Etnosentrisme & Stereotype

Silmi Kaffah
Karya Silmi Kaffah Kategori Psikologi
dipublikasikan 11 Maret 2016
Etnosentrisme & Stereotype

gambar via chaichalk.com

?

Pernahkah anda mendengar, melihat, dan merasakan ini seliweran:

?Golongan darah B merupakan pribadi yang menyenangkan, tidak mudah marah, dan suka travelling?

emangnya golongan darah mana coba yang gak suka travelling(?) gak semua juga golongan dara B orang yang menyenangkan~ (berasa kayak gak terima gitu ya gue, padahal goldar gue ya B!)

?

?Orang islam, identik dengan teroris.?

lah ini lagi, gak semua penganut agama Islam itu teroris, dan gak semua yang teroris itu beragama Islam cang cing nyak babeh~

?

"etnis Cina adalah pelit dan pekerja keras"

Pelit dan pekerja keras mah, tergantung individu kan?

?

?Cewek tuh gak suka nunggu.?

Lah emangnya, siapa yang suka nunggu(?)

?

*kali ini tanpa curcol si dia deh, swear...*?

?

Dan masih banyak yang lainnya, klaim-klaim seperti di atas tersebut yang biasanya mengatasnamakan gender, suku, agama tertentu. Yang pastinya kalian lebih tahu dari pada saya. ((monggo kalo mau nambahin))

Yang lucunya, saya gak tau sumber dari mana datangnya klaim - klaim tersebut.

Kalaupun itu merupakan hasil research, berarti belum tentu langsung secara saklek diaplikasikan kehidupan sehari hari terutama dalam kehidupan sosial.

Sebab, kadang-kadang tepat kadang-kadang tidak. Tergantung, latar belakang yang menjadi sample penelitiannya.

Kan kasian yang kena efek negatifnya :3

misal gak jadi nikah, gegara?*gasido wes, ntar dikira curcol lagi*

Kalo yang kena efek positifnya sih gapapa :3

misal ana suku?X lebih terkenal religius, mulai dari pakaian hingga kebiasaan, ditambah keturunan bla bla bla. dan lain sebagainya~ trus kepilih jadi pemimpin deh.

Coz, dikenalnya apik apik, padahal pas jadi pemimpin juga belum tentu bakal bener gtu~

*serius ini lagi gak nyindir siapapun, kalo ada yang merasa mirip mohon dimaapkan* kayak diending sinetron sinetron fiktif gtu~


intinya sih, jangan langsung menjudge orang X begini begitu, sebelum kamu kenal dia. minimal pernah ngopi bareng lah~ XD

isi otak orang beda beda tau.(masasih? maksud daya isi pikirannya hehe)

?

?

?