Memastikan

mirzam muh
Karya mirzam muh Kategori Catatan Harian
dipublikasikan 20 November 2017
Memastikan

Memastikan

 

Sekitar 5 tahun yang lalu, saat masih di surabaya. Saya punya seorang kawan. kalau dibilang, saya perlu banyak belajar darinya. Meski waktu itu saya baru-baru mengenalnya.

Suatu kali saya  diajak kawan saya itu menjenguk temannya yang sakit. Rumahnya lumayan agak jauh dari asrama. Dibilang Jauh, ya karena saat itu dia mengajakku jalan kaki, hehe.

"Sambil ngobrol-ngobrol di jalan". katanya.

***

"Sebentar Mir'. Ucap dia menghentikan langkah kami tepat di depan toko kelontong.

2 botol teh kemasan diambilnya dari lemari pendingin lalu membayarnya.

Satu diberikan untuk ku,  dan kami melanjutkan perjalanan kembali.

 

tapi,...

saya merasa ada yang aneh.

Kuperhatikan sejak tadi , ia hanya membolak-balik balikkan botol itu.  Padahal, saya sudah minumnya hampir separuh.

"Ada apa mas, ko gak diminum?". tanyaku

"Ndak papa", jawabnya sambil berlalu.

Obrolan-obrolan ringan tak terasa kami sampai di tempat tujuan. Meski rasa penasaranku tadi belum mendapat jawaban.

 

" lah ini apa, dari tadi saya cari-cari gak ketemu".

"Apa mas?" tanyaku.

"Ternyata nyempil kecil di sini" sambil jempolnya menggosok-gosokan sesuatu. seolah-olah menunjjukan logo dari MUI. Senyum sumringah, di bukanya  tutp botol itu dan diminumnya.

Belum sampai menutup botol itu kembali, seketika itu rasanya saya pengen berkomentar.

"Itu kan hanya teh, mas. Ya jelas halalnya". Ungkapku.

" iya, bener sih ini hanya teh. Tapi kita kan belum tahu proses pembuatannya seperti apa. Bisa jadi kan ada bahan-bahan lain sebagai campurannya".

"Setidaknya kalau sudah ada dari pihak MUI kan sudah ada yang menjamin kehalalannya."

"Saya hanya memastikan saja". Tegasnya.

 

***

Sudahkah kita memastikan kehalalan makanan yang kita makan, minuman yang kita minum.

Pakaian yang kita pakai. Kendaraan yang kita gunanan. 

Barangkali semua itu sudah halal tapi cara mendapatkannya tidak.

Sudahkah kita memastikan kesemua itu tak ada subhat atau riba didalamnya?.

 

Maka kupastikan minuman ini sudah ada logo halalnya. Dan kupastikan pemilik minuman ini lupa..haha

Soalnya udah lebih dari seminggu yang lalu  minuman ini tertinggal di meja warung saya.

Saya amankan aja deh di kulkas, barangkali saya pengen untuk meminumnya...wkwkwk

 

November2017

Tangerang,

Mirzam_Muh 

  • view 82