(apa judulnya?)

Anis
Karya Anis  Kategori Cerpen/Novel
dipublikasikan 13 Mei 2016
(apa judulnya?)

 

 28 April 2016 19.55

.....
Alfa: tiga hari aja, ya
Ay: sepuluh hari, deh.
Alfa: yee, tadi katanya cuma seminggu
Ay: makanya, seminggu ya :)
Alfa: lima hari, deh
Ay: berani nawar lagi, aku tambahin dua minggu nih.
Alfa: aku gak yakin sanggup…
Ay: :)
Alfa: senyum doang?
Ay: udah ah, pokoknya seminggu ya. kita coba. sampai jumpa minggu depan, Mister :)
Alfa: satu hari aja aku gak sanggup, Ay :(

 

2 menit kemudian

Alfa: masa kamu tega, sih..

 

10 menit kemudian

Alfa: yah, udah gak dibales lagi :((

 

Alfa menghela napasnya pelan. Pandangan matanya masih tertuju pada beberapa larik pesan terakhir dari gadisnya. Pesan yang akan terus dibacanya hingga beberapa hari ke depan, jika tidak ada pesan baru yang masuk. Pesan yang hanya dari gadisnya, bukan dari yang lain.

Seminggu, apakah itu waktu yang lama? Atau hanya sebentar?

Seminggu harus kehilangan kabar gadisnya. Seminggu tanpa ada sapaan ‘Selamat menjemput mentari pagi’. Seminggu tanpa ucapan ‘Selamat memeluk malam’. Bisakah Alfa menjalani hidupnya tanpa semua perhatian gadisnya? Pun tanpa memberi perhatian untuk gadisnya itu.

Barangkali long distance relationship memang selalu menjadi ketakutan bagi setiap pasangan. Seberapa besar kemungkinan jarak akan mengikis perasaan? Seberapa kuat komitmen yang harus dijaga untuk bertahan pada satu hati? Seberapa sabar diri harus menanti kesepatan untuk berjumpa dia?

Alfa masih belum beranjak dari tempat duduknya. Tubuhnya menyandar pada kursi di depan meja belajarnya. Ponsel tidak lagi berada di genggaman. Kini tangannya saling berkaitan kanan dan kiri, berada di balik kepala. Ia menghela napas lagi.

 

 

5 Mei 2016 4.25

Ay: selamat pagi, Mister. apa kabar? :)

Ay mengirim pesan lebih dulu. Satu minggu telah terlewat dari janjinya. Biasanya ia rutin membangunkan lelakinya itu untuk bangun di waktu Subuh. Hingga hari kedelapan, Ay hanya mengirim pesan pendek sebagai pembuka dari ‘kekosongan’ selama seminggu.

 

4.40

Alfa: hai, bentar ya, baru kebangun. mau subuh dulu, hihi
Ay: :)
Alfa: yeee, cuma senyum aja?
Ay: udah sanaaaaaaaaaaaa.

 

5.00

Alfa: udah selesai nih. kamu apa kabar?
Ay: tadi aku nanya duluan, belum dijawab tuh -_-
Alfa: kabarku gak baik selama seminggu ini :(
Ay: gak baik? kenapa, Mister? kambuh lagi vertigonya?
Alfa: lebih dari ituuuu
Ay: loh, kenapa emang?
Alfa: gak ada kabar dari kamu bikin aku sakit, lebih dari vertigo
Ay: lebaaaaaaaaaay.

 

 

12 Mei 2016 13.42

Kantin kampus biru.

 

“Jadi apa alasan kamu bikin jeda seminggu kemarin itu?” Alfa membuka pembicaraan setelah dua porsi makanan yang dipesan datang.

“Penasaran ya?” respon An balik tanya.

Alfa enggan menjawab. Ia mulai menyantap makanannya.

“Terkadang kita butuh jeda dalam hidup ini, Mister,” Ay mulai menjelaskan, sambil mulai menyendok nasi soto di depannya.

“Kamu bosen dengan hubungan ini, Ay?” tanya Alfa. Matanya menatap lekat wajah gadisnya.

Ay tersenyum mendengar pertanyaan itu. Ia masih menikmati makanannya, berharap akan ada pernyataan lain dari lelakinya.

“Tuh, kan. Cuma senyum lagi.” Alfa ngambek.

“Haha… “

“Kok malah ketawa?”

“Kamu masih aja lebay, kayak perempuan.”

“Biariiiiiin…” jawab Alfa sambil menjulurkan lidahnya.

 

“Kamu tahu hukum law of diminishing marginal utility? Pertambahan kepuasan seseorang dalam mengonsumsi barang akan menurun. Mungkin gak ini juga berlaku dalam cinta?”

“Ha? Masa berlaku?” Alfa menyangkal pernyataan gadisnya. “Cinta yang terus tumbuh  gak akan bikin orang bosan. Cinta gak akan pernah se-membosankan barang-barang materiil seperti yang kamu pelajari itu. Ini soal rasa, bukan materi.”

“Tumben kamu pinter, Mister,” puji Ay dengan tawa kecil.

....

 

Kita kadang butuh jeda. Jeda bukan hanya soal pemisah saat terjadi pertengkaran. Tapi juga untuk menguji cinta, menguji kesabaran, juga untuk menabung rindu.

(bersambung...)


*gagal, karena ekspektasi penulis gak seperti ini :(

Surabaya, 12-13 Mei 2016


  • Arif Rahman Hakim
    Arif Rahman Hakim
    1 tahun yang lalu.
    Ohhh.. Jadi ini yaa tulisannya.. hmmmm

  • Shinta Siluet Hitam Putih
    Shinta Siluet Hitam Putih
    1 tahun yang lalu.
    Ah LDR, ah Merindu, Ah Ah yg lain...

    Macak sedih ah,

    Aku tk ganti Komunikasi31 ah...

    • Lihat 14 Respon

  • DEBORA KAREN
    DEBORA KAREN
    1 tahun yang lalu.
    Ada VERA 31 ada Ekonomi 31
    Maksudnya apa ini???

    • Lihat 33 Respon

  • Hilmi Robiuddin
    Hilmi Robiuddin
    1 tahun yang lalu.
    Tulisanmu selalu renyah untuk dibaca

    Ajarin nulis dong buu...

    • Lihat 19 Respon

  • Ayin Elfarima
    Ayin Elfarima
    1 tahun yang lalu.
    Nis, kisah iniii, buat saya curiga jangan-jangan kamu sebenarnya kloningan saya.

    • Lihat 16 Respon