Ade ber-opini : Romi & Yuli dari Cikeusik (Cinta dibalik kerusuhan paham agama)

Silmi Kaffah
Karya Silmi Kaffah Kategori Kisah Inspiratif
dipublikasikan 28 April 2016
Ade ber-opini : Romi & Yuli dari Cikeusik (Cinta dibalik kerusuhan paham agama)

LDR yang berat itu bukan beda tempat seperti dari Indonesia - Jepang apalagi cuma Jakarta - Surabaya, itumah gampang buktinya saya bisa menjalani walau gak ada yang berhasil, ngahahahaha. LDR yang paling berat itu beda Agama. Yang ini saya belum pernah ngerasaain, dan semoga gak pernah ngerasaain. Dan temen saya ada yang ngerasaain, dan itu polemik terberat dalam hidup kayaknya~ #adesotoy

Namun di film Romi dan Yuli dari Cikeusik ini, bercerita tentang cinta yang seagama, namun beda akidah. nahloh.....
Jadi begini ceritanya.... Oiya saya perkenalkan dulu deh pemeran utamannya, dari pada nanti kita nggak nyambung kan yaaa..

Yuli (Nama asli Juleha, yang di perankan mba Zaskia Adya Mecca)
Romi ((Nama asli Rohmat, yang di perankan oleh mas(bukan om, untuk yang satu ini :p) Ben Kasyafani))

Jadi ceritanya Si Romi dan Yuli, saling suka lahya~ Pas lagi PDKT gitu, makan bereng nih ceritanya sambil lihat tv disalah satu tempat makan, ada berita huru hara tentang aliran ahmadiyah. Si Romi yang ngeliat berita itu, langsung terkaget "itu teman-temanku" si Yuli pun juga ikut terkaget kaget "Maksudmu? Kamu pengikut Ahmadiyah??!" langsung deh Yuli ngambek kayak cewe biasanya gtu, makan langsung pergi gak pakek mbayar~ *eeeh* dan dikejarlah oleh si Romi. yabegitulah~ kayak remaja masakini, kalian bisa membayangkannya sendiri.

Padahal Romi dan Yuli sudah mau nikah lhooo,, mereka sudah istilah gaulnya tunangan~. Dan menjadi gagal menikah, gegara masing masing kedua orang tuanya tidak merestui..

Romi nekat mau ngajak nikah lari si Yuli. hwkkkkk..
Yuli, kagak mau. dia bilang "Tanpa ijin dari kedua orang tua, kita tidak syah menikah". Hmmm mamam tuh Rom.. (gue suka sama cewe berpendirian macam gini, walau pahit)
Cinta itu gak harus selalu bersatu
eaaa~

Orang tua Yuli, gak mau dengan orang yang gak sepaham. Sempat Yuli mau dijodohkan dengan orang lain yang baru pulang sekolah dari Mesir.


Keren nya, Romi tetep memperjuangkan cintanya.
Pada akhirnya, ada kabar baik nihhhh...
Kedua orang tua luluh hatinya dan merestui. (karna permintaan terakhir si Yuli, kayaknya)
Intinya, para orang tua menyesal karna merasa tidak meneladani kisah Nabi Ibrahim tentang melakukan pengorbanan seorang ayah kepada anak. "mendahulukan anak diatas paham agama, apakah Allah akan membenarkan? entahlah.."
(oke yang ini aku belum dapet point nya, takut salah kaji)


Akhirnya saat Romi akan menikah dengan Yuli, Yuli sudah meninggal.
Tanpa kalian tahu (karna saya gak nyeritain diawal, hehe) sebenarnya yuli ini mengidap penyakit yang sulit disembuhkan.

Para inspirator bisa membaca isi puisinya di : www.puisi-esai.com 
D
urasi film ini kurang lebih 30 menit, tapi saya sambil mengerjakan yang lain. jadi mohon maaf apabila saya melakukan kekeliruan.

Ini menurut opini aku yaa :
Cerita ini merupakan salah satu kisah tentang diskriminasi dalam kebebasan individu untuk menjalankan agama dan kepercayaan. Tapi kalo aku jadi Yuli, ya bener juga pasti akaan menjauh lama lama.
Soalnya mau nyari yang sekufu. Menurut aku memiliki suami merupakan salah satu tiket menuju surga~ kalo suami jalannya kekanan, kamu jalannya lurus lurus aja kan gak se visi dan se misi.
dibiarin aja? ntar juga kalo sudah menikah bisa disamakan jalannya~
iya kalo bisa. lah kalo orangnya ngeyelan(?) batu (?)
gak jarang lhoo (baru nemu dua sih yang curhat), saya menemukan orang yang sudah berkeluarga. dilarang suaminya untuk tahlilan orang tuanya. Bayangin... karna beda paham agama. okelah kalo si suami gak mau tahlilan, lah ini ngelarang istrinya juga, kalo gak nurut suami ntar dosa, kan jadi masalah. emang kalo nggak anaknya siapa lagi yang doain(?) oke part ini akan saya tulis kapan kapan, tentang dalil tahlilan. daripada bahas disini ntar makin gak nyambung soalnya dari awal saya ngoceh juga udah gak nyambung. hahaha

Oke perbedaan itu rahmat, seharusnya perbedaan paham agama tak perlu menjadi soal. asal sama sama fleksibel aja sih mernurut gue :p

 

Mohon maaf apabila ada kekeliruan dari saya.
Thumbnail ngambil dari mbah Google. nanti kalo sempet di ganti deh dengan screenshootan atau foto cover cd nya.

 


  • Fatio Yosando
    Fatio Yosando
    1 tahun yang lalu.
    Terbaik .

  • Pemimpin Bayangan III
    Pemimpin Bayangan III
    1 tahun yang lalu.
    Versi yang lebih orji mungkin bisa juga dibaca dalam novel "Kambing dan hujan", Pon, pemenang even nasional DKJ... ^_

    • Lihat 8 Respon

  •   Kurirperasaan063
     Kurirperasaan063
    1 tahun yang lalu.
    jadi omdeny itu, Keren banget yaa,
    Masben duda anaksatu *dikaruniai wajah tampan,
    Okeh point pembedahannya lehugaa,
    Makasihbanyak telah Memberikan pengetahuan

    • Lihat 1 Respon