Dear Saturnus

Inna Zhuly
Karya Inna Zhuly Kategori Cerpen/Novel
dipublikasikan 09 Februari 2016
Dear Saturnus

?

Dear Saturnus?

Rasanya aliran darah pada tubuh ini semakin mendesir kuat tak dapat dikendalikan setiap menemui diri ini sedang bercengkrama dengan pria humoris yang satu itu. Laki-laki yang selalu membuat lengkungan di bibir ini. Laki-laki yang selalu membuatku merasa lebih tenang dalam apapun dan bagaimanapun keadaanku. Laki-laki yang selalu muncul dengan hal-hal baru yang tak pernah aku sangka, ya, sulit ditebak. Laki-laki yang sangat mengerti dan memahami aku, bukan hanya sekedar mendengar. Laki-laki yang selalu mengundang banyak tanya, ya, tak jarang aku menganggap diriku ini terlalu kepo. Laki-laki yang slalu bikin aku cemburu karna terlalu baiknya dia kepada semua orang, Laki-laki yang kadang juga bikin naik darah karna ke?nakal?annya. Huft, entahlah.. Tapi aku suka semua tentang dia, apapun.

?

****

?

Pagi itu, seperti biasa kami bertemu di titik Nol km kota Pelajar. Dia datang dengan wajah yang sumringah seperti biasanya sambil membunyikan bel sepedanya. Dan seperti biasanya juga, tangannya mendarat halus di kepalaku yang membuat jilbabku sedikit berantakan, seperti biasanya. Dengan ucapan, ?Good morning mba Nanda??. Satu kalimat dalam satu tarikan nafasnya yang membuat mood pagiku memburuk namun dengan kilatnya, saat itu juga akan berubah menjadi tawa kehangatan, mood yang bener bener good, haha dasar cewek moody. Ya, seperti biasanya.

?

?Biar aku awet muda loh Nda, keliatan unyu-unyu gitu.. Haha?

?Udah berapa kali aku ingetin jangan manggil aku mba! sini cubit!!?

?Eciyee ada yang ngambek pagi-pagi loh, mandi ajah belom, itu udah manyun-manyun bibirnya, minta cium yaa, mandi dulu sanaa.. Hahaa?

?Bicara itu mudah. Berbohong adalah dosa manusia. Ada seringai di bibirmu dear ? Itu senyum apa? Jelasin sama aku, senyum apa yang setiap pagi kamu kasih ke aku itu? Mau sampai kapan sih kamu menutupi masalahmu terus. Mau sampai kapan kamu jadi sosok yang memendam rasa perih dibalik kehumorisanmu itu? Kalo ada apa-apa itu mbok ngomong, aku gak bakal tau kalo kamu gak bilang.. Udah berapa kali sih aku bilang, aku itu gak peka!?

?Kok jadi sensi gitu, lagi PMS ya? haha?

?Tau ah?

?Maaf.. Ada apa Nda??

?Kamu semalem kenapa??

?Aku kenapa emang? Aku gak papa kok?

?Yaudah aku pulang?

?E ehh sepedamu ini loh Nda, masa mau ditelantarin sendirian disini, haha tega yah..?

?Mbuh lah?

?Huh, oke Ndaa stop!! Iya aku bakal jelasin?

?

Aku menghentikan langkah, membiarkan tubuhku tertunduk lemas menunggunya menghampiriku. Entah apa yang akan dijelaskannya saturnus, yang jelas saat itu aku benar-benar mengkhawatirkan keadaannya.

?

?Aku kecapekan aja mungkin?

Huh, selalu begitu, batinku. ?Yaudah istirahat aja dulu, gak usah komunikasi sampe capeknya ilang!?

?Itu solusi? ?

?Aku cuma takut kehilangan kamu kak?

?Kamu ngomong apa? Aku gak bakal kemana-mana?

?Terus 2 hari kemaren kemana, gak bisa dihubungi terus!?

?Ehh ehh tuh ada es krim, mau??

?Kemana kemaren!?

?Gak kemana-kemana dear.. Aku juga takut kehilangan kamu?

?Gak ngaktifin nomer seharian itu dibilang takut kehilangan aku? Bullshit!?

?Ndaa, jangan ngomong gitu ah?

?Terus gimana, kamu bikin aku kuatir seharian kemaren, tau-tau tadi bangun tidur ada sms minta ketemu di tempat biasa, bagus! Ngilang aja terus yaa, gak usah ngasih kabar apa-apa?

