DADAKAN KELILING

Karya April Kinsky Kategori Wisata
dipublikasikan 26 Mei 2018
DADAKAN KELILING

Tanggal 7 April 2017 tepatnya pukul 16.20 WIB aku berangkat ke Surabaya untuk perjalanan travelling ku yang ke -5 yaitu ke gunung Bromo. Kenapa aku ambil keberangkatan PP Jakarta to Surabaya karena tiket pesawat yang murah hanya ke Surabaya sekitar Rp. 2.000.000

kalau aku ambil tiket pesawat Jakarta to Malang itu returnnya sekitar Rp. 1.000.000 kurng lebih. Aku tiba di Surabay pukul 18.30 setelah tiba aku sudah menyewa driver untuk pergi ke kota Malang biaya penyewaan driver sikatar untuk 3 hari yah Rp. 1.500.000 itu sudah include dengan tol, bbm, dan parkir. Perjalanan saya ke kota Malang ditempuh dengan 3 jam dari kota Surabaya. Sebelum ke hotel saya maampir untuk mengisi perut terlebih dahulu di warung nasi goreng MAFIA yang tepatnya terletak di jl. IR. Soekarno kota Surabaya disitu recommendied bgt tempatnya untuk para traveller yang mempunyai bugjet low dan bingung untuk mkan enak dan murah cocok bgt warung nasi goreng Mafia itu. Harga 1 porsinya hanya Rp. 15.000– 25.000 murah banget kan, makanya kalau ke kota malang jangan lupa untuk mampir di nasi goreng mafia, selain dengan harga murah mereka menyediakan berbagai macam menu nasi goreng dengan nama aneh dan rasa yang oke bnget.

Setelah makan saya pergi kehotel dekat kota Malang yaitu Swiss Belinn Hotel per mlamnya aku dapatdi agoda itu haanya Rp. 345.000/nett nett,padahal harga normalnya Rp. 1.543.000. Aku mengambil untuk 3H2M disana hanya mengabiskan Rp. 824.000 sudah termasuk pajak dan breakdfast. Kamar delux yang ku pesan langsung menghadap ke mountain view.

Beruntungggggggggg bgt kalau bisa d bilang, tepat pukul 10.00 saya sampai di hotel istirahat dan prepare selama 2 jam , karena di jemput oleh gaet bromo ku pukul 00.00 WIB. Setelah pukul 00.00 WIB aku di telfon oleh sang gaet ciiieeelllaaHhh sang gaet aku turun dan berangkat ke bromo dengan bertemu teman trip bromo ku yang baru-baru 1 jeep diisi dengan 5 orang di depan 1 + 1 supir dan d belakang 4 orang,

Aku berkenalan dengan irma dia dari kalimantan barat tepatnya kota Balikpapan dan bekerja di sebuah perusahaan BUMN yaitu PLN, lalu wine dia dari Sulawesi tepatnya di kota Manado dia juga seorang wanita karier yang bekerja di pemerintahan tepatnya kantor walikota Manado dia bersama teman laki-lakinya yang bernama Sulaeman dia juga sama dengan Wine berasal dari kota Manado dan bekerja di kantor walikota sana, dan yang terakhir ada temanku dari Korea Selatan tepatnya dari kota Seoul namanya Oppa Sungyoung Kang dia berprofesi sebagai guru SD. Kami ber 5 menempuh jalan ke Bromo sekitar 1,5 jam dengan menggunakan jeep.

Rasa dingin, capek, ngantuk, pegel kita semua merasakan tapi untuk mendapatkan pengalaman yang indah dan menikmati suasana gunung Bromo. Setelah sampai di penanjakan 1 bromo kami ber 5 pergi ke warung sebentar untuk menghangatkan diri sejenak dengan meminum secangkir teh atau makan indomie, atau minum wedang jahe sambil berkenalan dengan wisatawan lainnya. Sekitar 1 jam kami duduk diwarung itu

Setelah pukul 04.00 Kami naik ke penanjakan 2 hanya sekitar 35 menit saja tapi jangan khawatir kalau ada yang tidak kuat menanjak ataupun tidak suka berjalan jauh tenang disana menyediakan ojek untuk diantar ke penanjakan 2 harga ojek itu sekitar Rp. 20.000, tapi kalau buat saya sih menghemat saja karena lebih asik jalan kaki secara bersama-sama karena tidak akan terasa capeknya kalau berbarengan dengan orang lain.

