Tulisan Foto Grafis Video Audio Project
Kategori Catatan Harian 24 Mei 2018   12:56 WIB
Aku Berhenti Doain EXO!!

Pagi ini aku dikejutkan dengan profile WA seorang teman yang berubah drastis. Profile yang semula bergambar seni abstrak atau selfie narsis, kini berubah menjadi gambar kartun muslimah lucu dengan balutan busana syar'i. Disana pun tertulis 'berubah itu proses'
Seketika itu, langsung kuketik beberapa kata disana, dan menekan tombol send
***
Siang itu handphoneku bergetar, tanda ada notifikasi baru saja masuk,
Ma.. begitu bunyi pesannya
Knp? Balasku, singkat
Beberapa detik kemudian
Gapapa
 
Apa yang tengah terjadi? Aneh sekali ia mengirim pesan receh begini, wong biasanya dia mah on point. Gumamku 

Saat di kampus sore hari nya, motorku berpapasan dengan langkahnya yang hendak menuju kelas, aku berlalu seraya memberikan isyarat, 'tungguin'. Dia mengangguk, dan duduk di depan Fakultas.

Usai dari parkiran, aku berlari kecil menuju tempatnya menunggu, lantas duduk, beristirahat sejenak, kami diam sesaat, memberikan ruang untuk bernafas setelah berlari ditengah puasa dan cuaca terik ini.

"Ma, kamu ga mau tahu kenapa aku tadi siang?" Tanya nya tiba-tiba, menyinggung kebingunganku siang tadi
Oiya, aku lupa, pikirku dalam hati. 
"Kenapa, Ki?" Tanyaku kemudian
"Aku tadi di kantor nangis.. " jawabnya. To the point
"Hah? Kenapa? Tumben banget nangis," kataku spontan.. "jadi pengen liat kamu nangis, Ki" kataku sambil tertawa, heran dengan sikapnya yang berbeda
 
"Aku lagi denger lagu Maher Zain, kan Maa.. terus sambil nge-Google juga artinya apaan," katanya memulai awal cerita

Oiya, baru kemarin sore dia bilang kalau dia lagi suka lagu-lagunya Maher Zain, 
"Yaampuunn, sumpah! jadul banget Ki,,," timpalku dengan tawa, cukup terkejut usai dia mengutarakan playlist lagu yang kini menjadi favoritnya. Ada apa ini?  

Tak kusangka, nyatanya hal itu berlanjut hingga saat ini. Sampai-sampai dia mau repot-repot searching arti dari lagu-lagu penyanyi asal Swedia itu

"Terus-terus Ki?" Kataku mendesak, masih terus menyimak.

"Lagu itu menceritakan tentang kehidupan seorang muslim, Ma.. tentang nabi Muhammad Saw dan kehidupan-kehidupan nya." Katanya

"Dari sini aku penasaran dengan gimana keadaan nabi Muhammad itu, akhirnya aku buka YouTube, terus aku dengar seorang ustadzah mengkisahkan detik-detik wafatnya Rasulullah,"

"Dan .. disitu aku nangis", 

Aku merespons dengan senyum, belum berkomentar apa-apa..

"Dari situ aku ga kuat pengen nangis, padahal udah sekuat tenaga banget aku tahan, tapi tetep aja air matanya keluar.. Ya Allah, segitu nya banget perjuangan Rasulullah, Ma.." ceritanya penuh ekspresi

"Yah, kamu tahu lah Ma, bisa dibilang aku ini hatinya batu, tapi ternyata aku nangis juga ngedenger cerita itu,,"

"Udah itu, aku juga searching cerita Rasulullah lainnya, kan Ma.. aku tahunya istrinya Rasul itu cuma Aisyah aja, tapi ternyata ada juga yang lain selain Aisyah,, terus aku baca kisah yang waktu Aisyah cemburu, Rasulullah sempat marah dan kemudian menyuruh Aisyah untuk menutup matanya, kemudian beliau memeluknya, sampe Aisyah heran dan bertanya, kenapa Ya, Rasulullah? terus kata Rasul, Marahku sudah hilang saat aku memeluk mu.. yaampuunn Maa,, romantis banget nabiku.. dengan mata yang sedikit berembun, ia mengakhiri cerita panjangnya.