?Ehh ehh sini peluuk.. Nah, ngrasain kan sekarang? Gimana nduk rasanya digituin?

?Gak enak kaakk!! Huft.. Oohh balas dendam yah ini critanya?

?Haha gak gakk ..?

?Jangan gitu lagii?

?Kamu aja akhir-akhir ini gituin aku terus loh, apa aku pernah marah? Hayooo?

?Aku cuma butuh waku buat semua ini?

?Mau ngapain lagi? Udah deh gakusah aneh-aneh?

?Kak.. Kamu mau sebel sama aku gakpapa. Benci juga boleh. Mau ngabaiin rasa itu (lagi) juga gakpapa banget. Serius ini. Jangan kangen aku yaa , hehe?

?Woo gitu maennya.. Tar ada yang galau lagi, ehm ehm?

?

Aku termenung. Menatap jauh langit pagi itu. Kosong. Membayangkan apa yang akan terjadi jika hal itu benar-benar terjadi. Bukan, bukan kosong, ternyata aku menemukan bayang-bayang halusinasi fikiran negatif yang seakan menutup semua pintu ketenangan. Aku takut saturnus.. Aku takut kehilangan sosok itu. Aku takut.

?

?Hey, kok diem sih, terpesona sama bapak es krim??

?????????? ?Kak.. Dengerin aku dulu, aku cuma takut kalo aku bener-bener harus pindah kampus. Aku cuma takut, kalo kita kaya gini, ntar disana aku galau terus karna gak ada kamu (lagi) gimana coba? Hahahaa udah, udah cukup kemaren-kemaren aku kaya gitu, gakmau lagi kak. Sakit, gak enak?

?Emang kamu mau kemana? Ke planet saturnus? Sejauh apa? Gak ada sinyal atau internet ? Aku udah bilang, biarin ngalir aja, kalo emang ditakdirin bareng yaudah dijalani, jangan jauh-jauh dulu, atau kamu mau membiasakan diri tanpa aku, gitu ??

Ya. Tangannya menggenggam erat tanganku saat itu. Jari jemari kita bersatu, menyatu. Saturnus.. Saat itu aku berdoa agar waktu ini tak segera berlalu. Tatapan matanya membuatku semakin takut kehilangan dia. Kata-katanya yang tegas membuatku luluh dan semakin sulit meyakinkan diri untuk terbiasa tanpa dia setelah sebelumnya pernah merasakan itu untuk beberapa waktu. Dan saturnus, kamu tau? Itu rasanya gak enak banget. Percakapan kedua orangtuaku malam itu benar-benar sudah membuatku bertingkah aneh dan membuat orang-orang disekitarku tidak nyaman dibuatnya.

?

Perpisahan? Aku pernah.

Ini bukan kali pertama. Seharusnya aku baik-baik saja.

?

****

?

Malam itu di bawah hamparan langit malam yang cantik dengan satu bulan dan banyak bintang yang mengiringinya, sedikit membuat kami enggan beranjak.

?

?Kamu udah gede kok.. Ini buat masa depan kamu juga Nda. Dua duanya bagus kan? Cuma masalah tempat dan kenangan? Hehe?

?Iyah iyaa, iya aku udah gede, iyaaa?

?Apaa ? Mau ngambek lagii .. ? Ehh liat deh?

?Apa?

?Saturnus jauh ya?

?Kamu bisa??

?Loh, kamu lupa, aku kan punya jam Powerrangers, bisa berubah jadi apa aja, kamu mau aku jadi UFO? Yuk aku antar ke saturnus sekarang, udah siap? Pejamin mata yaa.. Satu dua tiga *triiiiiing* , Saturnus we are coming, haha? tangannya erat menggenggam tanganku malam itu. Hening. Lagi-lagi aku berdoa agar detik waktu berjalan lambat, dan tak segera beranjak.

?Iya saturnus jauh ?

?Hehe, dari bumi harus melewati dua planet untuk sampai ke saturnus ya Nda, wow?

?Haha semangaatt dehh?

?Kamu tau jalan pintasnya??

?Emang mau ngapain kak disana??

?Kayanya disana indah, siapa tau bisa ditempatin?

?

Saturnus. Entah apa itu. Planet? Hati? Seseorang? Atau suatu tempat yang jauh disana? Dimana aku akan membiasakan diri tanpanya, tanpa apapun yang ?seperti biasanya?? Atau suatu tempat yang indah, seperti yang kak Ryan bilang, tempat yang menjadi impian, tempat yang akan menjadi saksi dan kenangan ceritaku bersama kak Ryan, suatu saat nanti..