Tiba di penanjakan 2 yeaaaaayyyyy,,, pas saya lihat ya ampun itu tempat sudah penuh full dengan para wisatawan asing maupun lokal, ada yang masang tenda, ada yang menyewa materas untuk duduk... tapi kalau aku dengan oppa sungyoung tidak menyewa apa” kami langsung berjalan kedepan view paling depan dekat pager, disitu kami berdiri untuk menantikan sunrise yg keren bgt. Saat berdiri disitu dalam keadaan yaang gelap gulita tidak ada pencahayaan hanya cahaya lampu handphone saja, ditambah udara yang dingin banget.... haaaa pokoknya seru deh, disitu saya berkenalan dengan rombongan dari kementrian keuangan tapi saya hanya berkenalan dengan 1 orang saja yang bernama mas windu dia juga jauh-jauh datang dari jakarta ke bromo hanya untuk menyaksikan sunrise, tapi kasihannya dia cerita sudah 3x ke bromo belum pernah melihat sunrise hahahaha sungguh malang nasibmu mas tapi jangan khawatir next time kamu akan melihat sunrise mungkin di jakarta hahahaha .....

Waktu sudah menunjukkan pukul 04.30 WIB seharusnya sudah ada sunrise tapi kenapa masih gelap yah. Sumpah perasaan sudah pesimis bgt berharap sunrise ada tau”nya saya pun nit get lucky, sama seperti mas windu mungkin saya kualat x yah sama mas windu karena sudah meledek dia hahahha.

Dan ternyata benar kami sudah menunggu rela tidak tidur semalaman ,,, ehhh malah gak dapet view sunrisenya dikarenakan banyak kabut dan dipukul 05.30 WIB hujan huhuhuhuuuuu sedihhhh ... tapi tidak apa” mungkin aku disuruh balik lagi untuk mengunjungi bromo.

Pukul 06.00 WIB aku dan oppa turun karena jeep kita sudah menunggu untuk jalan ke destinasi berikutnya, disela perjalanan turun  aku merayu oppa untuk membelikan 1 ikat bunga edelweis atau bunga keabadian ciiieeeeee , bunga ini adalah bunga khas bromo jadi kalau kalian main atau mengunjungi bromo jangan lupa membeli oleh” bunga edelweis sebagai souvenir kerabat kalian murah kok harganya hanya Rp. 20.000 saja.

Setelah membeli aku dan oppa makan di warung penanjakan 2, aku dan oppa sangat lapar yah kami memesan indomie dan air putih hangat untuk mengganjal perut saja. Tapi biasa yah namanya tempat wisata kalau makananya tidak mahal namanya bukan tempat wisata , harga 2 indomie saja bisa Rp. 25.000. Hadehhhhh sungguh terlaluuuuu ..... Kenyang sudah kami, lanjut turun untuk menemui rombongan saya di jeep dan ternyata eng,ing,eng rombongan sudah full di mobil mereka menunggu saya dengan oppa hahahha.... untuk menuju ke bukit savana kami hanya memerlukan waktu sekitar 45 menit saja.

Disitu aku baru teringat bahwa bunga yang oppa kasih untuk aku tertinggal di warung indomie tadi haaaaaaaaaaa sungguh menyedihkan ..... lucunya lagi oppa selalu menghibur kami dengan dia tidur di jeep selaalu saja kepalanya terjedut pintu jeep alhasil benjol hahahha sabar ya oppa ????????. Pukul 07.30 aku dan yang lain telah sampai di Bukit Savana dimana isinya hanya bukit hijau yang mengelilingi luasnya bromo. Disitu kami berfoto-foto saja dan ditambah saat itu rumputnya masih belum berwarna kuning.

