Tempat Wisata di Jakarta

Geraldi Rizki Akbar
Karya Geraldi Rizki Akbar Kategori Wisata
dipublikasikan 16 Maret 2017
Tempat Wisata di Jakarta

Dimana ya tempat wisata di jakarta yang gratis ?

 

Mempunyai aktivitas akhir pekan bersama keluarga atau pasangan sepertinya menjadi idaman untuk beberapa orang yang sangat sibuk dengan aktivitas kantor maupun kuliahnya. Coba deh baca artikel ini sampai bawah, saya berikan 8 rekomendasi untuk wisata akhir pekan dengan biaya yang terjangkau bahkan gratis.

1. Balai Kota DKI Jakarta

 

Balai Kota Jakarta


Loh kok, balai kota DKI Jakarta jadi tempat wisata ? Iya, karena pemerintah ingin masyarakat bisa belajar disana, masyarakat juga bisa berkeliling disana serta menikmati kuliner makanan khas betawi. Dan ada penampilan seni juga disana. Keren abis!

 

Kamu bisa datang ke balai kota hari sabtu & minggu saja ya, dengan jam operasional dimulai dari jam 09-00 wib - 16:00 wib. Untuk datang ke sini, kamu tidak akan dikenakan biaya sepersenpun alias gratis.

 

 

2. Fasilitas Olahraga Di Monas

 


Monas dari dulu menjadi sasaran tempat wisata untuk akhir pekan, selain murah dan nyaman tempat ini juga menyimpan sejarah loh, jadi kamu bisa wisata sekaligus belajar sejarah di Monas. Tapi, di era pemerintahan sekarang, monas telah diperbaiki fasilitas olahraganya dan diharapkan dapat digunakan oleh masyarakat Jakarta secara baik-baik.

 

Pemprov DKI Jakarta sudah meresmikan fasilitas olahraga di monas, berupa :

 

  • 4 Lapangan Futsal
  • 4 Lapangan Voli
  • 1 Lapangan Basket 

 

Kamu bisa gunakan fasilitas tersebut pada jam operasional ya, dari jam 07:00 wib - 00:00 wib. Dan cara agar kamu bisa menggunakan fasilitas ini cukup mengisi sebuah formulir yang ada di kantor pengelola monas dan kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp 2000 - Rp 5000 saja. Murah banget!

 


3. Kota Tua Jakarta

 

kota tua


Kota Tua sepertinya telah menjadi ikon tempat wisata di Jakarta setelah monas. Pemerintah saat ini sudah memperbaiki fasilitas dan sudah menjaga kebersihan loh demi kenyamanan bersama. Kalo kamu udah lama engga ke Kota Tua, cobain deh main-main ke sana lagi. Udah beda banget! Lebih bagus, lebih bersih, dan lebih ramai.

 

Datang kesini baiknya pada jam 06:00 - 23:00. Untuk ke tempat wisata yang satu ini, kamu tidak perlu membayar alias gratis loh. Oh ya, disana juga ada tempat makan yang murah meriah dan pastinya membuat kenyang.

 

 

4. Taman Lapangan Banteng

 

lapangan banteng jakarta

 

Udah puas belum menikmati suasana Jakarta ? Kalo belum, kamu bisa datang ke taman lapangan banteng yang berada di dekat pasar baru, Jakarta pusat. Di sini juga akan diberikan fasilitas olahraga dari pemerintah.

 

Jam operasional lapangan banteng: Senin-Minggu (setiap hari). Kamu bisa datang ke sini pada pukul 05:00 wib - 22:00 wib dan tidak ada biaya operasional alias gratis.

 

 

5. Setu Babakan (Kampung Wisata Betawi)

 

kampung betawi

 

Tinggal di Jakarta pastinya akrab dengan kultur orang betawi. Tidak afdol rasanya jika kamu pergi wisata akhir pekan tidak berkunjung ke tanah betawi dan mengetahui lebih dalam tentang betawi. Emang masih ada ya ? Masih dong, kamu bisa pergi ke setu babakan yang merupakan tempat wisata kampung betawi.

 

Kalo kamu pergi ke setu babakan, dijamin deh kamu merasakan ciri khas betawi asli. Mulai dari hiburannya, seni tari, patung, rumah adat, dan makanan khas betawi. Ke sini gak perlu bayar tiket, karena gratis. Fyi, kabarnya kampung wisata betawi ini jadi andalan tempat wisata di Jakarta oleh Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

 

 

6. Pelabuhan Sunda Kelapa

 

tempat foto bagus untuk instagram

 

Tempat yang ini sih udah familiar banget ya buat yang suka main sosial media, Instagram. Selain pemandangannya yang bagus untuk foto, cocok banget buat kamu yang hobinya fotografi. Yap, tempat ini namanya pelabuhan sunda kelapa, bukan kepala ya. hehehe....

 

Buat datang ke sini, kamu bisa pakai Transjakarta agar lebih efisien dan terhindar dari kemacetan ibu kota. Pelabuhan sunda kelapa buka setiap hari dan kamu bisa kesini 24 jam. Tentunya, Gratis! cuma perlu ongkos transjakarta aja hihihi...

 

 

7. Taman Kalijodo

 

kalijodo

 

Tempat ini mempunyai wajah baru di Jakarta. Pemerintah DKI Jakarta, mengubah tempat yang dulunya merupakan tempat prostitusi menjadi taman terbuka hijau dan penuh fasilitas untuk kegiatan positif.

 

Taman Kalijodo yang sekarang sudah menjadi tempat komunitas skateboard dan sepeda untuk menunjukan kemampuannya, tentunya hal ini adalah kegiatan positif. Ada lapangan futsalnya juga loh serta ada tempat bermain anak. Buat kesini sih kamu tidak dikenakan biaya apapun kecuali ongkos bensin kendaraan yang bayarnya pakai uang sendiri hahaha....

 

 

8. Taman Margasatwa Ragunan

 

harga masuk ke ragunan

 

Yang terakhir adalah Taman Margasatwa Ragunan. Tempat wisata yang penuh edukasi pembelajaraan ini rasanya sangat cocok untuk dijadikan destinasi wisata akhir pekan bersama keluarga ataupun untuk studytour sekolah. 

 

Di sini, kamu akan belajar mengenai hewan-hewan, jenis hewannya secara langsung tidak hanya kamu ketahui melalui buku belajar. Kamu bisa ke tempat ini dari hari selasa s/d hari minggu dengan jam operasional dibuka mulai pukul 07:00 wib - 16:00 wib dengan biaya Rp 3000 sampai Rp 4000 saja.

Dilihat 79