?

Saturnus ? Andai aku ini penguasa keajaiban, tak akan aku biarkan kamu berdiri jauh disana. Tak akan aku biarkan cahayamu meredup karna sakit yang sering menghampiri. Tak akan aku biarkan tangan-tangan jahil mengusikmu. Tak akan aku biarkan cincin yang mengitarimu kehilangan kekuatannya. Tak akan aku biarkan seseorang yang kamu sayangi pergi.

?

****

?

Langit kota Bogor malam itu indah. Meski tak ada kerlip bintang disana saat itu, tapi dia selalu menggoda untuk mengajakku bercengkrama. Lewat tik tik hujan yang menemaniku malam itu. Menyadarkanku bahwa masih ada banyak keindahan di luar sana yang harus dinikmati. Luas lapangnya.. Berharap hati ini seluas langit. Menampung segala kepahitan yang mungkin bisa hadir sewaktu-waktu. Atau, menebar kebahagiaan yang bisa saja datang kapanpun dia mau.

?

?Hey?

?Apa?

?Ihh galak banget, lagi apa saturnus .. ??

?Mau tidur nih, duluan ya?

?Oke, tidur gih tidur?

?Ihh, kemana aja tadi, sibuk??

?Kamu kemana? :D?

?Tau ah?

?Maaf, tadi siang kamu gak bales, aku kira kamu sibuk..?

?Mana ada, aku bales kok, kamu tuh yang gak bales?

?Aku bales kok, ini loh masih ada smsnya, kalo bisa tak screenshoot tak screenshoot kok, sayang hpnya gak bisa, haha?

?zzzZZZZzzzzzZZz?

?Hahaha dasar saturnus nyebelin oo .. Mau tidur beneran gak? Kamu lagi apa? Udah makan? Minum? Aku lagi utak atik program nih?

?Aku baru istirahat bentar kok, tar lanjut belajar lagi.. Itu ujannya bagus, ngajak becanda mulu. Besok ujian Teknik Pemrograman sama Interaksi Manusia dan Komputer. Yaudah lanjutin, ntar aja, gak usah dibales?

?Kamu katara ya? Pengendali air? Bisa ngomong sama ujan? TETEP TAK BALES !?

? ({}) ?

?Ihh peluk peluk :p?

?Haha nyebelin ! Kamu loh yang ngajarin aku jadi orang yang nyebelin juga?

?Nyebelinnya sama AKU aja ya, jangan ke orang lain... Belajar ! Jangan nonton ujan mulu, tar di saturnus ujan terus kok K ?

?Kamu aja nyebelin juga sama orang lain, masa aku ndak boleh .. Amin, kalo malem abis ujan bisa ada pelangi gak yah, kayanya kalo di saturnus ada , haha yes !?

? :) aku pernah punya cover lagu jamrud ?pelangi dimatamu? .. Aku kasih mau gak ? haha?

?Cover??

?Nyanyiin lagi Ndaa, gak deh gak jadi?

?Nyanyiin lagi? Maksudnya? Serius aku gak mudeng?

?Cover itu nyanyiin ulang lagu, kalo buat anak musik istilahnya cover, mudeng??

?Ohh, pernah punya kenangan lagu itu sama si dia yah? Iya, mata mbaknya itu bagus , cantik?

?Sok tau?

?Haha?

?Terus aja?

? J ?

?Ndaa.. Kamu belum berubah yah?

?Maaf ..?

?Yaudah abis itu kamu belajar yah, ojo telat le maem, jaga kesehatan, tidurnya jangan malem-malem?

?

Saturnus.. Kamu pernah ngrasain cemburu? Aku sering. Cemburu pada dia yang bukan siapa-siapa aku. Ya, bukankah setiap orang pasti mempunyai masa lalu? Dan, gak selamanya kan orang itu akan hidup di masa lalunya? Perbedaan kepribadian pun akan kalah dengan yang namanya kenyamanan. Malah akan menjadi perpaduan dan gradasi warna yang cantik bukan ?. Hujan.. Biarkan bayang-bayang itu menari bersama iramamu yaa. Biarkan rasa ini mengalir bersama derasmu, dan biarkan kenangan-kenangan itu ikut terbawa arusmu.

?

Hanya lewat kata kehadiran laki-laki itu bisa aku rasakan. Seberapa seringpun ia memberikan semuanya, aku tak akan pernah bosan saturnus. Begitu juga diri ini, berharap setiap hari ada ?bumbu? yang selalu membuat rasa ini menjadi lebih berasa.

