asap rokok

ami tanjung
Karya ami tanjung Kategori Kesehatan
dipublikasikan 31 Mei 2016
asap rokok

Barusan aku ke kantor pajak buat laporin ssp kantor. Hal ini rutin tiap bulan aku jalani. Tadi karna datang agak siang dan udah akhir bulan,  jadi antrian nya lumayan lama. Sekarang aja baru nomor 253 sedangkan aku antrian no 368. udah setengah jam nunggu antrian tapi antrian masih lama dan suara azan pun berkumandang terdengar dari  mushola sebelah kantor. merdunya suara orang yang azan tersebut. Karna waktu Zuhur udah masuk, aku pun langsung menghampiri mushola untuk menunaikan kewajiban seorang muslim.

Setelah sholat aku istirahat sebentar di taman sebelah mushola. mata fokus pada buku yang kubaca,  tiba tiba sosok laki laki misterius menghampiri ku, motif apa dia menghampiri ku. Akupun agak was was. 

"misi bu,  boleh saya duduk

silahkan pak. 

maaf ya bu ganggu waktu baca nya. fokus amat bu,  nunggu antrian ssp juga ya

iya pak. 

owalah sama donk bu. ibu nomor antrian berapa?  

368 pak

owh. saya nomor 355 gabung kesaya aja bu. biar saya yang laporin punya ibu kebetulan saya cuma satu ssp bu

alhamdulillah makasih ya pak. mau nolongin saya, bener nggak papa nih pak. 

nggak papa bu. "

sambil berbincang bincang si bapak ngeluarin sesuatu di kantong celana nya. 

ternyata dia ngeluarin sebungkus rokok yang belum dibuka dan 1 korek api. 

sambil dia buka bungkus rokok sibapak ngomong

" bu maaf ya saya merokok. 

sebelum dia nyalain api buat rokok nya aku langsung bilang 

" maaf ya pak bukan maksud kurang sopan, saya nggk bisa kena asap rokok pak

oh yaudah bu nggak papa,  saya nggak jadi merokok nya. 

Akupun bernafas lega sambil ngucap alhamdulillah. 

Aku jadi banyak tanya sama sibapak itu kenapa laki laki rata rata perokok sebab nya apa dan udah tau belum akibat nya. pasti ada sebab dan akibat nya. 

"pak saya boleh nanya,  maaf ya pak cuma penasaran aja. dan maaf kalau saya lancang

boleh bu mau nanya apa?

bapak perokok berat apa gimana. kenapa laki laki suka sama rokok, kayak udah cinta mati aja sama rokok

teng teng teng

jawaban si bapak. 

saya perokok berat bu, sehari itu bisa abis 1 bungkus itupun kalo lagi banyak kerjaan.  dan pernah sih coba untuk berhenti tapi tetap nggak bisa, rokok itu udah nyatu sama jiwa saya bu dan kenapa laki laki rata rata suka rokok mungkin karna sifat jentel nya aja bu. karna laki laki kalo lagi ngumpul pasti merokok kalo nggak ya di anggap cemen lah. 

aduh pak.  jawaban anak muda bangat. emang bapak ngak takut resiko nya. sekarang mungkin badan bapak sehat bugar, tapi belum tentu tahun tahun berikut nya pak, 

oia pak bukan maksud untuk menasehati atau lancang. tapi saya pernah baca artikel tentang pemilik nya gudang garam dan bapak tau,  

nggak tau bu

wwkwkwk

ya belum taulah pak. saya belum ngasih tau (sambil tertawa) pemilik nya nggak merokok lo pak, dan salah satu karyawan nya nanya kenapa bapak nggak merokok. trus bapak itu menjawab "kan udah ada di bungkus rokok penyebab merokok. ngapaen saya merokok udah jelas kan dan orang yang merokok berarti mereka nggak bisa baca. 

nah apa tuh tanggapan bapak

(sambil senyum) iya bu saya tau itu dan saya juga tau resiko nya apa tapi kalo udah kecanduan susah buat berhentinya bu. 

paling nggak kurangi lah pak. sekarang tau kan pak hari apa

ya tau lah bu hari selasa

iya selasa saya juga tau pak (sambil tersenyum). sekarang tu hari tanpa tembakau sedunia pak. usahakan lah pak bertenti merokok dan menghirup udara bersih dan juga bapak membatu orang disekeliling bapak jugakan? dengan tidak merokok di tempat umum berarti bapak membiarkan udara bersih berkeliaran kemana mana bukan udara yang terkena asap rokok. 

oh iya?  saya nggk tau bu. makasih lo bu. udah ingetin. "

percakapan berlanjud sampai menuju ruang tempat antrian ssp,  tau tau nya udah antrian ke 353 untung cepat masuk ke dalam. cuma tunggu beberapa menit nomor 355 kepanggil sibapak itu melaporkan ssp perusahaan tempat dia bekerja dan punya ku. 

 

  • view 122