Tulisan Foto Grafis Video Audio Project
Kategori Psikologi 30 Agustus 2016   14:16 WIB
Tips Mengatasi Patah Hati

Biasanya yang membuat patah hati sulit diatasi adalah rasa sakitnya yang tidak bisa hilang hanya dalam satu hari. Sehingga orang yang sedang patah hati terpaksa harus merasakan luka di hatinya setiap hari, setiap menit, setiap detiknya, sampai pada waktu tertentu. Bisa dalam hitungan minggu, bulan, bahkan tahunan.

Orang yang sedang patah hati biasanya sering galau, bangun tidur langsung ingat dia, mau tidur juga ingat dia, nafsu makan berkurang atau malah semakin bertambah, dan lain sebagainya.

Untuk mengatasi patah hati, ada beberapa hal yang harus dicamkan dalam pikiranmu dulu. Diantaranya:

  1. Hidup ini bukan sinetron. Realistis aja deh, balikan sama mantan itu kebanyakan cuma ada di sinetron. Di dunia nyata seringnya gak terjadi. Jadi, gak usah berharap. Mengkhayal balikan sama dia itu cuma bikin kecewa.
  2. Kamu merasa yakin ingin melupakannya. Banyak orang patah hati yang BERUSAHA KERAS melupakan mantan, tapi gak lupa-lupa, malah semakin berusaha melupakan, semakin ingat. Well, itu karena jauh di dalam sana, ada bagian hatinya yang tidak ingin melupakan si dia.

Jadi ketika orang ini berusaha melupakan, maka bagian ini akan semakin kuat mempertahankan diri karena tidak mau dihapus.

 

Satu-satunya cara adalah dengan berdamai dengan bagian hati yang satu ini. Ajak hatimu berdialog. Wahai hati,,, kenapa kamu tidak mau melupakannya? Kita sudah banyak terluka karena ini. Kau tau, aku sayang kamu. Aku tidak mau kau terluka lagi. Oke, aku tidak akan memaksa. Kita lakukan pelan-pelan saja. Pelan-pelan kita lepaskan dia. Karena kamu juga berhak bahagia.

 

Yah, kira-kira seperti itu percakapannya. Karena dia keras kepala, biasanya gak cukup satu kali melakukannya. Dalam sehari bisa saja kamu melakukannya sebanyak tiga kali, tergantung kebutuhan. Yang penting itu bisa menenangkan hatimu. Lama-lama itu akan semakin berkurang.

  1. Bertekad untuk memiliki kehidupan yang lebih baik. Patah hati bisa berpengaruh kepada bagian hidupmu yang lain. Kamu jadi malas mengerjakan PR, kalo kamu masih sekolah. Tugas-tugas kuliah berantakan, kalo kamu mahasiswa. Dan kinerjamu bisa menurun, kalo kamu sudah bekerja. Jangan biarkan patah hati merusak seluruh hidupmu. Jika hatimu patah, cukup hatimu saja yang patah. Jangan biarkan pendidikanmu, pekerjaanmu, keluargamu, dan persahabatanmu juga ikut patah. Kamu harus bertekad memiliki hidup yang lebih baik. Dengan begitu, kamu akan siap bertemu dengan orang yang lebih baik.
  2. Yakin semua pasti ada hikmahnya.

Yang satu ini adalah pelipur segala penderitaan. Hahaha Yup, ini semua pasti ada hikmahnya. Hanya saja saat ini kita belum mengetahuinya.

Setelah pikiran dibereskan. Sekarang yang perlu dilakukan adalah:

  1. Lakukan aktivitas di pagi hari. Bangun pagi biasanya kamu langsung inget si dia. Jangan dituruti, langsung mulai lakukan aktivitasmu sehari-hari sehingga bayangannya bisa segera teralihkan. Gak pake bengong, gak pake ngelamun.
  2. Batasi waktu untuk bersedih. Ketika kamu merasa kewalahan, tak mengapa sekali-kali memberi waktu pada diri sendiri untuk menangis dan bersedih. Tapi ingat, harus diberi batasi, jangan terlalu berlarut-larut
  3. Rubahlah kebiasaan sehari-hari yang mungkin dapat mengingatkanmu pada si dia. Bisa juga dengan merubah tatanan kamar, gaya rambut, dan tempat nongkrong. Barang-barang yang mengingatkanmu dengannya bisa dimasukkan ke dalam kardus dan simpan dalam gudang. Tidak perlu membuangnya kalo kamu belum siap.
  4. Seringlah ngobrol atau berbicara ringan dengan orang lain. Dengan begitu kamu tidak punya waktu untuk melamun.
  5. Perhatikan lingkunganmu, jangan terlalu fokus dengan masalahmu sendiri. Lihatlah, di luar sana ada banyak masalah yang lebih besar dari sekedar patah hati. Perang dunia ke tiga tidak akan terjadi hanya karena kamu sedang patah hati.
  6. Lakukan berbagai aktivitas positif, jangan terlalu larut dalam perasaan. Seperti, aktif di organisasi, ikut kursus, dan lain sebagainya. Selain mengalihkan pikiranmu dari si dia, ini juga akan menambah pengalaman dan pengetahuanmu. Berusaha membuat waktu berjalan secepat mungkin. Isi waktumu setiap hari dengan banyak kegiatan positif sehingga kamu tidak punya waktu untuk melamun
  7. Selamatkanlah hari ini. Yup, bagi orang yang patah hati biasanya melakukan hal kecil (menyapu, menyetrika, mencuci, dll) saja sudah terlalu berat, apalagi hal yang besar. Nah, karena itu untuk saat ini tidak perlu berpikir terlalu jauh, yang penting “selamatkan hari ini”. Maksudnya, lakukanlah yang terbaik setiap harinya. Selamatkanlah hari ini, buat hari ini berarti. Tidak mengisi hari hanya untuk menangis, melamun, atau malah berusaha sangat keras melipur rasa sakit dengan berhura-hura yang akhirnya justru tidak menghasilkan apa-apa. Dengan melakukan yang terbaik setiap hari, maka diharapkan kebaikan besar akan datang nantinya.
  8. Lelah fisik akan membuat kita cepat dan mudah tidur. Salah satu waktu yang paling menyiksa bagi orang yang patah hati adalah waktu menjelang tidur. Karena saat itu biasanya bayangan si dia semakin jelas terasa. Sehingga seringkali membuat sulit untuk tidur lelap. Namun, dengan banyaknya kegiatan setiap hari, secara fisik kamu akan merasa lelah. Dengan demikian, kamu akan lebih mudah untuk tertidur.

Selamat mencoba, semoga berhasil. Jangan lupa, tetap makan dan minum dengan teratur agar tidak terkena penyakit magh, atau tipes.  :p

Karya : Husna Mulyati