Tapi disutu kami tetap tidak berkecil hati kaami tetap menikmati explore bromo kok heheehe. Selesai mengambil foto dibukit savana kami semua menuju hal yang kami sudah tunggu”yaitu ,menanjak ke kawah gunung Bromo hahya memerlukan waktu sekitar 15 menit saja untuk sampai di tempat titik ke 2 yaitu gunung bromonya . Dimana para wisatawan asing maupun lokal dipaksa untuk berjalan kaki menanjak gunung bromo dengaan jarak tempuh kalau pelan -pelan mungkin adalah ya 1 jam kalau cepat mungkin 45 menit untuk sampai keatas. Tapi guys jangan senang dulu , disamping itu kami harus berjalan lagi menaiki anak tangga sebanyak 250 anak tangga untuk melihat kawah bromonya. Wihh benar-benar perjuangan banget ya untuk mendapatkan foto profil yg bagus dan dimasukkan medsos hahahahahaha pencitraan sekaliiii sayah hahaha....

Tapi aku memutuskan untuk tidak berjalan kaki untuk sampai di depan tangga bromo. Aku memutuskan untuk menyewa kuda , cukup mahal memang tapi ada asiknya bisa berfoto dengan kudanya dan berkeliling bromo dengan kuda tersebut. Sampai diatas saya sudah tidak terbayang lagi betapa capeknya naik anak tangga 250 buah omg, mau tidak mau untuk melihat kekuasaan yang allah swt ciptakan. Akhirnya sayapun naik walaupun pelan – pelan tapi pasti akhirnya 30 menit saya menaaiki anak tangga tersebut dan sampai d puncaknya yeaaaayyyyy bahagia itu sederhana ternyata, mendapatkan apa yang kita inginkan hati terasa benar-benar tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata.

Tapi kalau asap blerangnya sedang tebal kuta dihariskan membawa masker karena tidak boleh menghirup terlalu lama asap blerang tersebut dikarenakan bisa membuat paru-paru kita rusak. Dan konon dulu zaman saya kelas 3 SD waktu saya menaiki Bromo ini kalau kita melempar uang koin ke dalam pinggiran kawah tersebut ada anak-anak kecil mungkin seusia saya yang mengambili uang tersebut konon katanya kalau kita melempar kita harus menyebutkan apa keinginan kita ya istilah gaulnya mequise gt deh udah kaya ulang tahun aja hahahha. Aku gak lama berada diatas situ karena tidak kuat dengan asap belerangnya akhirnya aku turun menuju ke kuda ku si Blacky untuk mengantarku kembali ke jeep. Sebelum kembali ke jeep aku mengabadikan moment bersama dengan si blacky di sepanjang perjalanan turun dari puncak bromo.

Sampai di jeep aku merasa sudah puas sekali bermain di gunung bromo tersebut. Lanjut lagi ke destinasi 3 yaitu bukit teletubies, kenapa disebut dengan bukit teletubies dikarenakan banyak bukit disana yang berbentuk seperti di film teletubies cumaa gak ada matahari yang bisa ketawa aja hahahaha.... disana kaami menghabiskan waktu untuk berfoto lagi bersama tapi kali ini kami menghabiskan foto di atas jeep yang kami sewa. Disitu hanya 30 menit kami untuk mengambil gambar setelah selesai nah ini destinasi yang sempat hits oleh Dian Sastro, berkat filmnya yang berjudul pasir berbisik nama destinasi ini mulai dikenal oleh banyak wisatawan dan banyak wisatawan yang ingin mengunjungi tempat ini.

Kami ber 5 menuju ke pasir berbisik kira-kira berkisar hanya 15 menit untuk sampai disana dari bukit teletubies . Disana kaami tidak turun jarena sudah capek sekali yah mata sudah mengantuk dan lelah sekali .... di pasir berbisik banyak wisatawan yang bermain motor cros gitu, lalu banyak juga yang belajar untuk membawa kuda sendiri ada juga yang berfoto diatas jeep, dan kami hanya lewat saja karena kami mengejar waktu juga untuk pulang ke hotel.

