Jangan Keburu Kesel

Anis
Karya Anis  Kategori Renungan
dipublikasikan 17 Mei 2017
Jangan Keburu Kesel

Kamu pernah gak sih pas buka sosmed gitu terus ngerasa kesel? Selain urusan politik ya. Misal buka instagram, trus ada temenmu yang tiap hari selalu posting tempat-tempat wisata. Kamu mikir, ini orang pamer mulu kerjaannya. Sok banget. Sombong.

Coba pikir ulang, apa  iya niatannya buat pamer. Atau kamu aja yang suka ngirian? Bisa jadi kan, dia bisa berlibur ke tempat-tempat yang bagus dengan uang hasil kerja kerasnya sendiri. Kamu pasti gak tahu sebelum foto-foto yang menurutmu sok pamer itu muncul, apa aja  yang terjadi dengan dia. Bisa jadi dia susah payah ngumpulin duit buat itu. Bisa juga dia abis sedih, trus pengen melupakan kesedihannya dengan refeshing gitu.

Atau kamu juga pernah kesel lihat postingan-postingan wisata kuliner? Dengan makanan mahal di tempat elit pula. Langsung deh kamu mikir, ini orang baru bisa makan di resto gitu aja sok! Lebay ah, mau makan aja pake posting dulu!

Sama, bisa jadi kamu gatau ‘di belakang’ itu semua apa yang terjadi. Bisa aja kan, dia sekalian mau promoin itu makanan, karena tempat itu punya saudaranya atau siapa gitu.

Kalo boleh tahu, sebenarnya kekesalan itu muncul karena apa? Apa sekadar tidak setuju dengan yang mereka lakuin –karena kamu menganggap itu gak perlu dan gak penting diposting. Atau... karena kamu belum bisa kayak mereka? Jangan-jangan kamu iri karena gak punya seperti yang mereka miliki. Mereka udah bisa gini-gitu, kamu uang pulsa aja masih minta sama ortu(?)

Termasuk juga kalo ada yang bikin status dia bisa diterima di kampus ini, diterima di perusahaan ini, jangan-jangan kamu juga kesel pas baca. Lah, siapa yang nyuruh baca coba?

Kamu gak bisa menilai orang dari apa yang mereka posting. Mungkin ada kesan berlebihan, lebay, sok pamer, sok apalah, tapi... apakah kita bener-bener tau apa motif pelaku melakukannya? Motif pelaku? Kayak Bang Napi aja!

So, jangan keburu menilai orang dengan pandangan negatif. Kita hanya melihat permukaan. Yah, meskipun memang ada satu-dua orang yang kalo posting gitu tujuannya buat pamer. Tapi ya... mending berprasangka baik aja. Toh kalo kamu kesel, kamu mau apa? Kalo berani negur dia sih malah bagus. Kalo keselnya cuma uring-uringan sendiri? Cuma nyesekin hati sendiri :P

 

PUA, 170717
src pic: there.

  • view 215