Mengapa Preman Istrinya Cantik

Estiana Arifin
Karya Estiana Arifin Kategori Kisah Inspiratif
dipublikasikan 14 Mei 2016
Mengapa Preman Istrinya Cantik


Tidak sekali dua, saya bertemu preman gandengin cewek cakep.

"Siapa tuh?" tanyaku. Dijawab: "Binik, Ce..."
"Dipelet pakai opak," kata suara-suara ngeledek.

"Cinta emang buta, udah buta kaga tahu diri lagi."

"La iyalah ceweknya mau, ditanam saham duluan, tuh mo panen jagungnye."

Setdah. Di dunia terminal dan Pasar Induk, bicara boleh sekenanya. Paling kalau ada yang tersinggung digolokin ini. Tapi ga pernah "dunia knalpot" ini menggolokin orang karena ini. Di dunia knalpot aturan main golok berlaku kalau seseorang petantang-petenteng ga di kelasnya. Kalau kita sekelas, silakan bicara sesuka hati, levelnya dianggap guyon. Yang ga kebal paling pergi. Yang kebal cengar-cengir.

Balik ke soal preman, dari saya kecil harus lewatin terminal Pulogadung pulang pergi sekolah. Masa itu masa faham Ali Topan Anak Jalanan masih dipake, sumpah, kaga ada pedofilnya. Bus pun masih tingkat. Kekadang, ada mayit tatoan di terminal, dekat buangan. Orang ngerubungin ala style Pos Kota, masih pada hijau pemikiran urban Jekardah. Tidak kayak sekarang. Ada aja provokator otak kotor yang sinis. Anjing hitam aja disangka babi. Eh itu Bekasi bukan Jekardah yah. Nah, dari masa Ali Topan Anak Jalanan itu Preman istirinya selalu cantik. She Lha Lhu.

Kok dapet? Itulah Kuasa Ilahi. Kalau orang acak kadut, dapat acak kadut juga, nikmat Tuhan akan didustakan. Saya pakai bahasa dunia knalpot saja, kalau di kemudian hari kalimat saya diplintir provokator sebagai saya perendah martabat manusia, itu artinya anjing hitam disangka babi. Suruh orangnya piknik di terminal terdekat.

Perempuan cantik itu tidak butuh pujian. Mereka tiap hari ngaca, jadi kalau laki-laki muja-muji "Wajahmu seindah purnama." mintak tolong ye, lu bagusan diam. Buat kita itu gombal banget sih. Eh, kita. Penulis ikutan dalam cerita. Kegagalan bukan preman dapatin cewek cakep di sini. Anak orang cakep dipuji-puji, kaga tulus banget. Preman ga akan begitu. Dia cool, diemin. Ngacuhin. Wajah cantik mereka anggap hanyalah bagian dari ciptaan Tuhan dan bukan fenomena alam yang di on de spot in. Cewek cakep jadi keluar egonya : nyir belagu amat tuh laki, gw cakep gini diantepin. Si cewek cuih-cuih, belagak lu, preman aje. Nah! Tuh dia keramatnye preman. Kapan dikatain, jadi laki! Hohohoho.

Saya survey tersembunyi. Nanyain cewek-cewek cantik kok dapet laki preman. "Dulu sama bokapnye si Dede mah empet, Ce. Liat aje panampakannye, jaoh mah ma mantan-mantan saya. Tapi jodoh kali ya, saya juga sih pernah ngatain."

Top Scorenya di Pernah Ngatain itu.
Nah. Rata-rata pernikahan cewek cantik ma preman ini tidak mudah, preman harus berhadapan dengan mertua laki yang ngamuk anaknya dicintai, berhadapan dengan abang atau adik si cewek yang kalau ditonjok sih jadi opak juga tapi yaa namanya ma calon ipar, belum lagi paman dan sepupunya. Mereka sering lari dari pengejaran keluarga. Penuh kemesraan ijab kabul di kiai yang memaklumi, daripada jinah. Dah preman, tatoan, kerja di terminal, ga mungkin dibiarin berjinah pula.

Waktu berlalu. Mereka beranikan diri pulang ke rumah keluarga cewek cantik. Ngelewatin jembatan gantung, menaiki getek dan menembus gang senggol, bukanlah perjalanan yang mudah. Anak di gendongan sedang lucu-lucunya bergigi dua, mewarisi kecantikan sang ibu. Di teras babe lagi mandiin ayam, kaget. Nyokap ninggalin gorengan ikan cuwek di dapur. "Monaaaah.....anak lo si Selly pulaaang. Astagfirullah al azhiiim...cucu gw...monaaah...cucu kite mooon...."

Terharu gw.

  • view 407