Karena jam habis trip kami pukul 13.00 WIB, dengan perjalanan pulang yang kami tempuh kurang lebih 2 jam dari bromo untuk sampai ke kota Malang..... macet sekali di kota Malang karena banyak lampu merah disetiap jalan. Selaain itu lampu hijaunya hanya sebentar saja hadehhhh sungguh menyebalkan, kami sudah selerti zombie yang tidak tidur semalaman hahahaha. Tapi ada obat yang bisa membuat mata kami melek lagi yaaitu dengan memakan nasi rawon.

Sebenarnya nasi rawon itu khas surabaya, tapi jangan khawatir di malang juga banyak kok outlet nasi rawon . Dan yang sudah mewabah di Malang itu nasi rawon Djenggot itu terkenaal enak, sambelnya endessss banget ditambah tekstru dagingnyaa yang empuk, pokoknya gak menyesal deh makan di nasi rawon djenggot harganya juga relatif kok masih cocok untuk para backpaker. Makan sudah sekarang tinggal balik ke hotel masing - masing untuk istirahat full dan bersih – bersih akhirnya aku dan oppa balik ke hotel untuk beristirahat di kamar masing-masing. Benar-benar gak terasa tiba – tiba aku terbangun sudah pukul 21.00 WIB gilaaaakkkkk gatot banget buat belinoleh-oleh dan main ke kota Batu, aku tertidur dengan pulasnya mungkin sudah benar-benar capek banget ini body. Akhirnya saya memutuskan untuk membeli makanan lewat gojek yaitu Nasi uduk pecel Bebek, itu murah banget saya go food Cuma Rp. 30.000 dengan menu bebek ,nasi uduk, tempe dan tahu. Akhirnya makan juga kenyangggg dengan porsi yang banyak sekali itu nasi uduk cocoknya 1 porsi untuk 2 orang. Waktu menunjukkan pukul 23.00 WIB, kok sudah mulai mengantuk lagi kayaknya sudah tidak bisa lagi tertahankan efek makan nasi uduk bebek hahahha, gak lama berleyeh-leyeh di kasur akhirnya tewas juga alias tidur hahahahaha....

Tanggal 9 April 2017 pukul 07.00 WIB aku bangun dan body sudah seger banget untuk mengawali aktivitas pagi, bangun cek schedule,langsung pergi mandi dan siap-siap. Segerrrr dan wangi sudahhhh diriku ayeayyyyyyy, ok waktunya packing untuk pulang ke Jakarta. Beres sudah packing aku pergi ke lantai 1 hotel untuk breakfast atau sarapan atau makan atau apalah hahaha, hanya makan roti bakar gandum yang dilapisi isi selai strawberry dan coklat serta segelas jus orange ahhh itu saja sudah kenyang sekali perut ini. Wajtu menunjukkan pukul 09.00 WIB aku dan oppa segera check out dari hotel dan kami di jemput oleh supir kami yang bernama Bpk. Bambang aseli bapak ini ramah sekali dan sudah cukup tua juga. Sebelum ke bandara aku sama oppa mampir sebentar untuk membeli oleh -oleh di gudang oleh-oleh tepatnya di Jalan Simpang Tenaga 2 No.12,Purwantoro, Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur 6512,

Banyak sekali macam pilihan oleh-oleh disini, mulai dari keripik buah khas malang sampai khas luar daerah malang pun ada, dan aku benar-benar kalap kalau untuk hal shopping biasalah ya wanita gak bisa lihat trolli sedikit bawaannya pengen dorong aja hahaha. Banyak sekali yang aku beli disana ada apple strudle itu enak banget dan recommend bgt harganya sekitar Rp. 60.000/kotak, almond chrispy yang lagi hits disininpun ada harganya Rp. 55.000/kotak, keripik pisang original Rp. 15.000/bungkus ,keripik buah khas malang Rp. 15.000/bungkus,kopi robusta karena aku juga pencinta coffe akhirnya aku membelinya Rp. 45.000/bungkus di tambah kue jajanan tingting hahaha itu paling murah Rp.15.000/bungkus.

