Mahasiswa jangan sampai kritis

Dwi Cheppy Dharmawan
Karya Dwi Cheppy Dharmawan Kategori Proses Kreatif
dipublikasikan 07 April 2016
Mahasiswa jangan sampai kritis

Mahasiswa itu identik banget sama yang namanya kritis. Sejak awal masuk kampus pasti udah banyak yang ngomong kalau mahasiswa tuh harus kritis. Bukan cuma kaka tingkat, tapi beberapa dosen pasti juga bilang gitu. Sikap kritis sepertinya udah jadi dasar yang harus dimiliki oleh semua mahaiswa. ?

Bagi gw itu sebenernya gak tepat, seharusnya mahasiswa tuh jangan sampai kritis. Tapi mahasiswa harus sampai solutif.?

Karena begini,

Kata KBBI online kritis itu ada 3; ? bersifat tidak lekas percaya;?bersifat selalu berusaha menemukan kesalahan atau kekeliruan; tajam dalam penganalisisan;

Kalau dari situ sih bisa disimpulin kritis itu sifat tidak langsung percaya akan suatu hal dan melakukan analisis tajam untuk menemukan kekeliruan.

Sementara itu?

solutif yang berasal dari kata solusi, menurut KBBI adalah penyelesaian, pemecahan masalah dan jalan keluar. Maka solutif itu mampu menyelesaikan suatu permasalahan.

Nah simpulannya gini

Mahasiswa kan kaum intelektual nih, apa ?cukup kalau ada masalah cuma ?dianalisis? bahkan sekarang malah cenderung nyari masalah kalau ada suatu peristiwa. Seharusnya ?cari juga solusinya buat permasalahan itu.?

Indonesia udah banyak punya orang-orang yang kritis, liat aja media pasti banyak yang jago komentar tapi pas ditanya solusi bisngung. Sudah banyak tulisan yang mengkritisi suatu hal tanpa solusi.?

Gak setuju sama tulisan ini? kasih solusinya ?supaya lain waktu gw bisa tulis yang lebih kalian setujuain.

(repost from my tumblr dwicheppy.tumblr.com)

  • view 116