?

Kamu Saturnus.. Bilangin kak Ryan yah.. Aku kangen !

?

****

?

?Nandaaaaaaaaa??

?Hhhaayyyyyy , sini sini sini, duhh meni lami pisan kalian mah, aku sendirian daritadi nyengoh di dieu?

?Muah muah, maapin sayang, macet tadi teh?

?A.. Nasi gorengnya 4 yah, yang gak pedes 1, minumnya es jeruk 3, es susu putihnya satu?

?Kumaha kumaha kemaren ada yang abis ngecamp berdua.. Kitanya gak diajak-ajak, oke sekarang teh mana oleh-olehna atuh?

?Haha siapa bilang berdua, kita mah rame-rame Ais? aku mengeluarkan kamera dari tasku.

?Itu a Dion ngupload foto ge cuma berdua sama kamu, lagian kemaren teh kita ngliatna kamu teh pergina sama a Dion wungkul beboncengan berdua kitu?

?Atuh Deka.. Kita emang cuma berdua dari sini, tapi kan terus ketemu temen-temen yang lain di pantaina teh , henteu berdua doang, nih gak percaya?? aku menyodorkan kamera yang mengabadikan liburan tahun baruku dan teman-teman kemarin.

?Ari eta idungna teh kembang kempis kitu, ketauan bo?ong hayoo?

?Ihh apaan si Tyas mah? aku mendaratkan cubitan kecil di perutnya.

?Hahahaa, yang di hati Nanda mah cuma hiji, eta budak Jogja nya Nda?

?Hehe Ais mah bisa ajah, kalian liburan semester ini mau pada kemana ieu??

?Mudik lah, nengok rumah orang tua?

?Tyas mau ke Pontianak dong, kangen bundaa..?

?Ya yaa silahkan deh pada mudik, aku mah bantu aa aja deh didieu nyari duit?

?Yee emang rumah lo mah disini Dekaaaa?

?Hahaha, ari teh Nanda teh bade kamana ieu??

?Belum tau aku guys, yang jelas aku bakal nemuin orang-orang yang lama aku tinggalin, kangen..?

?

****

?

Saturnus? Perayaan tahun baru tahun ini benar-benar berbeda, cukup menguras tenaga. Euforia perayaannya belum benar-benar habis. Kota kembang itu mengantarkanku menjadi pribadi yang lebih mensyukuri hidup dan kehidupan ini. Berapa lama? 2 tahun sudah warna baru menghiasi lembaran-lembaran putihku disana, yang kini menghasilkan perpaduan warna yang sangat indah. Penuh keceriaan, semangat, dan dukungan dari malaikat-malaikat Tuhan yang Dia kirimkan melalui banyak cara. Duanolsatutiga sudah melebur menjadi duanollimabelas.

?

Apa kabar Jogja ? Sudah seperti apa laki-laki itu sekarang?

?

****

?

?Permisi mbak, bisa ketemu dengan pak Aryanda Nugraha, A.Md ??

?Pak Yanda baru ada meeting mbak, ada keperluan apa ya mbak??

?Saya tunggu aja boleh mba ? Mau ketemu aja kok?

?Sebentar lagi selesai kok mba, iya silahkan ditunggu dulu aja mbak di ruangan beliau, sebelah sana, mari saya antar?

?Iya terima kasih mbak?

?

Satunus.. Saat itu hatiku berdegup tidak beraturan, waktu berasa lama sekali, perlahan terbunuh dalam rasa penasaran yang kian menjalar. Di sofa berwarna hijau muda, aku menanti kedatangan laki-laki yang 2 tahun itu kutemui hanya lewat suara dan tulisan. Pak Yanda, lucu juga. Semakin kencang saja jantung ini berdetak ketika melihat sosok laki-laki bertubuh ramping itu, masih sama seperti dulu. Diikuti riuhnya hati ingin berteriak memanggil namanya dan segera melepas kerinduan yang selama ini cukup menguras banyak space di pikiran.

?

?Kaaaaakkk ..? Reflek aku berdiri, berteriak memanggilnya. Mataku berkaca-kaca.

?Maaf, dengan siapa ya?

?????????? ?Ihhh, kamu merusak suasanaaaa !!?

?Nandaaa .. Apa kabar kamu?? katanya sambil merengkuh tubuhku dan membiarkan aku mendekap erat.

?

