja, trus kalo dipecat, ya gimana?

Kalo bikin usaha sendiri? Ya bodo amat, telat buka usahanya, juga ngilangin kesempatan dapet pembeli, kan?

  1. Kalo kebelet BAB, coba ngantongin batu aja.

Apapun deh, yang bisa diremes. Gak harus batu, sih. Cara ini biar pikiran kita gak cuma terkonsentrasi di kebelet BABnya. Biar gak kepikiran kalo lagi kebelet, gitu.

  1. Memakai payung di dalam rumah bikin kesukaran hidup.

Ngapain juga lu pake payung di dalem rumah. Kalo rumahnya lagi rame, banyak orang, yang ada nanti payungnya bakal nyolok-nyolok ke mata. Nah, kalo orangnya keganggu, trus lu dikeroyok, trus sakit jadi gabisa kerja ga dapet duit. Kan hidupmu jadi serba susah, pak.

  1. Kejatuhan cicak pertanda sial.

Entahlah, aku udah kehabisan ide. Lah wong yang jatuh cicaknya, kok kita yang kena sial. Harusnya kan cicaknya.

Sebenernya, kalo bagiku sendiri, sih, mitos ini ada yang emang punya penjelasan ilmiah. Selain itu, orang tua zaman dulu emang sering nasehatin anaknya biar nurut pake ancaman-ancaman kayak gini. Bukannya nakutin, sih. Tapi, emang dari dulu, orang Jawa telaten dan sangat berhati-hati. Harusnya sih gitcu.

Trus, bukannya menolak budaya yang ada dan berkembang, sih. Cuman, emang kita gak perlu mempercayainya. Hidup dan mati, sial dan untung, jodoh dan jomblo, udah ditentuin sama Yang Bikin Hidup. Kalo terlalu dipercayain, nanti kejadian beneran, loh. Mihihi. Jadi, nikmatin aja hidupmu. :3

Muhamad Mustain

Mitos-Mitos dan "Penjelasan" Logisnya

Karya Muhamad Mustain Kategori Budaya dipublikasikan 15 Maret 2017
Ringkasan
Sering nggak sih, kalian denger mitos-mitos yang ada di Jawa? Meski zaman sudah berkembang, tapi mitos-mitos ini masih ada yang berkembang di masyarakat, loh. Kok bisa sih sampe ada mitos kayak gini? Hmmm. Mari kita bahas.
Dilihat 30 Kali