Treat People The Way You Wanna Be Treated! #1

CacaaRP
Karya CacaaRP  Kategori Lainnya
dipublikasikan 21 Februari 2016
Treat People The Way You Wanna Be Treated! #1

Kurang lebih sebulan yang lalu, gw menyaksikan kejadian yang sangat ngga pengen gw liat sebenernya. Waktu itu gw lagi naek motor sama Rio, tiba-tiba gw denger suara benturan kenceng banget, gw langsung nengok ke arah suara itu yang ternyata di sebelah kanan gw. Pas gw liat, gw kaget banget liat motor terguling dengan si pengendara motornya, untung aja dia selamat dan masih bisa berdiri. Lalu gw pikir pasti ini motor tabrakan, jadi gw langsung liat kearah belakang, dan yang gw liat lebih mengenaskan, ada seorang bapak yang udah terkapar diatas aspal disamping motornya. Ngga bergerak sedikitpun.

Gw nyuruh Rio berenti dan nolongin mereka. Gw udah teriak-teriak dan ngga bisa ngontrol perasaan gw karena ini pertama kalinya gw liat kecelakaan. Gw nangis kejer banget, tangan gw dingin, badan gw gemeteran, lemes, gw berasa mau jatuh disitu. Dan yang bikin tangis gw makin pecah karena ngga ada satupun mobil yang berenti buat nolong bapak itu, gw mulai emosi, gw marah, gw nangis teriak-teriak kayak orang gila, sementara orang-orang cuma diem dan ngeliatin doang. Akhirnya gw langsung telpon polisi, ngedenger suara gw yang terisak, polisi yang gw telepon pun panik dan bilang kalo dia bakal segera dateng ke tkp. Gw agak lega walaupun belum bisa berenti nangis. Yang gw rasain saat itu sedih, takut, kasian, marah, kesel.?

Gw sedih ngeliat kejadian itu, gw takut karena bapak itu ngga gerak, gw takut bapak itu ngga ketolong, gw takut banget. gw takuuuutt bangeeett. Gw kasian kalo sampe bapak itu kenapa2, gimana nasib keluarganya? anak dan istrinya. Dan gw marah karena ngeliat banyak mobil yang lewat tapi ngga ada satupun yang mau berenti. Itu sangat menyakitkan buat gw.

Apa sih yang ada di pikiran mereka sampe ngga mau sedikit aja berbaik hati menolong nyawa orang lain? Apa mereka ngga mau mobilnya kotor? atau banyak hal yang dipertimbangkan untuk sekedar menolong orang lain yang sedang sekarat? Apa mereka sampai hati membiarkan nyawa orang lain melayang demi mepertahankan sebuah mobil yang notabenenya harta titipan?Tuhan? sampai mereka tega membiarkan saudara sesama manusia tergeletak diatas aspal yang panas. Astaghfirullah?..

Dear siapapun yang pernah ada di posisi si pengendara mobil dan menyaksikan kejadian seperti ini tapi hanya menonton lalu pergi begitu saja,

Coba posisikan diri lo sebagai orang tersebut, bayangkan kalo kejadian itu elo yang mengalami, atau bayangkan kalo bapak itu adalah bokap lo, apa yang lo rasain? gimana perasaan lo? gimana rasanya elo, atau bokap lo, atau siapapun orang yang lo sayangi ada di posisi tersebut dan ngga ada satupun orang yang bersedia menolong. Sakit kan? miris kan? Lo akan bilang mereka kejam, tega, jahat, atau ngga punya hati. Ya itulah diri lo. Itu gambaran diri lo; kejam, tega, jahat, dan ngga punya hati.

Tega-teganya elo ninggalin orang yang butuh bantuan lo, tega-teganya elo membiarkan nyawa orang lain melayang gitu aja. Apa lo ngga pernah mikir bagaimana perasaan keluarga orang tersebut? bagaimana kalo mereka menyaksikan orang yang paling dicintainya tergeletak dijalan tanpa ada satupun orang yang menolong? bagaimana kalo ternyata orang itu adalah tulang punggung keluarganya? bisa lo bayangkan kalo dia sampe ngga ketolong, gimana nasib tanggungannya? gimana nasib orang-orang yang selama ini hidupnya bergantung padanya. Elo ngga pernah tau segimana hancurnya perasaan orang-orang yang mencintainya kalo tau dia udah ngga ada. Elo ngga pernah tau seberapa berharganya orang itu bagi orang lain.?

Hanya demi mempertahankan sebuah mobil, elo rela menukarnya dengan keselamatan orang lain. Mobil itu cuma harta titipan Tuhan yang bisa Tuhan ambil kapanpun Dia mau. Mobil itu cuma sebuah benda mati yang bisa ditemuin dimana aja, bisa lo beli pake uang, bisa diganti kalo lo mau. Tapi nyawa orang lain ngga bisa ditukar dengan apapun, ngga bisa dicari gantinya. Mungkin dibelakang orang tersebut ada senyum seorang ibu, ada harapan seorang ayah, ada kebahagiaan seorang anak, ada tumpuan hidup seorang istri, atau cinta seorang suami. Ngga peduli semahal apapun mobil lo, ngga ada mobil yang harganya lebih mahal dari nyawa seseorang.

Walaupun mobil itu adalah harta yg paling berharga buat lo, atau lo ngga punya cukup uang lagi untuk menggantinya dengan yang baru, tapi itu bukan alasan yang kuat untuk lo meninggalkan orang yg sedang kesusahan. Ingat saja Tuhan Maha memberi, ngga ada yang ngga mungkin bagiNya, apapun bisa Dia kasih ke elo kalo dia mau, kalo Dia meridhoi. Apalagi yang lo lakuin adalah hal baik, menolong ciptaanNya juga, inshaa Allah Dia akan menggantinya dengan yang jauh lebih baik buat lo. Kalau Dia tidak juga menggantinya, pasti ada hal lain di hidup lo yang dia kasih, misalnya urusan lo dipermudah, kalo lo punya penyakit Dia sembuhin, atau mungkin juga masalah di hidup lo menemukan jalan keluar yang baik, atau apapun itu yang baik buat lo pasti akan datang.?Dan Tuhan juga bisa mengambil apapun yang lo punya kalo dia mau, bisa aja Tuhan marah sama perbuatan lo lalu ngambil apa yang lo punya, atau Dia mengurangi jatah nikmat yang selama ini Dia beri buat lo. Ngga mau kan??

Kalo lo ikhlas kehilangan sesuatu yang lo cintai karena-Nya, inshaa Allah Dia pasti akan menggantinya dengan sesuatu yang jauh lebih baik buat lo.

  • ps: bukan maksud menggurui, cuma berbagi pengalaman dan pemikiran. Kita sama-sama belajar untuk jadi manusia yang lebih baik dan bermanfaat bagi orang lain:)

?

Bandung, 6 November 2014

  • view 119