Aku terkejut mendengar caranya menghayati kisah, iri, tak pernah sedalam itu aku mendalami cerita nabi, 

MasyaAllah Ki, keren banget.. kataku menimpali..

'Itu tuh ya, Ma,, kaya yang fiksi, tapi asli bener-bener terjadi!" Katanya dengan kagum, mengajak agar aku juga harus percaya bahwa romantisme ini beda dengan drama Korea

"Eh Ma, kayaknya aku mau berhenti aja doain EXO.." katanya tiba-tiba
Sumpah, aku ngakak - banget - mendengar nya, sebagai seorang yang dikenal dengan julukan 'bawang merah' - karena paling antagonis - di kelas, dia juga EXO-L banget, - nama fans salah satu boyband hits di Korea, personil nya kerap menghiasi beberapa drama ternama- saking nge-fans, gak jarang dia juga suka ngedoain EXO hampir di setiap selesai sholat..

Unik banget, bukan? Aku pun tak habis pikir bisa Allah takdirkan untuk bertemu dengan hambaNya yang satu ini. Dan, aku yakin, ada suatu hikmah terselip didalamnya, begitupu disetiap rangkaian episode hidup kita :)

Allah Maha Baik, Maha Tahu apa-apa yang terbaik untuk kita

"Ehh, itu berlebihan tahu namanya!! Ga boleh kamu sebegitunya banget sama EXO!" Kata seseorang suatu ketika, mendengar ada yang menyalahkan, dia lanjut membalas pernyataan yang membuat nya tersudut - dengan nada yang sama keras dan tegas-

"Ya kan Ma? Itu berlebihan banget kan..?" Tanya pihak kontra yang mulai melibatkanku dalam perdebatan sengit ini..

"Selama kamu gak melupakan kewajiban kamu sama Allah, InsyaAllah sah sah aja.."

Jawabku sebagai pengantar, dan berpikir kayanya segitu dulu aja nyampeinnya, gak mungkin kita langsung nge skakmat dan membuat dia merasa tidak enak.. so, harus pelan-pelan, tapi jalan. :D Terlebih kurang tepat rasanya menjelaskan ditengah suasana perdebatan sengit yang dua-duanya sama-sama tak mau berhenti

Tapi saat ini, dia mengatakan nya. Maha Kuasa Allah yang dengan mudah membolak-balikkan hati, merubah hati seseorang yang semula suka dengan personel boyband, kini berbalik menjadi cinta kepada sang teladan sepanjang masa; nabi Muhammad Saw

"Aku pengen jadi seperti Aisyah, Ma, istri Rasulullah SAW.. " katanya lagi dengan penuh kesungguhan

Watt? Aku kaget sekali mendengar ucapan itu keluar dari bibir wanita yang tegas dan kerap keras kepala ini.

"Iya Ki.." aku nyengir.. tak kuasa menyembunyikan raut bahagia menyaksikan perubahan teman baikku di Ramadhan ini, begitu baik Allah menganugerahinya hidayah di bulan nan indah ini.
***
Bantu aku ya Ma, katanya di pesan WhatsApp yang ia sampaikan pagi tadi,

Jangan kapok sama temanmu yang kasarnya di luar batas ini  maapin udah bikin kamu kaget karena ngeliat cewek kasar kaya aku ini. Jangan ikutin aku ya, Ma aku bahaya (soalnya) 'tukang hasut' (tapi aku bukan teman setan yak!)

InsyaAllah, jika Allah menghendaki aku bantu yaa,, kita jalan sama-sama. Pelan-pelan aja tapi, biar Allah yang menuntun hati kita menjadi muslimah shalihah, menjadi hamba kesayanganNya.. Bismillah, :)

Karya : Asma Azifah