Menjaga Silahturahmi Berkah

Ntan Home Craft
Karya Ntan Home Craft  Kategori Catatan Harian
dipublikasikan 26 Juni 2016
Menjaga Silahturahmi Berkah

Silaturahmi...

Silaturahmi (shilah ar-rahim dibentuk dari kata shilah dan ar-rahim. Kata shilah berasal dari washala-yashilu-wasl(an)wa shilat(an), artinya adalah hubungan. Adapun ar-rahim atau ar-rahm, jamaknya arhâm, yakni rahim atau kerabat. Asalnya dari ar-rahmah (kasih sayang); ia digunakan untuk menyebut rahim atau kerabat karena orang-orang saling berkasih sayang, karena hubungan rahim atau kekerabatan itu. Di dalam al-Quran, kata al-arhâm terdapat dalam tujuh ayat, semuanya bermakna rahim atau kerabat. Dengan demikian, secara bahasa shilah ar-rahim (silaturahmi) artinya adalah hubungan kekerabatan.

Reuni..
 
Reuni itu berasal dari 2 suku kata, yaitu “Re” yang artinya kembali dan “Uni” yang artinya bersatu. Jadi jika digabung maka bisa diartikan “Kembali Bersatu”. Tujuannya adalah berkumpulnya kembali dengan teman, rekan, saudara, bahkan keluarga yang mungkin sudah lama tidak bertemu.
 
Apa sih hubungan antara Silahturahmi dengan Reuni. Emang saya ingin bahas apa tentang dua kata tersebut? Mencoba membuat pertanyaan dulu nih? Seberapa pentingkah kita bersilaturahmi dengan mendatangi reuni? Apakah silaturahmi itu hanya acara reunian saja? Mungkin ada diantara teman-teman yang bertanya, “Apa sih pentingnya reuni, terus ngapain aja direunian itu??”, pastinya alamat susah nih untuk menjelaskan satu demi satu kepada masing-masing orang. Begitu juga "Apa sih pentingnya silaturahmi itu?". 
 
Mau bahas sedikit dan mungkin sedikit bercirita kali ya. Maafken jika tulisan ini kalau dikit berlebihan atau lebai. Maklum lagi belajar menulis. Belajar gak mengenal waktu dan gak menganal apa yang mau dipelajari toh? hehehe.. Dan maaf jika kalau tulisan ini sedikit panjang dan mungkin ini tidak seperti tulisan skripsi ye.. hehehehe...
 
Diatas sudah saya menjelaskan arti silaturahmi dan reuni. Mungkin sudah tidak asing lagi dengan dua kata diatas. Benar bukan? 
 
Jalin Silaturahmi
 
Dengan reuni kita bisa menjalin kembali hubungan kita dengan teman seperjuangan dulu. Kita bisa mengetahui kabar mereka, di mana mereka tinggal, di mana mereka kerja, dan bagaimana keadaan mereka saat ini. Bisa juga jadi ajang saling memaafkan kalo dulu masih punya salah sama orang lain. Benar bukan?
 
Sedikit cerita ya, beberapa jam yang lalu saya menghadiri pertemuan dengan teman lama yang hampir 14 tahun yang lalu setelah lulus sekolah dasar. Teman-teman saya sudah berpencar, melanjutkan ke sekolah SMP favoritnya, dan ada beberapa teman masih melanjutkan sekolah di tempat yang sama. Karena sekolah saya dulu itu dari SD sampai SMP saja. Sekarang sudah sampai SMA. Lumayan juga 9 tahun sekolah yang sama. itu tidak penring ngebahas berapa lama sekolah. 
 
Tadi saya ngebahas tentang pertemuan dengan teman lama ya... Iya, beberapa hari yang lalu, saya ditag oleh teman saya dimedsos, yang katanya ingin buka bersama kalau bahasa ngetrendnya (bukber). Saya seneng banget bisa ngumpul temen lama dan menjalin silaturahmi dengan teman yang lama sudah lost contact. Saya orangnya suka lupaan, mau hubungin temen lama buat "say hai" malah gak jadi, bukan basa-basi. Hanya mencoba besilaturahmi dengan dunia teknologi jaman modern. 
 
