Kematian

Dian Nurmala Ws
Karya Dian Nurmala Ws Kategori Catatan Harian
dipublikasikan 07 Mei 2016
Kematian

Gue nggak tahu kelak saat gue menghembuskan nafas seberapa luas jarkoman tersebar. Sama seperti gue nggak tahu testimoni apa yang akan memenuhi beranda gue dan doa-doa macam apa yang akan mengangkasa di tengah upaya memindahkan jenazah gue dari keranda ke tanah.

Itu sebabnya, gue selalu menyukai membaca. Alasannya sederhana, gue tahu akhir ceritanya. Sesuatu yang dalam hidup nggak akan pernah gue ketahui dan kejutan paling mutakhir abad 21 dimana tak seorangpun ilmuan dan lainnya menemukan bagaimana konsep penceritaan setelah kematian dimulai. Mereka bisa saja menjual buku-buku laris tentang siksa kubur dan semua tapi mereka nggak pernah benar-benar bisa bercerita tentang apa dan bagaimana kematian menjadi mata uang yang satu sisi terlihat menyedihkan sementara sisi lainnya menentramkan.

Maka, sebelum gue tiada gue udah punya situs eternity.com atau eternal gue rada lupa karena terakhir belom launching juga jadi cuma bisa bikin account. Situs yang kelak kalo seseorang merindukan gue mereka bisa bertandang kesana untuk sekedar mendengar suara amit gue.

Kematian selalu jadi misteri tapi darisana gue belajar banyak bahwa bahkan diri gue bukan milik gue. Jadi apa yang bisa gue sombongkan. Gelar sarjana bahkan nggak tertulis dipapan nisan cuma gelar haji yang ditulis itupun nggak masuk klausal pertanyaan Tuhan. Tuhannya nanya bukan apa gelar gue tapi apa sholat gue udah bener. Ya salam, kalo dicoret-coret skripsi bisa revisi kalo amalan dicoret-coret pas gue udah mokat gimana mungkin bisa balik tobat?

Semoga kelak gue mati nggak perlu dalam keadaan sujud tapi cukup dalam keadaan terbaik dimana saat itu gue sudah menggenapi tanggung jawab sebagai anak dan hamba. Semoga saat itu, meski tidak mewah tak ada banyak bunga dan barangkali pada masanya facebook udah raib gue tetap dilimpahi doa. Please jangan kirim testimoni apalagi tagihan utang dan makanan kirimkan saja sesajen doa dan pengiklasan atas dosa-dosa. Selipkan nama gue dalam ibadah lo karena barangkali kelak doa lo yang didengar Tuhan untuk meringankan siksa kubur gue.