Tabung Karirmu, Rasakan Manfaatnya

Ryan RKT
Karya Ryan RKT Kategori Inspiratif
dipublikasikan 16 Juni 2016
Tabung Karirmu, Rasakan Manfaatnya

Malam ini mungkin judul agak sedikit aneh ya gan. Haha, pasti banyak yang bingung nih, maksud ane apaan.
Menabung karir, maksudnya disini adalah kita menabung alias mengembangkan diri kita untuk masa depan yang lebih baik tentang karir agan sendiri. Yang namanya nabung, pasti dilakukan pelan-pelan dan gak mungkin instants diri agan langsung njeblok jadi sosok yang hebat. Semuanya butuh proses yang dibilang susah ya susah, gampang ya gampang.. Tergantung sudut pandang agan aja lagi gimana.
Menabung karir itu bisa agan mulai dari sekarang dengan beberapa hal yang bakal ane share dibawah ini. Gunanya yaitu untuk meningkatkan kemampuan agan, kredibilitas agan kelak serta wawasan sebagai penunjang kemudian hari.
Nah, daripada kebanyakan intro, yok gan langsung simak aja tulisan ane yang sederhana ini yaitu Menabung Karir, Maksudnya?

1. Rajin Nge-Blog

Sekarang ini blog maupun website tidak hanya serta merta sebagai alat untuk curcol atau diary agan didunia maya. Sudah banyak sekali orang yang memanfaatkan sarana yang satu ini untuk mengenalkan diri di dunia maya untuk digunakan sebagai media promosi diri. Dari tulisan atau artikel yang agan muat secara tidak langsung membuka mata orang lain untuk mengenali diri agan seperti apa.
Artikel yang bisa agan tulis bisa berbagai macam, entah itu fakta, beberapa hal unik, wisata dan masih banyak lagi. Jadi rajin-rajin aja ngeblog supaya agan bisa memperkenalkan jati diri agan bagaimana.

2. Ikut Latihan Online

Mungkin kalau ini yang ini udah banyak yang mencoba juga kali yah. Sekarang seminar online atau pelatihan terkait dengan karir maupun bisnis udah banyak tersebar. Lemahnya cuma satu, biaya. Kadang biaya yang diperlukan untuk mengikuti pelatihan online ini ada yang lumayan juga, apalagi jika artisnya cukup tenar. Tapi menurut ane ga masalah, selama pelatihan yang diberikan dirasa bermanfaat dan akan berguna untuk diri kita nanti no problem. Wawasan itu emang mahal harganya.

3. Nge-Baca

Ketiga, rajin ngebaca. Biayanya murah gan, tidak perlu merogoh kocek yang lumayan. Hanya dibutuhkan sedikit waktu dan kuota. Kalau mau gratis ya pergi ke perpustakaan. Dengan rajin membaca paling tidak agan sudah menambah wawasan dan hal-hal baru. Mana tau nanti berguna dikemudian hari. Ga usah jauh-jauh deh. Sering baca-baca trit yang ada dikaskus juga pasti menjadi sensasi tersendiri kan gan?

4. Penampilan

Hal yang satu ini tentunya menjadi penting terutama kalo agan saat sedang mencari pekerjaan atau mungkin ingin pindah ke perusahaan yang berbeda. Jagalah selalu penampilan agan dan upayakan untuk hadir dengan penampilan yang baik dan bersih saat wawancara atau bekerja. Ingat juga, penampilan seseorang adalah kaca dari diri sendiri. Tidak perlu yang norak-norak, yang penting rapi aja udah cukup.

5. Update Terus CV-mu

CV adalah salah satu halaman dimana agan menceritakan diri agan dengan sesingkat-singkatnya. Nah, jika agan mendapat pengalaman baru, keahlian baru, pekerjaan baru, ingat gan. Selalu update CV agan supaya dikemudian hari agan tidak perlu repot" lagi mikir mau apa yang agan masukkin di CV agan tsb. Dan lagi selalu perbaiki CV agan jika agan masih merasa CV tsb ga enak dilihat. CV yang baik dan rapih pasti dilirik. Ye gak? :yb

6. Dapatkan Sertifikasi

CV agan sudah bagus dengan berpuluh-puluh kalimat pengalaman yang agan tulis di CV. Tapi satupun tidak ada bukti nyatanya.
Dengan adanya sertifikasi entah dibidang apapun itu, paling tidak agan tidak dianggap OMDO alias cuma asal tulis. Sekarang banyak kok gan pelatiahn, workshop ataupun kegiatan lainnya yang tidak hanya bisa ngenambah pengetahuan agan melaikan juga dapat sertifikasi yang menjadi bukti bahwa agan memang pahal hal tsb dan mampu. Tapi satu lagi, semuanya pasti ada biaya yang dikeluarkan.
Menabung karir itu menurut ane sangat penting, suapaya kedepan kita ga perlu lagi pusing. Semuanya udah ditata dari awal. Mengerjakan hal-hal sepele yang seperti ane bilang diatas pasti ada manfaatnya bagi agan dikemudian hari. Jika agan melakukannya dengan konsisten dan serius, ane yakin masa depan agan paling tidak lebih banyak persentase baiknya. Dan lagi gan, lebih baik melakukan hal-hal kecil dari sekarang ketimbang rempong nanti. Ye gak? Mungkin ini dulu ya gan, sekiranya ada kesalahan kata ataupun kalimat ane mohon maaf sebesar-besarnya. Semoga bermanfaat bagi agan semua..
 
Source by Me @Setahunsudah @Kaskus

  • view 41