Menikah, Apa Niatmu?

Maharevin
Karya Maharevin  Kategori Renungan
dipublikasikan 24 Agustus 2016
Menikah, Apa Niatmu?

Meyakini bahwa jodoh itu di tangan Allah memang benar, tapi jauh lebih afdol, sebelum menjejak dunia pernikahan, tentuin dulu niat kamu menikah untuk apa?

 

Menikah, siapa yang tak mau? Hehe Pasti kalian juga mau kan? Hehe, Pertanyaan, ama siapa? Nah, jawaban itulah yang harus kamu cari? Setuju gak?

Memang sudah menjadi sebuah kepastian, ketika keturunan Nabi Adam lahir, ketika usia kita baru 4 bulan, Allah memerintahkan malaikat untuk meniupkan ruh kepada rahim calon ibu kita. Seiring dengan itu juga, sudah tetaplah segala garis takdir kehidupan kita. Mulai dari rezeki, ajal, hingga urusan jodoh.. klo urusan ayat berapanya, tanyain ajah dah ama KH. Miftah Faridl, hehe,,

Sebetulnya, pada poin inilah yang membuat saya merasa yakin, bahwa Allah telah merencanakan sebuah nama untuk jadi pasangan hidup saya kelak. Perkara dengan siapa dan kapan, serta bagaimana kejadiannya, tentulah masih misterius. Dan justru, hal inilah yang membuat hidup menjadi lebih dramatis dan penuh tantangan. Tul gak?

Ya, kalau dari awal kita udah tahu, kapan kita diberi rezeki, kapan kita akan meninggal, terus dengan siapa kita akan membangun rumah tangga, yah, kayaknya gak seru.. Ibarat nonton film yang baru rilis di bioskop, kita sangat excited terhadap film tersebut, tapi eh tapi pas nonton, di samping kita ada yang spoiler,, duh itu enggak banget.. ganggu! Hehe

Yah, mungkin sama ajah kayak rezeki, ajal, atau, jodoh. Ada kalanya, hal-hal tertentu memang baiknya menjadi misteri saja…

Oke,, lanjut yah.. Tapi sebelum itu, kalau menurut saya, di samping kita ikhtiar meniti lika-liku perjalanan cinta kita, ada satu hal yang harus bisa kita jawab dengan amat sangat jelas. Yaitu, tentang niat menikah.. yah, pasti semuanya udah pada ngerti kan?

Tentang niat ini rupanya tidak sembarangan, Teman. Konon kata orang tua, ketika kamu menikah namun tidak punya niat (pijakan) yang melandasi kamu harus menikah, itu ibarat berjalan di atas sepotong kayu di tengah samudera.. hehe pasti tenggalam.. Entah itu Goyang diterpa ombak, karam dihantam batu karang, atau terdampar bersama sauh perahu layar..

Yang pasti, niat ini menjadi bagian dari rencana.. sebab, tiada ada insan, khususnya umat Islam yang berencana membangun rumah tangga untuk gagal toh? Maka dari itu, menurut saya, niat menikah ini penting banget..

Menurut pengamatan saya, sebagai  jomblo produktif di Indonesia, dari ragam macam niat manusia di dunia ini yang telah menikah, kalao boleh saya klasifikasikan (walaupun maksa), terbagi jadi dua. Ada yang niat menikah karena Lelah, ada juga karena Lilah.. aseek..

Maksudnya lelah gimana? Ya, lelah ajah, misalkan lelah karena di bully, lelah menghadapi pertanyaan karib kerabat, kolega, atau teman sejawat. Bahkan mungkin lelah ditanya oleh ibunya sendiri. “Nak, kapan kamu menikah? Ibu udah gak kuat mau nimang cucu,” hayoo siapa yang kayak gitu?

Terus kedua, karena Lilah, atau terjemahannya, karena Allah.  misalkan untuk menjaga izzah diri agar gak jatuh ke perzinahan. Kan itu juga masuk kategori menikah karena Allah, menikah karena ia meyakini bahwa menikah salah satu sunnah Rasul, ajaran Islam. Atau demi memperluas sayap dakwah. Nah, kalau niatnya gitu, masuknya menikah karena Lilah, demi tegaknya syiar Islam. Dengan asumsi, pas nikah nanti urusan saling bekerja sama dalam dakwah, tidak menjadi fitnah..

Nah, dari dua kategori itu, kamu yang mana? Tapi eh tapi di sini saya tidak ingin menghakimi sih,, ya itu mah pilihan ajah.. niat menikahmu yang mana?

Meyakini bahwa jodoh itu di tangan Allah memang benar, tapi jauh lebih afdol, sebelum menjejak dunia pernikahan, tentuin dulu niat kamu menikah untuk apa? Semoga Allah membimbing kita agar bisa dengan mudah menemukan jawabannya.. selamat mencoba.. jangan lupa doain saudaramu yang juga punya niat menikah di tahun ini.. good luck yah,, []

 

@Maharevin

~Bandung, 24 Agustus 2016


  • SAM FIRDAUS
    SAM FIRDAUS
    1 tahun yang lalu.
    ada yang bilang, Menikah = Mesra, Nikmat, Berkah

    • Lihat 20 Respon