Pelukan hangat saat itu, menelan lamanya waktu, berhimpit manis dengan tik tik hujan sore itu. Terjawab sudah semua tanya. Rindu bertemu rindu. Manis sekali. Tangan kami bersatu, menyatu. Dan lagi, aku berdoa agar waktu itu tak segera berlalu.

?

?Kok gak ngabar-ngabarin sih kalo ke Jogja, tau gitu aku tadi jemput kamu?

?Kan biar surprise pak Yanda, lagian sekarang sibuk nih doi?

?Hahaa aneh ah kalo kamu yang manggil, apaan sih aku gakpernah sibuk yaa, emangnya kamu?

?Haha iyah iyaa pak programmer, ehh desainer.. Hehe dua duanya deh. Ciyee udah kerja aja nih, betah? Udah bikin apa aja? Katanya mau kuliah lagi, dimana? Kapan? Terus kerjaannya??

?Tuh, wartawanku udah kembali sekarang, heheh yaa bikin macem2 dong, kuliah lagi? Iya, tapi nanti dulu deh.. Gimana kamu, IPK semester ini udah? Oiya, di saturnus ujan terus gak?? tanyanya sambil mengelus-elus kepalaku, seperti biasa.

?Ihh jilbabku rusak nanti kak, jangan keras-keras dong, haha.. Belum lah, baru juga selesai UASnya, mau liburan dulu ah, tapi kamu bener loh nyuruh aku bawa payung, di saturnus hujan terus, sini gimana??

?Oke, aku menang lagi berarti. Di bumi nih ya kalo malem abis ujan ada pelangi loh sekarang?

?Mana ada.. Gak gak mungkin, itu cuma ada di saturnus yaa?

?Serius Ndaa.. Niiiihh sekarang pelanginya lagi ada di deket aku loh?

?Haha kamu tambah nyebelin ya kak?

?

Saturnus.. Ini bukan mimpi. Aku kembali bisa merasakan pelukan hangat dari laki-laki itu, lagi. Aku pun bisa menatap matanya dari dekat seperti biasanya. Kamu benar, perpisahan bukan akhir dari segalanya. Jarak, waktu, mereka hanya media untuk menguji seberapa kuat rasa saling percaya dan komitmen yang ada. Ya, tiada yang mampu menolak takdir kecuali dengan doa. Banyak hal di dunia ini tanpa kita sadari berubah hanya karna doa. Dua bulan akan menemaniku menikmati kembali keindahan kota Gudek ini dengan kisah kisah klasik yang dimainkan pemerannya. Entah dengan skenario yang seperti apa lagi. Ketika kita mempercayainya, tak ada alasan untuk tidak memperjuangkannya bukan ?

?

****

??????????

?Kring kring.. Good morning mba Nanda? sapanya sambil memperagakan orang yang sedang bersepeda, tidak ketinggalan, tangannya mendarat di kepalaku.

?Tuh kan, jilbabkuu !!?

?Hehh, belum mandi loh, jangan minta cium, pagi-pagi udah manyun-manyun ajah itu bibir, haha?

?Yee kamu, masih yah, apaan sih. Haha tambah rame yah sini?

?Gak tuh, mana ada rame. Perasaanmu aja?

?Ehh beneran loh ini rame, gak kaya dulu?

?Mana ada, yang ada sini tuh jadi sepi kemaren-kemaren?

?Lah kok bisa ? Ini loh rame gini?

?Iya sepi Nda sepi.. Sepi karna gak ada yang tak uyel-uyel kepalanya, hahaa wekk?

?

Saturnus.. Pagi ini Jogja cerah sekali. Titik nol km nya gak banyak berubah. Tempat ini, penjual es krim itu, masih sama. Hanya satu yang membuat berbeda. Kami kesini tidak menggunakan sepeda lagi, pagi ini kak Ryan mengantarku ke stasiun, sengaja lewat titik nol km dan berhenti sejenak mencoba menemukan kembali hari-hari yang ?seperti biasanya?. Dan berharap, masih ada jelmaan waktu-waktu lain yang mempertemukan kami kembali dalam keadaan yang lebih baik. Mempercayai 1 rule : sesuatu yang sudah ditakdirkan menjadi milik kita, Allah tidak akan biarkannya menjadi milik orang lain. Mencoba menikmati apapun jalan cerita dan peran yang Dia beri.

?

?Kak.. Friendzone itu apa?? tanyaku berlagak seperti anak SD yang belum mengerti banyak hal.

?Kamu mau tau??

?Iya?

?Friendzone itu.. Deket tapi gak jadian, kaya kita..?

?

End.

?

?

  • view 181