Pertemuan teman lama dan guru favorit jaman saya disekolah dasar, sungguh mengingatkan kenangan-kenangan bersama mereka. Ingatan memory saya mulai berjalan, dan saya mengingat yang terjadi masa itu. Ngomongin pria yang tenar dijaman itu, catatan harian guru favorit yang beliau ceritakan ke kami, yang buat kami luar biasa atusias dan kaget, catatan harian 2002 bersama anak-anak murid. Beliau bercerita "Bapak ini sebelum datang ke acara ini, bapak melihat buku catatan bapak simpan dari jaman 2002 yang lalu, dibuku itu bapak menuliskan semua kejadian bersama kalian. Dan bapak melihat buku album kelulusan, yang dulu kalian banyak yang belum menggunakan kerudung, kami sebagai guru melepas kelulusan kalian" kita pun, mengingat dan mencoba ingat kembali kenangan indah semasa sekolah dasar.  Candaan saya lontarkan kepada beliau "Pak, mungkin saya melihat guru yang awet muda hanya bapak kali ya?" saya sambil tersenyum dan tertawa kecil teman-teman yang lain ikutan nyeletuk. Beliau hanya tersenyum "Bapak ini sudah sepuh. Apa iya bapak masih muda?" . Guruku tak banyak berubah. Cara bicara masih logat sunda yang kental, cara berwibawanya juga masih seperti dulu, wajahnya masih tampan seperti 14 tahun yang lalu. Beliau sedikit mengutip dari arti sebuah ayat Qur'an tentang menjaganya silahturahmi.
 
Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu, dan daripadanya Allah menciptakan isterinya; dan daripada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu. ( QS. An-Nisa ; 1 )
 
Dan satu kutipan yang beliau ucapkan kepada kami semua : "Tidak ada mantan Guru, tidak ada mantan teman dan tidak ada mantan sekolah jika hidup ingin berkah. Jalinlah silahturahmi dan menjaganya"
 
Nostalgia
 
Reuni juga bisa jadi ajang untuk mengingat kembali semua kenangan, suka duka, tawa canda, tangis haru.
 
Kami mengingat kembali, yang pernah kami lalui bersama dengan perjuangan ujian sekolah dasar. Nostalgia tempat jajanan jaman sd. "pak, nasi goreng kerang yang di kantin guru masih ada gak?" , "Pak yang jualan es melon, es alpuket, es extra joss masih ada?" . Jaman sekolah dulu jajanan di sekolah seribu dapet banyak, Jadi, inget aja jajanan yang favorit untuk kita bahas. Nostalgia tentang cwo yang jaman dulu hits dan bintang sekolah. Hahahaha... Nostalgia kita mah lucu-lucu.. 
 
Networking
 
Dengan reuni kita bisa saling bertukar informasi tentang disiplin pekerjaan yang digeluti oleh teman-teman kita. Dengan demikian kita dapat saling menghubungi jika ada peluang bisnis sekarang ataupun nanti. Untuk yang belum berhasil, sapa tau ada teman baik kita yang bisa membantu untuk meniti karir lebih baikk.. Iyaa nggak..??
 
Intermezzo
 
Dengan reuni ini, pada akhirnya kita memberikan kesempatan menghibur diri kita sendiri. Sedikit senyuman atau bahkan celaan dan canda tawa yang dulu pernah hadir, pasti akan hadir kembali di reuni ini. Yang pastinya,, kita akan pulang dengan senyuman dan semangat baru untuk menata kembali kehidupan kita agar menjadi lebih baikk.. Tetap Semangatttt!!!!
 
Ya namanya juga hidup ye... Kadang di bawah dan kadang di atas, tapi ga perlu karena hal itu kita jadi berkecil hati. Allah pasti punya rencana terbaik untuk kita, mungkin ga sekarang tapi nanti, asalkan kita mau berusaha. 
 
Oleh karena itu, menjadi sangat penting bagi kita untuk menyadari bahwa silaturahmi tidak hanya tampilan lahiriah belaka, namun harus melibatkan pula aspek hati. Dengan kombinasi amalan lahiriah dan amalan hatinya, kita akan mempunyai kekuatan untuk bisa berbuat silaturahmi lebih baik. Kalau orang lain mengunjungi kita dan kita balas mengunjunginya, ini tidak memerlukan kekuatan mental yang kuat. Namun, bila ada orang yang tidak pernah bersilaturahmi kepada kita, lalu dengan sengaja kita mengunjunginya, maka inilah yang disebut silaturahmi. Apalagi bila kita bersilaturahmi kepada orang yang membenci kita atau seseorang yang sangat menghindari pertemuan dengan kita, lalu kita mengupayakan diri untuk bertemu dengannya. Inilah silaturahmi yang sebenarnya.
 
 

  • view 101