Mencari Partner Hidup untuk Pria/Wanita

Silmi Kaffah
Karya Silmi Kaffah Kategori Catatan Harian
dipublikasikan 07 Desember 2016
Mencari Partner Hidup untuk Pria/Wanita

Memang saya belum berkeluarga~
Bukan berarti saya belom pantes kan ngomong ginian.
Itung-itung kok maen itung-itungan dir buat pembelajaran saya utamanya, dan para readers dari dua sisi (Pria/Wanita) maaf, yang abu-abu gak masuk itungan hehehe :p.
Jangan dikira, isi tulisan ini tips-tips biar cepet dapet jodoh ya! BUKAAAN

Memilihkan ibu yang baik bagi anak merupakan tanggung jawab seorang ayah kepada anaknya.

Kalimat itu, saya baca dari buku bagaimana mendidik anak gaya Rasulullah.
Visioner sekali ya saya~ menikah aja belum tentu sok sok-an baca begituan :v modikataapasihde
Buat para lelaki,
Sebelum menikah pilih ibu yang baik yaa buat anakmu.
Buat para wanita,
Sebelum menikah jadilah calon ibu yang baik yaaa..
dengan catatan buat para lelaki, kalo mau dapet yang baik.. jangan lupa perbaiki diri juga bro (jadi satu sama :v)

Lah Gimana Caranya Milih?
Milih?
kayaknya cuma berlaku sama orang yang banyak pilihan yak. hmmmm *garuk-garuk alis*
kalo cuma ada satu pilihan mah.. yagimana lagi ya (asal ada yang mau mah, semua bisa dikondisikan *eh)

Bagi kaum lelaki, Rasulullah berabad-abad lalu telah menuntun kita dalam memilih pasangan :
"wanita dinikahi karena empat perkara, karena kecantikannya, nasab(keturunannya), hartanya, dan agamanya. Maka pilihlah berdasarkan agamanya, niscaya kamu akan beruntung"
diikutin bagus, karena ngikutin sunnah Rasull, gak diikutin ya gapapa~
Lah,tau agamanya bagus dari mana?
Lebar jilbabnya? panjang jilbabnya?
*Agamanya dilihat gak karena itu sih, itu hanya tampilan gak tau deh dalemnya gimana. Kalo mau tau agamanya gimana. tanya orang terdekatnya, yang pernah nginep bareng, yang pernah muamalah bareng dsb. Lihatlah perilakunya Qurani atau tidak.
Yang saya ketahui sih, lelaki biasanya nyari yang bisa mententramkan hati. yagaksih?
Aduh~ varokah banget idup lu, kalo dapet istri yang sholehah, baik, sabar, keluarga tajir trus bonus tsakep. beeeuh~ tapi paket lengkap begini emang ada? manusia kan gak ada yang sempurna.

Sedangkan untuk wanita, bila ingin memilih calon suami maka dari panduannya Rasulullah dalam hadisnya,
"Apabila datang kepada kalian seorang pemuda yang kalian suka agamanya dan akhlaknya, maka nikahkanlah dia dengan putri kalian. Bila tidak, maka pasti akan terjadi bencana dan kerusakan besar dimuka bumi." (HR. Al-Tirmidzi)
Kalo ada yang dateng, kalian gak suka dengan akhlaknya.. ya gapapa toh ditolak.
Poin Agama buat memilih laki-laki itu penting banget lhoo, soalnya laki laki adalah pemimpin wanita.
Dia yang akan mengajari istri dan anaknya perkara apa yang diwajibkan oleh Allah. Dia yang akan bertanggung jawab atas keluarganya dari api neraka.
Gak mau kan kamu, bahagia di dunia doang.. di akhirat di bakar-bakar? >.<
Yang saya ketahui sih, wanita biasanya nyari yang bisa membahagiakan hati (alias gak nyakitin perasaan cewe). yagaksih?

Oiya, bertanya-tanya gaksih kalian? kok curang banget ya panduan milih suami, malah gak ada pilihan hartanya dan lain sebagainya? padahal kan dia yang nafkahin.
Percayalah, laki-laki kalo ngerti agama, kamu gausah khawatir ama embel-embel begitu. Dia pasti kelak akan memperjuakan untuk membahagiakan istri dan anaknya.
"Sedinar yang diberikan di jalan Allah, atau untuk membebaskan budak, atau untuk disedekahkan kepada orang miskin atau nafkah keluarga, pahalanya lebih besar yang diberikan sebagai nafkah keluarga" (HR. Muslim dari Abu Hurairah)

Jadi udah jelas kan yak, dari panduan Rasul Saw gimana cara mencari partner hidup.
- gak pake asal daerahnya dari mana
- anak keberapa
- tanggal lahir cocok apa kagak
- usianya lebih muda atau lebih tua (tua itu pasti, dewasa itu pilihan)
- followersnya ada berapa #eeeeh
dan entah perbuatan fasik yang lainnya.
Tapi walaupun sudah terpampang nyata gitu, kita tetep aja mraktekinya yg susah :v yagak?
Jangan gegara abis baca ini, kalian jadi takut salah nikah yak!
Atau malah semangat pengen makin cepet-cepet nikah?
Hidup ini pilihan.. kita harus siap atas apa yang telah kita pilih.

Apapun pilihannya, Siapapun pilihannya.
Tetap jangan lupa dengan niatnya. yaitu:
IBADAH - LILLAHI TA'ALA

 

WarmRegards,

Ade Irawati a.k.a SipemakanJalan

 

Image:Google