Selesai belanja gudang oleh-oleh karena wajtu menunjuk pukul 11.00 WIB aaku takut terkena macet di Surabaya karena perjalanan yang kami tempuh Malang – Surabaya 3 jam, mengerikan sekali kalau sampai akhirnya tertinggal pesawat tidak apa menunggu lama yang penting tidak tertinggal pesawat. Di dalam perjalanan aku hanya bisa tidur sampai terbahgun sudah di depan bandara Junanda Internasional. Benar-benar l3lah berarti hayati ini bang hahaha.... sampai pukul 13.30 WIB, aku sama oppa lunchy cantik dahulu karena kami lapar sekaali yah .... sudah makan tetap saja kami menunggu untuk boarding pukul 16.50 WIB 2 jam kami menunggu di luar bandara

2 jam sudah kita menunggu akhirnya jam 15.30 WIB kami masuk untuk tukar tiket dan dapat di gate 3ok fix kami pun OTW ke gate 3 kami disitu menunggu selama 1 jam ok, daan ternyata jegeeeerrrrrrr....jeeeggggeeerrrr...... pesawat kami delay 2 jam ???????????????? sumpah benci banget sama maskapai ini kenapa selalu delay, sekalinya delay tidak karuan langsung 2 jam. Akhirnya aku dan oppa menunggu seperti zombie bandarabyang Cuma hanya bisa menghabiskan uang kami untuk makan di bandara. Ya you know lah makanan di bandara itu gak murah aqua aja biasanya di warung Rp. 5.000 di bandara bisa Rp. 20.000/botol sadiiiisssss .....

Akhirnya aku dan oppa menunggu dan bersabar kami menunggu sampai pindah 3x restoran untuk makan, ngopi, dan main wifi hahahaha... jam sudah menunjukan 16.30 WIB aku dan oppa masuk lagi ke gate 3, dan itu semakin full saja and you know ternyata staffnya mengumumkan kembali bahwa ada keterlambatan pesawat kami dari surabaya menuju jakarta itu sekitar 1 jam lagi. Gilakkk disutu murkanya gw,gak pakai banyak okong aku pun langsung maju ke depan dan memarahi staff bandara tersebut dengan meminta informasi sebenarnya .... seenaknya saja mengganti jadwal penerbangan, and first time nya lagi baru kali ini yang biasanya saya hanya bisa melihat pejumpang dan pramugari berantem. Kali ini saya yang berkecimpung didunia itu omg betapa merasakannya menjadi orang yang memarahi karyawan bandara. Hanya meminta kepastian kami semua yang menuju Jakarta dapat beranhkat pukul berapa ???? Mereka selalu plin plan dengan jawabannya. Singkat cerita sampai akhirnya kami berangkat juga pukul 19.30 WIB, dan kami semua dipindahkan ke gate 4, akhirnya pulang juga di Jakartabsepanjang di perjalanan aku dan oppa sudah teramat lelah ya karena kami menunggu jam terbang pesawat yang begitu lama hampir 8 jam kami di bandara juanda itu. Yasuddaahhhlllaaahhhh namanyaa juga pengalaman ,

Tibalah di Jakarta pukul 20.50 WIB, kami masih menunggu supir grab yang lama juga datangnya akhirnya aku dengan oppa berpisah di bandara dan pulang kerumah masing-masing, gilakkkkk capek, rentek, pegel, ngantuk, laper, emosi, darting mau makan orang rasanya .... karena masih ada satu perjalanan lagi yang harus aku selesaikan aku harus balik ke kota Karawang entah berapa lama aku sudah benar-benar tidak bisa membuka mata saat di grab. Setelah aku lihat jam sudah pukul 00.00 WIB omg capeknya .... body ini tapi ceritanya yang gak pernah bosan.

Jadi aku selalu mengambil semua hikmah di setiap perjalanan trip aku walaupun ada saja hal tidak kami inginkan. Aku selalu bersyukur dengan apa yang aku miliki sekarang. Dan selalu bangga denganmu INDONESIA betapa kayanya negerimu ini penuh dengan wisata yang indah. Jangan bosan ya untuk membaca kisah trip aku selanjutnya siapa tau dengan ceritaku ini seemuanya menjadi bermanfaat