Kata Siapa Sabar Ada Batasnya ?

muji cahyo wijaya
Karya muji cahyo wijaya Kategori Catatan Harian
dipublikasikan 10 Januari 2018
Kata Siapa Sabar Ada Batasnya ?

Sabar bukan hanya soal berapa lama kamu sanggup menunggu, melainkan tentang bagaimana sikapmu selama kamu menunggu.  Sabar merupakan sebuah kata yang sangat sering kita dengar, namun percaya atau tidak bahwa sikap sabar tidak mudah dijalankan oleh oleh semua orang. Terkadang banyak orang berusaha sabar terhadap suatu hal, namun mereka membatasi tingkat kesabaran mereka sendiri, itu wajar karena manusia memang penuh dengan keterbatasan. Tapi lihat yang Allah janjikan tentang keutamaan sabar dalam QS. Az-Zumar : 10

“Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabaralah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas”

Lihatlah bahwa Allah menjanjikan pahala yang tak terbatas jika kita mau untuk bersabar, lalu mengapa kita tidak menjadi salah satu orang yang beruntung tersebut ?

Bersabarlah, maka kita akan melihat betapa dekatnya kelapangan dalam hati kita untuk mendapatkan kebaikan didalam dunia dan akhirat. Terkadang diam adalah tindakan terbaik  saat kita membutuhkan kesabaran. Diam dalam hal ini berarti kita hanya diam tanpa tindakan, diam atau stagnan sama saja tidak akan menyelesaikan masalah. Diam disini adalah kita membutuhkan waktu “jeda” untuk rehat sejenak dalam permasalahan yang ada, lalu kita memirkan cara selanjutnya untuk meyelesaikan masalah tersebut. Tenang dalam diam adalah salah satu cara untuk menyelesaikan masalah, kita tidak harus selalu aktif ketika masalah datang, ambil nafas dalam dan biarkan otak kita beristirahat sebentar lalu merenungkan apa yang menjadi kendala dalam menghadapi ujian itu. Menurutku diam bukan berarti selalu kalah, diam digunakan sebagai salah satu cara dalam memenangkan sebuah pertandingan.

Bersabar dapat membuat jika lebih tenang dan terkontrol, melalui kesabaran kita diajarkan untuk bisa mengendalikan diri agar tidak terjerumus kedalam hal-hal negatif. Sabar juga membantu kita untuk memandang sebuah permasalahan dari segi positif karena ujian hidup bersifat sementara, berikut kutipan teks dari video dari Ustadz Hanan Attaki, beliau merupakan founder pemuda hijrah: Berdakwah secara Asik, Gaul, Tetap Syar'i

Allah kalau kangen sama hamba-Nya dikasih ujian

Hamba yang kayak gimana ?

Hamba yang kalau gak dikasih ujian gak deket sama Allah

Sehingga kalau kangen sama kita, yang nggak deket sama Allah nih, suka lupa sama Allah

Allah kasih kita ujian, tapi ujian yang dikasih juga ujian yang InsyaAllah masih ketahan sama kita

Karena Allah gak mau ngasih kita ujian yang mencelakai kita

Kalau itu terjadi, namanya bukan ujian tapi namanya adzab

Kenapa ?

Karena Allah kangen dengerin curhatan kita di sepertiga malam

Allah Kangen ngeliatin kita menangis dan manja kepada Allah

Allah Kangen kita bangun tengah malam atau sepertiga malam untuk berdoa kepada Allah

Allah kangen, makanya dikasih ujian dikit

Tapi ujian yang dikasih ujian ke kita tuh sedikit dibandingkan yang Allah hindarkan dari kita

 

Percayalah akan ada kebahagiaan jika kita mau untuk bersabar, Selama kita mau berlapang dada dan ikhlas menerima segala kejadian yang menimpamu, kamu pun akan dapat merasakan bahagia pada akhirnya. Yang terpenting adalah jangan pernah menyerah pada keadaan. Setiap masalah yang kita terima adalah bagian dari rencana Allah, aku yakin tidak akan pernah ada rencana Allah yang memberikan kerugian bagi kita. Jangan pernah berburuk sangka terhadap kehendak-Nya.

Jika kita berselisih paham terhadap seseorang, jangan pernah terlintas dipikiran kita untuk melakukan balas dendam, tindakan tersebut akan membuat kita terlihat sama dengan orang yang telah melakukan kejahatan kepada kita, sikap memaafkan didasari oleh kesabaraan. Allah saja memaafkan dosa-dosa kita yang buanyaaak banget, masa kita tidak bisa memaafkan segelintir orang hanya melakukan secuil kejahatan terhadap kita ?

Pilihan sebenarnya ada dalam diri kita sendiri, apakah kita bersabar dengan diam dan memecahkan permasalahan dengankepala dingin atau melampiaskan dendam hanya untuk memenuhi hasrat dan nafsu kita ?

Sabar juga bukan hanya dalam masalah dunia loh, menunggu yang halal dan berusaha menjadi yang halal juga butuh kesabaran kan ?

 

  • view 36